LogoDIGINATION LOGO

5 Keuntungan Berjualan Online Live Shopping

author Oleh Nur Shinta Dewi Kamis, 14 Juli 2022 | 12:23 WIB
Share
Share

 

Saat ini banyak fitur yang semakin memudahkan kamu menjajakan barang jualan. Yups.. bermodal live streaming lewat smartphone atau yang biasa di sebut online live shopping, kamu bisa lebih leluasa memasarkan barang dagangan, memberitahu detail produk atau sekedar menjawab pertanyaan calon pelanggan. 

Di pasar Indonesia sendiri, prospek penjualan online live shopping cukup menjanjikan. Riset Ipsos menemukan, sebanyak 78% konsumen pernah mendengar dan mengetahui alternatif belanja melalui live streaming, bahkan 71% telah mengaksesnya, dan 56% mengaku pernah membeli produk melalui live streaming selama masa pandemi.

Saat ini sudah banyak fitur online live shopping yang tersedia, dari media sosial seperti Facebook, TikTok dan Instagram, hingga e-commerce seperti Shopee. Tujuannya pun bukan lain untuk mempermudah pelaku usaha untuk melakukan interaksi dengan calon pembeli sekaligus memperkenalkan produk yang dijual. 

Lantas apa saja keuntungan dengan berjualan di online live shopping? Simak berikut ini!

Mengukur Antusias Masyarakat

Online Live shopping dapat kamu manfaatkan untuk mengukur antusiasme masyarakat terhadap produk yang kamu tawarkan. Misalnya kamu baru mau memulai berjualan, namun bingung apakah produk tersebut akan laku atau tidak? Nah tanyakan langsung saja pada audience. 

Juga namanya live pasti kamu akan langsung mendapatkan respon dari audience nih. Nah dari respon ini lah kamu bisa melihat antusias masyarakat terhadap produkmu sekaligus mengajak mereka membeli produkmu saat restock. 

Baca juga : Xendit Index: Entrepreneur Muda Meningkat, 61% Pelaku UMKM di Bawah 35 Tahun

Membantu Mengembangkan Bisnis

Jika kamu sudah memiliki produk dan ingin mengembangkan proses penjualan mu, online live shopping juga menjadi tempat yang tepat untuk riset. Ketika live streaming kamu tentu akan mendapat feedback baik kritik dan saran. Nah feedback inilah yang bisa kamu jadikan acuan untuk pengembangan produk selanjutnya.

Menjaga Hubungan Baik Kepada Pelanggan

Selain membantu mengembangkan bisnis, kegiatan ini juga dapat membangun hubungan yang baik antara penjual dengan calon pelanggan. Ajak audiencemu ngobrol, pastinya mereka akan mengajukan pertanyaan seputar produk, pengiriman atau yang lainnya yang bisa kamu jawab secara langsung. Melalui interaksi dengan audiens dan calon pelanggan inilah yang akan membawa mu semakin dekat dengan pelanggan.

Mendapat Kepercayaan dari Calon Pelanggan

Penjualan melalui live shopping secara tidak langsung membangun kepercayaan kepada calon konsumen. Mereka yang sebelumnya ragu dengan keaslian produk atau kurang yakin dengan kualitasnya akan mendapat jawaban langsung setelah menonton live kamu. Kamu juga harus bisa menjelaskan produk yang dijual secara detail. Seperti kualitas bahan, tanggal kadaluarsa, dan proses pengemasan serta pengiriman. Dengan penjelasan yang rinci, calon konsumen akan lebih percaya dan bisa langsung melakukan pembelian.

Baca juga : Kenali Pentingnya Social Media Marketing untuk Bisnis

Menambah Keuntungan 

Ketika live, secara tidak langsung kamu akan mendapatkan komentar dari pembeli sebelumnya, nah dari komentar-komentar inilah yang akan membawamu menemukan pelanggan baru. Berawal dari rasa penasaran, orang yang menonton live mu pun akan membeli barang daganganmu. Semakin rajin kamu live tentu akan semakin banyak juga calon pembeli yang datang dan pastinya menambah omzet penjualan.

Nah itu dia 5 keuntungan ketika kamu berjualan lewat online live shopping. Sudah pernah berjualan via live streaming? cerita pengalaman kalian di komen yuk!

  • Editor: Nur Shinta Dewi
LATEST ARTICLE

Tips Hemat Naik Pesawat

berikut tips agar bisa lebih hemat naik pesawat domestik di Indonesia!

Selasa, 9 April 2024 | 11:39 WIB