LogoDIGINATION LOGO

Manfaat Blockchain dan Big Data, Apa Saja?

author Oleh Nur Shinta Dewi Sabtu, 12 Februari 2022 | 11:49 WIB
Share
Share

Blockchain dan Big Data, keduanya teknologi yang sering muncul teratas dan diperkirakan akan take over (mengambil alih) industri di masa yang akan datang. Bahkan, kedua teknologi tersebut bisa menjadi sebuah cara yang bisa merubah bisnis dengan baik.

Popularitas blockchain dan Big Data ini membuat penggunanya akan semakin eager serta menjadi potensi besar untuk diadopsi bagi bisnis. Microsoft, Amazon, Walmart, Alibaba, Paypal, Samsung dan industri finansial telah mengoperasikan blockchain teknologi dan big data pada perusahaannya. Bahkan bisnis kecil pun sudah gencar untuk mulai mengimplementasikan agar mencari efisiensi dan juga cara bagaimana mendapatkan pelanggan serta melayaninya dengan baik.

Pada artikel yang telah dirangkum oleh DQLab ini, akan membahas manfaat apa saja yang diberikan oleh teknologi blockchain dan big data sekaligus bagi bisnis kamu? Simak artikelnya sampai habis ya!

  1. Mengenal Blockchain dan Blockchain Developer

Blockchain adalah teknologi pada dasarnya buku besar terpercaya yang bisa mencatat transaksi ekonomi sedemikian rupa, sehingga catatan tersebut tidak dapat dimanipulasi. Konsep dari blockchain sendiri juga dapat mencatat sebuah aset dalam bisnis yang terwujud, misalnya seperti rumah, uang tunai, tanah, mobil, dan lainnya dan juga aset yang tidak berwujud seperti hak cipta paten, merek, dan sebagainya. 

Bagi bisnis, blockchain hampir digunakan dan menjadi teknologi berharga karena dapat mengurangi risiko yang besar. Selain itu juga, bisnis akan mengumpulkan data-data informasinya yang jumlahnya besar maka dari itu penggunaan Blockchain sangatlah ideal karena memberikan semua informasi seperti dapat melacak pesanan, pembayaran, dan lainnya. Dengan benefit yang sangat positif bagi bisnis, maka adanya peningkatan kebutuhan Blockchain Developers di beberapa perusahaan.

Blockchain Developers sederhananya yaitu seseorang dimana mengembangkan aplikasi untuk membuat arsitektur protokol blockchain. Keseharian seorang blockchain sendiri yaitu akan terlibat dalam pengembangan dan pengoptimalan algoritma yang sesuai agar dapat berjalan sesuai dengan ‘Protokol Blockchain’.

Baca juga: Big Data Analytics dan Kegunaanya untuk Perkembangan Bisnismu

  1. Blockchain dan Big Data: Bentuk Analytics yang Memukau

Kini cryptocurrency dan aplikasi teknologi blockchain lainnya menjadi semakin umum dan mulai dikenal oleh seluruh khalayak, karena salah satu benefit mengaplikasikannya yaitu adalah dapat menyimpan sejumlah data transaksional yang sangat besar belum lagi kamu harus merogoh kantong untuk mempunyai tempat penyimpanan cloud jika dataset yang kamu miliki melebihi kapasitas.

Meskipun begitu, menggunakan Blockchain dapat memberikan ‘sensasi’ baru pada layer ketika melakukan Big Data Analytics.

  • Big data yang dihasilkan oleh blockchain akan aman, karena tidak dapat dimodifikasi atau dipalsukan karena adanya arsitektur jaringan
  • Big data berbasis blockchain akan sangat berharga, karena data lebih terstruktur, lengkap, dan data yang dimiliki dapat dijadikan sebuah sumber yang sempurna untuk ditindaklanjuti yaitu dianalisis lebih lanjut.

Sehingga, blockchain dan big data bagi bisnis sangatlah bersinergi tidak hanya kamu mendapatkan metode bisnis yang lebih smart  dan bisa menambah modal bagi bisnis melainkan juga memberikan kepercayaan pelanggan contohnya yaitu seperti merahasiakan transaksi mereka dengan nilai blockchain di bidang privacy dan keamanan.

  1. Real Case Blockchain dalam Big Data

Adapun real case dan manfaat yang didapatkan jika kamu mulai implementasikan blockchain data yang dibantu oleh Data Scientist maupun blockchain developer, berikut ini:

  • Membantu prediksi (predictive analysis), blockchain data akan melakukan analisa agar mendapatkan sebuah insight yang bermanfaat, baik itu berupa pola, tren, maupun perilaku pelanggan. Biasanya Data Scientist akan membantu untuk mengungkapkan sebuah prediksi dari data besar (big data) kemudian memberikan insight dan solusi baik untuk sentimen sosial maupun investasi bagi bisnis.
  • Integrasi data, bagi pelanggan data informasi mereka sangatlah penting dan tentunya harus disimpan dengan baik. Data yang telah masuk dan dicatat di blockchain akan adanya proses verifikasi sehingga akan memberikan kualitas yang terjamin dan juga transpansi karena blockchain dapat dilacak. 
  • Mengetahui penipuan atau tindakan kejahatan, di era digital ini memang tidak akan terlepas soal penipuan maupun kejahatan di digital. Dengan menggunakan blockchain maka akan membantu terhindar dari hal-hal yang merugikan tersebut, hal ini blockchain menggunakan algoritma konsensus untuk memverifikasi transaksi. Sebuah node yang mulai bertindak ‘tidak normal’ akan terdeteksi dan dihapus dari jaringan.

Baca juga: Mulai Belajar Data Science GRATIS bersama DQLab selama 1 Bulan Sekarang!

  1. Strategi Baru Optimalkan Bisnis di Era Digitalisasi

Di masa depan nanti akan semakin banyaknya tantangan dan dampak dari ilmu Data Science, salah satunya yaitu akan adanya kekhawatiran penggunaan blockchain nantinya akan menjadi mahal yang menjadikan akan semakin kompetitif antar lini bisnis. Maka dari itu, yuk mulai belajar data dari sekarang sebagai bentuk investasi bisnis serta menjadi strategi baru untuk optimalkan bisnis di era digital ini! DQLab menjadi kursus online Data Science yang bisa kamu coba, karena sudah tersedianya module-module yang sesuai kebutuhan bisnis kamu!

  • Editor: Nur Shinta Dewi
LATEST ARTICLE

Tips Hemat Naik Pesawat

berikut tips agar bisa lebih hemat naik pesawat domestik di Indonesia!

Selasa, 9 April 2024 | 11:39 WIB