LogoDIGINATION LOGO

Tips Agar Video Jualanmu Masuk FYP TikTok

author Oleh Nur Shinta Dewi Senin, 10 Oktober 2022 | 17:43 WIB
Share
Share

 

Saat ini banyak cara untuk memasarkan produk yang kamu buat, salahsatunya melalui platform TikTok. 

Dikutip dari Katadata, pada pertengahan tahun 2022, jumlah pengguna TikTok di Indonesia mencapai angka 99,1 juta. Angka yang fantastis ini bisa dimanfaatkan jadi peluang untuk memasarkan bisnis Kamu. 

Namun untuk masuk kedalam TikTok pun juga tidak mudah. Linimasa TikTok yang diatur oleh algoritma menjadi tantangan tersendiri agar video kamu bisa masuk ‘For You Page’ (FYP). Jumlah pengguna yang banyak juga menjadi kompetisi.

Nah untuk bisa masuk FYP dan menarik perhatian penonton, berikut tips agar video jualanmu ada di FYP dan menghadirkan pelanggan dari TikTok. 

  1. Manfaatkan Audio yang Sedang Viral 

Mungkin dulu ketika kita menggunakan audio milik orang lain pada konten yang kita buat, kita bisa terkena copyright, namun berbeda dengan TikTok. Aplikasi berbasis audio visual ini memiliki berbagai audio viral yang bahkan bisa kamu manfaatkan untuk membangun konten FYP. Kamu bisa memilih audio mana saja yang sedang digemari, lalu gunakan audio tersebut pada video kamu. Langkah ini berpeluang agar videomu bisa direkomendasikan algoritma TikTok untuk mencapai FYP audiens. 

  1. Buat Video dengan Durasi Singkat

Tak seperti platform berbasis video seperti YouTube, TikTok memiliki format video dengan durasi yang singkat agar penonton tidak cepat merasa bosan. Buatlah video promosimu padat, jelas dan menarik sesuai karakter produkmu. Kamu bisa memanfaatkan audio yang sedang viral di TikTok agar video kamu bisa FYP.

Baca juga : 5 Keuntungan Berjualan Online Live Shopping

  1. Ikuti Jenis Konten yang Sedang Tren 

Ada berbagai format konten yang bisa Kamu ikuti untuk promosi sebagai pemilik bisnis. Contohnya, Kamu bisa membuat tipe konten tutorial, Do It Yourself (DIY), konten vlog A Day In My Life, atau keadaan di balik layar saat proses produksi dan pengemasan produk yang Kamu jual.Menerapkan tipe konten tersebut bisa menggali emosional para penonton agar lebih terpikat untuk menyaksikan video TikTok Kamu. 

  1. Pelajari Apa yang Pelangganmu Sukai

Jika sudah berhasil membuat beberapa konten, langkah selanjutnya adalah mengenali siapa dan konten apa yang cocok untuk penonton Kamu. Diluar produk yang kamu tawarkan, Buatlah konten yang disukai penonton mu. Jangan lupa juga lakukan interaksi agar penonton mu semakin dekat dengan mu. Kamu bisa memanfaatkan fitur live untuk berinteraksi.

  1. Bangun Konten dengan Kualitas yang Baik

Jika kamu sudah membangun audience mu tidak ada salahnya untuk belajar bagaimana membuat video yang baik. Kualitas video yang bagus tentu memberikan citra yang baik juga untuk brand mu. Mulai upgrade gadget, keterampilan editing dan pilih talent yang sesuai dengan produk mu. Karena hal ini penting untuk membuat audience kamu betah menonton video yang kamu buat.

Baca juga : Begini Cara Mendapat Centang Biru di TikTok

  1. Konsisten Upload Konten

Tips terakhir dan yang paling penting adalah konsisten. Membuat konten FYP memang susah-susah gampang tapi semakin sering kamu membuat konten maka semakin besar juga kemungkinan kamu berada di FYP. Atur jadwal upload kamu. Kamu bisa memanfaatkan jam prime time untuk mendapatkan audience lebih banyak.

Itu dia tips agar video kamu bisa masuk FYP TikTok. Yuk bangun kontenmu di TikTok dan temukan pelanggan barumu!

  • Editor: Nur Shinta Dewi
TAGS
LATEST ARTICLE

Tips Hemat Naik Pesawat

berikut tips agar bisa lebih hemat naik pesawat domestik di Indonesia!

Selasa, 9 April 2024 | 11:39 WIB