LogoDIGINATION LOGO

4 Strategi Bisnis e-Commerce yang Bisa Kamu Terapkan

author Oleh DQLab Jumat, 1 April 2022 | 15:28 WIB
Share
Share

 

Hampir seluruh kegiatan kini sudah menggunakan platform digital, mulai dari berkomunikasi hingga melakukan transaksi pembelian secara online. Penting bagi bisnis mengetahui trend dan pola yang bisa mendapatkan sebuah pencapaian bisnis. Jenis strategi akan mempengaruhi dan tergantung pada tujuan yang ingin dicapai. Itulah sebabnya, untuk semakin kuat dalam berkompetisi banyak bisnis mempertahankan pelanggannya dengan menggunakan strategi e-Commerce yang tepat. 

Pada artikel kali ini, DQLab telah merangkum strategi dan beberapa cara yang praktis untuk kamu bisa terapkan. Yuk, langsung saja simak artikelnya sampai habis!

  1. Highlight Product Menggunakan Konten

Dalam menjalankan sebuah bisnis e-Commerce, konten menjadi step utama yang harus terpikirkan dan dibuat. Konten dapat memberikan sebuah resonansi dengan pelanggan sehingga dapat mendorong pelanggan berinteraksi, membeli, dan dapat mempertahankan hubungannya. Selain itu, melalui konten kamu juga dapat memberikan pengetahuan produk mana yang memiliki daya tarik di kalangan pelanggan.

Sebagai contoh, dalam situs web e-Commerce biasanya akan ada salah satu layout atau fitur ‘Editor’s Pick’ atau ‘Frequently Bought Together’. Tanpa tersadar, pelanggan nantinya akan menekan tombol tersebut dan mencari tahu produk apa saja didalamnya. Dengan begitu, kamu bisa menaruh beberapa produk yang menjadi highlight atau menampilkan item baru yang ingin kamu tampilkan kepada pelanggan secara relevan.

Baca juga: Mengenal Teknologi Machine Learning Serta Penerapannya Dalam Dunia Bisnis

  1. Identifikasi Unique Point Selling Bisnis

Mengetahui produk yang dibangun menjadi aspek penting bagi bisnis. Tidak hanya produk berbeda dengan produk kompetitor lainnya, melainkan juga keunikan apa yang bisa kamu jual kepada pelanggan. Mulailah pertimbangkan dan identifikasi lebih lanjut produk atau item yang kamu miliki dengan menggunakan landasan pertanyaan “mengapa orang harus membeli produk saya?”.

Ketika kamu sudah menemukan jawabannya, saringlah jawaban tersebut untuk membuat satu kalimat yang lebih sederhana dan menonjol. Kalimat sederhana akan sangat berdampak besar dan menjadi sebuah value pelanggan. 

  1. Optimalkan User Experience

Cara lain agar mendapatkan pelanggan dan mengundang pelanggan baru yaitu ciptakan sebuah website yang memberikan kesan pengalaman baik pelanggan. Pelanggan tentu akan mendatangkan sebuah situs web yang menjawab kebutuhannya tanpa berpikir panjang, ada beberapa cara untuk mengatur produk dengan cara yang lebih logis dan efektif dibandingkan dengan produk kompetitor.

Selain itu bisa menggunakan cara dengan membuat sebuah halaman produk yang lebih informatif, bisa menuliskan deskripsi yang lebih baik untuk menjelaskan produk tersebut dengan menggunakan kualitas gambar foto resolusi yang bagus. Sebagai contoh pada industri fashion dapat juga memberikan satu halaman di website lookbook atau ‘get the look’ yang terinspirasi dari fashion selebriti mancanegara.

Aspek penting yang harus dipertimbangkan lainnya yaitu metode pembayaran. Berikan beberapa pilihan metode pembayaran dapat memungkinkan untuk melayani berbagai macam pelanggan. Semakin banyak opsi akan semakin mudah pelanggan membeli produk tersebut. Hal ini juga bisa meningkatkan konversi serta tingkat pengabaian di keranjang mereka.

Baca juga: Memahami Fungsi dan Manfaat Big Data Analytics di Berbagai Industri

  1. Humanize Data: Personalisasi

Pelanggan tentu menyukai ketika mereka merasa istimewa dan diperhatikan, bahkan bisnis e-commerce telah menambahkan sentuhan pribadi seperti menyapa mereka dan mengingatkan produk item belanjaan mereka menggunakan nama pelanggan secara langsung. 

Data pelanggan tersebut menjadi salah satu manfaat besar terutama bagi pelanggan setia, karena dengan adanya kumpulan Big Data dari pelanggan akan memberikan pengalaman belanja hingga meningkatkan loyalitas konsumen. Di masa depan nantinya, e-commerce akan semakin meningkat dan akan semakin bertambahnya kompetitor menyusun strategi dengan pendekatan Data Science. Yuk, jangan sampai tertinggal dan salah pilih untuk belajar Data. Belajar data secara fun dan aplikatif kamu bisa dapatkan di DQLab, selamat mencoba!



  • Editor: Nur Shinta Dewi
TAGS
LATEST ARTICLE

Tips Hemat Naik Pesawat

berikut tips agar bisa lebih hemat naik pesawat domestik di Indonesia!

Selasa, 9 April 2024 | 11:39 WIB