LogoDIGINATION LOGO

Ini Tips Tingkatkan User Experience di Website

author Oleh DQLab Selasa, 30 Agustus 2022 | 18:58 WIB
Share
Share

 

Dalam dunia digital marketing, website kini sudah menjadi bagian dari tim digital marketer yang membantu mempromosikan dan memberikan informasi secara efektif yang dapat diakses 24/7. Website merupakan sebuah asset tools yang sangat powerful dari inti upaya marketing bisnis Anda.

Melalui website juga menjadi medium tatap muka secara online antara pelanggan dengan merek bisnis Anda, yang dimana interaksinya menggunakan elemen-elemen desain menarik serta informatif bagi pengunjung. Adapun rangkuman tips dari DQLab Universitas Multimedia Nusantara yang dapat Anda pertimbangkan atau implementasikan dalam meningkatkan user experience di situs web. Simak artikelnya berikut!

  1. Gunakan White Space 

Sesuai dengan namanya, white space merupakan sebuah pemaknaan ‘ruang kosong’ diantara unsur-unsur layout pada suatu halaman. White space mampu membuat seseorang dapat lebih fokus pada elemen utama yang ada dan white space tidak harus berwarna ‘putih’. 

Pada white space memberikan pengalaman user di website menjadi lebih fresh, modern dan terlihat rapi. Hal ini sangat membantu konsistensi dalam mengkomunikasikan produk atau layanan kepada konsumen yang membuka website. Dengan ada ruang kosong, juga bisa membantu para marketer mengetahui kebutuhan konsumen yang belum terpenuhi atau dapat highlight informasi yang ingin Anda sampaikan.

Baca juga: Role Big Data dalam Digital Marketing

  1. Call to Action yang Menarik

CTA atau Call to Action dapat membantu menavigasikan pembaca untuk memulai dengan beberapa tindakan secara spesifik. Biasanya di dalam body artikel, CTA terdapat di baris paling akhir paragraf dengan frase seperti ‘Buy Now’ atau ‘Sign Up’ dan tombol button tersebut merupakan sebuah hyperlink berisikan form untuk memulainya.

Perlu diperhatikan bahwa pengaplikasian CTA tidak semua dapat diterapkan, agar CTA dalam artikel blog di situs lamanmu lebih menarik maka cobalah untuk melakukan eksperimen misalnya seperti pada copywriting di button klik eye-catching atau pemilihan warna pada visualnya. 

  1. Sisipkan Gambar atau Video pada Desain Web

Tidak hanya menggunakan white space, menyisipkan gambar ataupun mengunggah video pada body artikel dan website. Hal ini dapat memberikan pengalaman yang menarik bagi pembaca atau konsumen yang sedang mengunjungi website bisnismu. 

Selain itu, dengan menyisipkan gambar atau video dapat membantu pembaca tidak terlalu begitu bosan seputar informasi mengenai produk atau layanan merek bisnismu dan sebagai pendukung untuk pembaca agar lebih mudah untuk dipahami

  1. Mobile-friendly Website

Teknologi canggih membawa banyak perubahan, terutama pada lifestyle kita yang kini hampir seluruh informasi bisa didapatkan begitu cepat dalam satu genggaman mobile. Adanya kebiasaan baru ini berdampak pengaturan berbeda dari biasanya. Dalam website page, mobile-friendly sangatlah penting dan berdampak bagi pengalaman konsumen.

Website-friendly merupakan website dengan tampilan yang dirancang secara responsif menyesuaikan perangkat mobile yaitu pada tablet, handphone, PC, dan lainnya. Menggunakan website-friendly juga membutuhkan perhatian penuh, karena pada dasarnya setiap mobile memiliki ketentuan ukuran yang berbeda-beda. Jadi dapat dipastikan website page bisnismu bisa dilakukan zoom in dan zoom out di setiap halamannya.

Baca juga: Penerapan Machine Learning dalam Teknik SEO dan Marketing

  1. Optimalkan Website Page

Consistency is the key– yup, dengan konsisten pada setiap elemen-elemen yang ada di website page ini sangat berpengaruh pada pengalaman konsumen menyelami website page Anda. Mulai dari white page, komposisi text dan gambar, elemen warna, ilustrasi dan elemen desain lainnya. 

Penulisan yang baik dan benar menjadi penentu apakah kata kunci dengan judul dapat relate dengan kebutuhan mereka atau tidak. Adapun cara dapat mengoptimalkan website page sesuai standar SEO di mesin pencarian dan mendapatkan posisi rank SEO teratas yaitu menggunakan kamu bisa menerapkan ilmu Machine learning dan Python.

Kedua ilmu tersebut dapat membantu untuk mengotomatisasikan tugas serta mendapatkan analisis dari kumpulan data besar yang berguna secara efektif dan efisien bagi para digital marketer. Dengan menggunakan analisis juga membantu meningkatkan pengalaman user atau konsumen serta berdampak pada engagement, loyalitas, dan konversi website page. 

Ingin mulai mengaplikasikannya ilmunya? Kamu bisa coba belajar ilmu seputar Data Science bersama DQLab.id atau dapat klik tautan https://dqlab.id/  untuk informasi selengkapnya.

  • Editor: Nur Shinta Dewi
TAGS
LATEST ARTICLE