LogoDIGINATION LOGO

4 Langkah Menciptakan Ide Bisnis yang Cuan

author Oleh Harris Tobing Rabu, 2 Maret 2022 | 10:54 WIB
Share
Share

Mempunyai bisnis yang cuan alias menguntungkan adalah dambaan bagi semua orang. Namun, untuk mempunyai bisnis yang menguntungkan tidaklah semudah yang dipikirkan. Perlu ide yang teranalisis dan strategi yang matang.

Di Indonesia sendiri, pilihan bisnis di bidang apapun hampir tersedia dan dapat digeluti oleh semua kalangan dengan keuntungannya masing-masing. Seiring perkembangan zaman, bisnis di Indonesia pun semakin beragam dan penuh tantangan.

Pertanyaannya kemudian siapkah kamu menciptakan bisnis yang meguntungkan di era saat ini? Berikut 3 langkah yang bisa kamu lakukan untuk menciptakan ide bisnis yang menguntungkan. 

1. Mencari peluang

Pertama yang harus dilakukan adalah harus pintar melihat realita. Agar mempunyai bisnis yang dapat menguntungkan, hal yang sangat penting untuk kamu cari tahu adalah apakah ide bisnis kamu ini memiliki banyak peminat atau tidak.

Tentunya jika ide kamu ini hanya memiliki sedikit permintaan, kamu harus melihat kenyataan bahwa ide ini tidak akan menguntungkan dan kamu harus menggantinya.

Nah, contoh bisnis baru yang memiliki banyak permintaan pasar di Indonesia adalah Shoes and Care seperti yang dijalankan oleh dokter viral Tirta Mandira Hudhi atau yang dikenal dengan Dokter Tirta. Shoes and Care adalah jasa perawatan premium sepatu.

Tahu kan siapa target dokter Tirta? Yups! pelanggan yang tidak memiliki waktu banyak untuk mencuci sepatulah pelanggannya. Selain itu kualitas yang diberikan pun menjadi faktor utama Shoes and Care selalu berkembang.

Baca juga : Begini Cara Berbisnis Tanpa Merintis !

2. Yakinkan diri kamu untuk memulai

Sebelum memulai bisnis dari ide yang kamu punya, ada beberapa pertanyaan yang sebaiknya kamu tanyakan pada diri sendiri:

1. Apa alasan kamu sebenarnya mulai berbisnis?
2. Apa tujuan kamu dan tujuan bisnis ini?
3. Siapa yang akan menjadi pelanggan kamu?
4. Masalah apa yang pelanggan kamu punya dan solusi apa yang bisa bisnis kamu tawarkan?
5. Solusi apa yang kompetitor kamu miliki dan apa yang membedakan kamu degan mereka?
6. Sumber daya apa yang kamu butuhkan untuk memulai bisnis ini?

Jika kamu sudah mampu menjawab enam pertanyaan diatas dengan sungguh-sungguh berarti kamu siap untuk memulai.

3. Tidak meremehkan kompetitor

Kompetitor memang tidak dapat dihindari saat memutuskan memulai bisnis, bahkan ketika kamu sukses meluncurkan bisnis jenis baru yang belum pernah ada.

Tidak perlu khawatir karena yang harus kamu lakukan adalah membuat bisnis kamu jadi lebih berkembang. Bijaklah dalam melihat keadaan pasar dan menganalisis kompetitor yang kamu miliki.

Untuk menganalisis pasar ada 3 langkah penting yang harus kamu ketahui dan lakukan:

a. Primary research

Bertanya langsung kepada calon pelanggan yang kamu miliki apa yang mereka sukai. Gunakanlah kuisioner, penelitian, dan wawancara langsung. Ini adalah cara yang paling efektif dalam mendapatkan informasi pelanggan.

Baca juga : Tips Membangun Relasi Agar Mudah Meraih Kesuksesan

b. Secondary research

Setelah mendapatkan informasi dari pelanggan, rangkum dan pelajari sistem yang telah kamu buat dengan detail agar kamu dapat mengerti kondisi pasar yang kamu geluti. Pastikan produk dari bisnis yang kamu miliki dapat menyaingi kompetitor.

c. Analisis SWOT

Langkah ketiga yang harus kamu lakukan adalah analisis SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities, Threats). Analisis SWOT adalah cara yang tepat untuk mempelajari kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman dari sebuah ide yang sudah kamu tentukan.

Dari analisis ini, kamu dapat memutuskan produk apakah yang pelanggan kamu ingin kan dan apakah ide bisnis kamu ini dapat menguntungkan. 

Jangan malas mencari tahu tentang kompetitor ya!

4. Buat dummy dan mulai pasarkan

Setelah kamu meneliti pasar dan mengetahui apa yang diinginkan oleh konsumen, kamu juga harus memastikan produk yang kamu miliki sudah memenuhi keinginan mereka, dengan bentuk MVP (Minimum Viable Product), di mana kamu dapat mengembangkan produk baru kamu dengan biaya yang lebih murah.

Setelah itu coba buatlah dummy lalu kenalkan ke target yang lebih luas untuk mendapatkan kesimpulannya.

Setelah melakukan 4 langkah di atas sekarang kamu sudah siap untuk menjalan ide bisnis kamu. Bangun tim terlebih dahulu karena dengan adanya mereka kamu bisa yakin bahwa uang dan usaha yang telah kamu lakukan tidak akan menjadi sia-sia.

Yuk bisa yuk.... Jangan mudah menyerah ya DigiFriends!

  • Editor: Tri Wahono
TAGS
LATEST ARTICLE

Tips Hemat Naik Pesawat

berikut tips agar bisa lebih hemat naik pesawat domestik di Indonesia!

Selasa, 9 April 2024 | 11:39 WIB