LogoDIGINATION LOGO

Tips Membangun Relasi Agar Mudah Meraih Kesuksesan

author Oleh Nur Shinta Dewi Selasa, 1 Desember 2020 | 14:45 WIB
Share
Share

Banyak yang berpendapat, orang akan mudah mendapat pekerjaan jika memiliki orang dalam.

Yaps, seringkali pernyataan itu benar, koneksi adalah hal yang terpenting jika kamu ingin mendapatkan pekerjaan dan target sesuai keinginan dengan cepat.

Dikutip dari Lifehack, studi menunjukkan bahwa 70% pekerjaan tidak pernah diiklankan pada iklan baris pekerjaan dan 80% posisi diisi karena seseorang mengenal seseorang. Yang berarti pekerjaan yang didapat banyak orang, kebanyakan dari bantuan relasi, bukan karena kolom pencari kerjaan atau sejenisnya.

Tentu tidak mudah untuk menemukan relasi. Kamu perlu menanamkan kepercayaan bagi setiap orang yang kamu anggap sebagai sumber relasi.

Sebelum kita membahas cara membangun relasi dengan benar, kamu perlu tahu tentang apa yang tidak boleh dilakukan, salah satunya membangun relasibsaat kamu membutuhkan pekerjaan. Kalau sudah sukses, seperti kacang lupa kulit deh.

Menjangkau relasi hanya ketika kamu membutuhkan sesuatu tidak akan membantu menumbuhkan koneksi. Jaringan harus tentang membangun hubungan yang saling menguntungkan, bukan hanya untuk diri sendiri.

Lalu apalagi yang sebaiknya dilakukan untuk membangun kepercayaan dan mengumpulkan relasi sebanyak-banyaknya? Simak yuk.

Menjangkau koneksi yang sudah ada
Sekarang saatnya kamu menjangkau beberapa koneksi yang sudah ada terlebih dahulu. Memulai dengan cara sederhana seperti chat WhatsApp menanyakan kabar mereka dan apa yang mereka lakukan adalah cara yang bagus untuk memulai.

Mengirim email atau SMS ke seseorang yang sudah lama tidak kamu temui  mungkin akan terasa canggung, tetapi jangan biarkan hal itu menghalangi jalanmu. Kamu harus percaya bahwa mereka mungkin akan senang mendengar kabar dari kamu.

Ini bukan hanya tentang siapa yang kamu kenal, tetapi siapa yang mereka kenal juga. Singkirkan canggung mu, dan mulai tanyakan apakah mereka mengenal seseorang di bidang terkait yang dapat mereka kenalkan kepada kamu. Ingat, orang yang kamu kenal adalah sekutu kamu dalam memperluas jaringan dan membangun hubungan profesional baru.

Tunjukan jika kamu serba bisa
Pola pikir yang baik untuk dimiliki dalam jaringan adalah memikirkan tentang bagaimana kamu juga dapat berkontribusi atau membantu mereka tanpa mengharapkan imbalan apa pun. Pikiran semacam inilah yang dapat menumbuhkan ketergantungan seseorang kepada kamu.

Sangat mudah untuk memanfaatkan jaringan sebagai cara mendapatkan keuntungan untuk diri kamu sendiri, tapi bukan itu tujuannya di sini. Tujuan disini adalah membangun hubungan untuk mendapat peluang baru.

Dengar dan pelajari
Memperluas dan membangun jaringan  yang kuat melibatkan pola pikir yang berfokus pada mendengarkan dan belajar. Jika orang tersebut bekerja di bidang yang kamu coba masuki, sekarang saatnya kamu mengajukan beberapa pertanyaan  yang mungkin mereka pahami tentang bidang tersebut. Relasi kamu akan senang dengan orang yang mendengarkan mereka dibandingkan orang yang banyak bicara.

Tunjukkan keahlianmu
Ada kemungkinan bagus bahwa pada suatu saat, seseorang akan bertanya tentang apa yang kamu lakukan. Ini adalah kesempatan kamu untuk berbagi pengalaman dan keahlian kamu.

Bagikan apa yang telah kamu lakukan di masa lalu dan mengapa kamu menyukai bidang pilihan kamu atau bidang yang kamu inginkan. Tidak usah terlalu panjang menjelaskan kelebihan mu agar tidak terkesan pamer. Jika mereka ingin tahu lebih banyak, mereka pasti akan bertanya lebih jauh tentang keahlian kamu.

Terapkan Everyday Networking sebagai bagian hidup
Tidak ada alasan untuk menunggu acara jejaring besar, ada peluang untuk berjejaring, membangun, dan memperkuat koneksi setiap saat.

Jadikanlah tujuan hidup kamu untuk menjangkau beberapa kontak lama yang belum pernah kamu hubungi sejak kamu terhubung dengan mereka, seperti teman komunitas, teman sekolah, atau teman di kantor kamu yang lama.

Mengadopsi pola pikir relasi sebagai bagian dari hidup kamu pada akhirnya akan menjadi kebiasaan, dan kamu akan dengan mudah mendapat bantuan dari relasi dan kepercayaan yang kamu tanam setiap harinya.

Itulah 5 tips untuk membangun relasi dan kepercayaan untuk membangun kesuksesan. Jangan berfikir orang dalam itu tidak punya manfaat apa-apa, lihat diri kamu apa kamu telah menerapkan 5 cara diatas untuk membangun kepercayaan kepada mereka? Mulai sekarang, jangan ragu untuk tunjukan power kamu dan bangun kepercayaan untuk mereka.

  • Editor: Rommy Rustami
TAGS
LATEST ARTICLE