LogoDIGINATION LOGO

Ini yang Harus Kamu Siapkan Sebelum Menjadi Mompreneur!

author Oleh Nur Shinta Dewi Kamis, 3 November 2022 | 16:28 WIB
Share
Share

 

Berkat berkembangnya teknologi, saat ini ibu rumah tangga memiliki peluang besar untuk membuka bisnis dari rumah. Bunda bisa memanfaatkan penjualan online dan food delivery untuk meraup omzet dan membantu perekonomian keluarga.

Ada banyak pilihan usaha yang bisa dijalani oleh ibu rumah tangga seperti berjualan makanan, mainan anak, menjadi reseller dan lainnya. 

Namun, membuka bisnis sekaligus mengurus rumah dan keluarga memang tidak mudah. Kamu harus super pintar mengatur waktu agar sukses mendapat julukan mompreneur. Lalu bagaimana cara menjadi mompreneur yang sukses? Berikut cara sebelum menjadi entrepreneur sukses.

  1. Buat Manajemen Waktu 

Sebelum memulai bisnis kamu juga harus tahu jika, membuka bisnis sambil mengurus rumah itu cukup menyita waktu. Kamu harus pintar membagi waktu antara mengelola usaha dan keluarga agar semuanya seimbang. Berikut beberapa cara memanage waktu :

  • Pastikan jam kerja tersebut telah kamu sesuaikan dengan aktivitas keluarga, seperti pada saat anak-anak berangkat sekolah atau pada saat anak tidur.
  • Coba tetapkan waktu dan beritahu jam kerja itu kepada klien atau konsumen Kamu. Kamu bisa catat jam dan hari operasional kamu, disini misalnya ditulis pada WhatsApp Bisnis.
  • Tarik satu atau dua karyawan untuk membantu kamu dalam proses bisnis.

Baca juga : Tips Agar Video Jualanmu Masuk FYP TikTok

  1. Minta Dukungan si Ayah 

Manajemen waktu itu penting namun dapat dukungan dari si Ayah jauh lebih penting lho. Sebelum membuka usaha, ada baiknya untuk minta izin suami suami terlebih dahulu. Karena bagaimana pun, membuka usaha akan mengorbankan waktu, tenaga dan uang. Kamu bisa diskusikan tentang apa yang ingin jual dan biaya yang dikeluarkan. Karena jika mendapat dukungan dari si Ayah, apa yang kamu kerjakan dan tantangan yang dihadapi dapat kamu diskusikan dengan baik.

  1. Buat Manajemen Keuangan

Manajemen keuangan yang baik merupakan salah satu kunci sukses untuk menjadi mompreneur. Kamu harus memisahkan dana rumah tangga dengan dana usaha. Pemisahan keuangan tersebut penting agar perkembangan usaha Kamu bisa terlihat. Aturlah alur keluar masuk uang secara teliti agar arus kas lancar. 

Baca juga : 5 Keuntungan Berjualan Online Live Shopping

  1. Pilih Usaha Sesuai Dengan Passion 

Pilihlah usaha sesuai hobi atau passion, karena usaha yang sesuai passion akan menjauhkan kamu dari godaan berhenti saat bisnis tidak berkembang. Memulai usaha berdasarkan passion bisa menjadi pilihan bagi kamu yang bisa membuat lebih bertahan, konsisten, dan menikmatinya. Usaha yang dimulai dari passion biasanya bisa membuat kamu lebih berusaha untuk maju. 

  1. Belajar Digital Marketing 

Sebelum memulai usaha kamu juga wajib mempelajari kemampuan berjualan di marketplace maupun sosial media. Belajar tools-tools untuk memasarkan di platform digital tersebut. Selain mempelajari tools-tools, kamu juga wajib mengasah skill-skill yang berguna untuk Digital Marketing seperti fotografi, videografi, mengiklankan produk di platform digital dan desain.

Itu dia Bunda hal yang harus disiapkan sebelum membangun bisnis. Jangan takut untuk memulai, buka bisnis kamu sekarang!

  • Editor: Nur Shinta Dewi
TAGS
LATEST ARTICLE