LogoDIGINATION LOGO

Jalanin Usaha atau Lengkapi Legalitas Usaha Dulu Ya ? Ini Alasan NIB Penting untuk Bisnis

author Oleh Nur Shinta Dewi Selasa, 15 November 2022 | 11:17 WIB
Share
Share

Sebelum membangun usaha, tentu banyak yang harus dipersiapkan. Dari segi modal untuk membeli bahan baku, lahan usaha sampai urusan legalitas. 

Pasti banyak dari kamu yang bimbang jalanin usaha dulu atau lengkapi legalitas usaha dulu. Alih-alih ingin melihat hasil prospek usahanya terlebih dahulu, banyak pelaku usaha yang menomorduakan legalitas. Padahal proses legalitas ini sangat penting untuk kemajuan usaha. 

Pada acara talkshow Digital DNA Kamis, 10 November 2022, Legal Associate Permit Kontrak Hukum, Mochammad Aufakhri Nazir atau yang akrab disapa Aufa mengungkap pentingnya Nomor Induk Berusaha (NIB) sebagai bentuk legalitas suatu usaha. 

Dia menjelaskan “Nomor Induk Kependudukan (NIK) sama Nomor Induk Berusaha (NIB) itu secara garis besar memiliki fungsi yang sama. NIK untuk keberlangsungan hidup, jika NIB untuk keberlangsungan usaha. NIK mempermudah kita mendaftar rumah sakit, proses transaksi di bank, sementara NIB memiliki fungsi yang sama mempermudah pengembangan usaha kita,”

Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) saat ini juga bisa memiliki legalitas mereka sendiri melalui PT Perseorangan melalui Online Single Submission (OSS). Prosesnya pun bisa dilakukan secara daring sehingga mempermudah UMKM untuk segera mendapatkan NIB mereka.

Kenapa NIB harus diutamakan? berikut alasan mengapa kamu harus melengkapi legalitas usaha terlebih dahulu sebelum memulai usaha :

  • Identitas brand lebih diakui

Aufa mengungkap identitas suatu produk lebih diakui jika memiliki NIB. Hal ini penting agar merek kamu dapat cepat dikenal dan diakui tidak cuma oleh pemerintah namun juga ke calon pembeli mu.

Baca juga : Indra 5 Alasan Usaha Packaging Sangat Menjanjikan

  • Lebih aman untuk keberlangsungan usaha 

Legalitas NIB menjaga kamu dari hal-hal yang tidak diinginkan seperti penggusuran lahan usaha, pungutan liar dan penipuan. Legalitas usaha tercantum pada undang-undang dan memiliki perlindungan tersendiri untuk melindungi kamu dari kejahatan. Kamu dapat menunjukan legalitas usaha kamu jika sewaktu-waktu hal yang tak diinginkan tersebut terjadi.

“Saya dan Kami disini Kontrak Hukum, lebih mendorong masyarakat untuk membuat legalitas usaha mereka dahulu, karena selain memiliki identitas. Legalitas berfungsi safety untuk kedepannya, untuk melindungi usaha dari kasus penipuan atau kejahatan lainnya,” kata Aufi

  • Menarik investor untuk membantu permodalan usaha

NIB bisa menjadi syarat memperoleh investor, jika kamu memiliki NIB tentu usaha kamu akan terlihat lebih kredibel dan dipercaya. Dengan identitas usaha yang sah, kamu akan lebih berpeluang besar untuk mendapatkan mitra kerja sama. Hal ini akan sangat membantu untuk pertumbuhan bisnismu.

  • Lebih mudah untuk mengajukan pinjaman modal ke bank

Selain bantuan dana dari investor kamu juga dapat memanfaatkan NIB untuk mengajukan pinjaman ke Bank. NIB adalah syarat penting untuk mengajukan pinjaman dana ke bank atau lembaga keuangan lainnya. Perusahaan tanpa NIB dinilai ilegal dan akan lebih sulit untuk memperoleh bantuan dana. Jadi, peran NIB merupakan dokumen yang sangat penting untuk keberlangsungan bisnis kamu.

“NIB juga sangat berguna untuk mengurus peminjaman modal dari bank. Karena pinjaman Bank seperti KUR itu biasanya meminta NIB bagi para pelaku usaha,” kata Aufa

Baca juga : Ini yang Harus Kamu Siapkan Sebelum Menjadi Mompreneur!

  • Mendapatkan Dokumen Legalitas Lainnya

Selain empat manfaat diatas, dengan NIB kamu sudah mendapatkan dokumen lain, di antaranya:

  1. NPWP Badan atau Perorangan, jika pemohon belum memiliki
  2. Surat Pengesahan Rencana Penggunaan Tenaga Kerja Asing (RPTKA).
  3. Secara otomatis akan terdaftar sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan dan BPJS Kesehatan.
  4. Notifikasi kelayakan untuk memperoleh fasilitas fiskal.
  5. Surat Izin Usaha, misalnya untuk Izin Usaha di sektor Perdagangan (BPJS Ketenagakerjaan dan BPJS Kesehatan)

Kamu pun tidak perlu mengurus dokumen-dokumen legalitas di atas lagi karena sudah termasuk dalam NIB.

Itulah 5 alasan kenapa kamu harus mengurus legalitas usaha dulu sebelum memulai usaha. Jika ada pertanyaan tentang legalitas bisnis lainnya, kunjungi dan konsultasikan langsung ke  https://kontrakhukum.com/ atau Instagram @kontrakhukum . Yuk bikin NIB sekarang!

  • Editor: Nur Shinta Dewi
TAGS
LATEST ARTICLE

Tips Hemat Naik Pesawat

berikut tips agar bisa lebih hemat naik pesawat domestik di Indonesia!

Selasa, 9 April 2024 | 11:39 WIB