LogoDIGINATION LOGO

5 Tips Menarik Pelanggan lewat Media Sosial

author Oleh Nur Shinta Dewi Senin, 5 September 2022 | 17:47 WIB
Share
Share

 

Memperingati hari Pelanggan Nasional, penting bagi pemilik brand untuk kembali intropeksi. Selain memberikan value pada produk, penting bagi pemilik usaha untuk menyajikan konten-konten yang sesuai dengan selera audience.

Dikutip dari Entrepreneur hasil riset Propel Software, menemukan bahwa 51% mengklaim pengalaman media sosial yang hebat, (seperti balasan cepat atau posting lucu) akan meyakinkan mereka untuk mencoba merek tersebut.

Nah selain dua ini apalagi ya kiat menarik pelanggan lewat media sosial? Berikut adalah beberapa kiat utama untuk mendapatkan pelanggan :

  1. Ketahui karakter audience setiap platform 

Ada banyak kategori media sosial yang berbeda dengan audiens yang berbeda. Pastikan kamu memahami setiap platform, karakter audience didalamnya, dan jenis konten apa yang cocok untuk audience. Pastikan konten kamu sesuai dengan karakter audience, karena semakin relate suatu konten maka semakin tertarik juga audience untuk membeli produkmu. Nah kamu bisa menempatkan konten mu di beberapa media sosial populer seperti Facebook , Instagram , Twitter, TikTok , YouTube , dan LinkedIn.

Baca juga : Ini Tips Tingkatkan User Experience di Website

  1. Jaga agar konten tetap fokus pada produk

Media sosial adalah cara yang sangat baik untuk membuat kamu terlihat aktif oleh audience. Tulis tentang produk kamu dan hal-hal terkait produk. Meski bisa membuat konten menjadi viral namun jangan sesekali membuat konten yang mengandung sara, atau merendahkan kompetitor karena itu bisa berdampak negatif pada citra brand kamu.

  1. Ciptakan hubungan pelanggan

Media sosial masih menjadi salah satu media terbaik dalam membantu bisnis menjangkau target pembeli. Tidak hanya tempat sebuah merek untuk promosi, media sosial, memberi kesempatan merek untuk memberi informasi produk, bahkan mengulik apa yang diinginkan pelanggan terhadap merek mereka. Dengan aktif membangun konten interaksi, akan membawa kamu menemukan keinginan pelanggan terhadap sebuah produk. Menanggapi komentar, menyukai posting dari akun lain, mengikuti orang yang berbeda, dll, menunjukkan bahwa akun kamu lebih dari sekedar akun bisnis.

  1. Pertahankan pertumbuhan organik

Meskipun pembeli lebih percaya terhadap akun bisnis yang memiliki lebih dari 100.000 followers namun pembeli juga memperhatikan apakah followers yang dihasilkan adalah hasil beli followers atau organik. 

Pembeli membutuhkan testimoni dari pembeli lain yang dimana lahir dari kolom komentar. Namun jika kolom komentarnya pun kosong, gimana calon pembeli percaya dengan produk kamu? Dari akun aja udah berani menipu gimana produk yang dijual? Ingat, pembeli dapat menilai apakah followers yang dihasilkan palsu atau nyata.

Baca juga : Empat Langkah Menyusun Strategi Social Media Marketing

Meskipun kamu mungkin tidak mendapatkan ribuan followers, lebih baik perlahan-lahan mendapatkan calon pembeli asli daripada memiliki followers palsu yang tidak memberi dampak apapun kepada bisnis. 

  1. Buat konten yang memiliki impact

Setiap hari, banyak brand mengeluarkan konten baru, mencoba mengalahkan pesaing mereka dan membawa lebih banyak daya tarik ke bisnis mereka. Namun perlu diingat setiap brand tentu memiliki ciri khas dan tujuan menciptakan produk untuk kepentingan orang banyak buatlah konten asli dan selalu melihat apa impact pembeli jika membeli produk kamu? coba jadikan pertanyaan tersebut sebagai konten. 

Membangun kawanan loyalis itu sulit, tetapi jika kamu membuat konten yang memiliki impact untuk pelanggan maupun calon pembeli, semakin tertarik pula mereka untuk mengikuti akun kamu. Dalam hal ini lambat laun calon pembeli pun dapat menilai mana brand yang cocok dijadikan langganan karena produk dan kontennya memberi dampak positif bagi mereka.



  • Editor: Nur Shinta Dewi
TAGS
LATEST ARTICLE

Tips Hemat Naik Pesawat

berikut tips agar bisa lebih hemat naik pesawat domestik di Indonesia!

Selasa, 9 April 2024 | 11:39 WIB