LogoDIGINATION LOGO

Mewujudkan Harapan Mengembangkan Usaha dengan KUR BNI

author Oleh Nur Shinta Dewi Jumat, 26 November 2021 | 07:39 WIB
Share
Share

Satu bulan lagi kita menghadapi tahun yang baru. Tentu di tahun yang baru banyak tujuan dan harapan agar kehidupan kembali normal seperti sedia kala. PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI) mencoba mewujudkan harapan baru bagi masyarakat melalui Kredit Usaha Rakyat (KUR) yang semakin mudah.

Seperti yang kita ketahui pemerintah memberikan perhatian yang cukup besar dalam penyaluran kredit usaha rakyat (KUR) selama masa wabah virus corona tahun ini. Saat ini, Pemerintah menambah plafon penyaluran KUR 2021 menjadi Rp253 triliun, lebih tinggi dari tahun lalu yang sebesar Rp220 triliun.

Tidak hanya itu, pemerintah juga memberikan tambahan subsidi bunga sebesar 3%. Tambahan plafon KUR ini menyebabkan kuota KUR lembaga penyalur juga meningkat, salah satunya juga pada PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk.

Baca juga : Yuk Diversifikasi Usaha Melalui Layanan Mitra Perbankan !

BNI mendapat kuota KUR Rp32 triliun pada 2021, bertambah Rp10 triliun dari jatah yang diperoleh pada 2020. Sepanjang tahun lalu, BNI berhasil menyalurkan KUR Rp21,3 triliun.

KUR ini dikhususkan bagi usaha produktif di sektor usaha pertanian, perikanan, industri pengolahan, perdagangan, serta jasa-jasa yang diatur dalam ketentuan pemerintah terkait KUR Mikro.

Dikutip dari laman KUR BNI, fasilitas kredit BNI KUR maksimal mencapai nominal Rp500 juta dengan jangka waktu pengembalian hingga 3 tahun untuk Kredit Modal Kerja dan 5 tahun untuk Kredit Investasi. 

Ditambah lagi, suku bunga kredit modal kerja dengan angsuran dan kredit investasi maksimal sebesar 6 persen efektif anuitas per tahun. Jangka waktu kredit modal kerja maksimal 3 tahun dan kredit investasi maksimal 5 tahun.

Baca juga : Menggiurkan! Potensi Penghasilan Rp5 Juta/ Bulan Menjadi Mitra Layanan Perbankan

BNI juga tidak memberikan persyaratan yang sulit bagi UMKM. Pelaku usaha mikro atau pemohon hanya perlu memiliki pengalaman usaha minimal 6 bulan agar bisa mengajukan KUR BNI, berusia minimal 21 tahun atau belum 21 tahun tetapi sudah menikah bahkan BNI tidak mengharuskan pemohon untuk menyertakan NPWP dan tidak diwajibkan jaminan tambahan.

Warpopski, usaha kuliner yang berlokasi di Tebet Jakarta Selatan, adalah salah satu pelaku UMKM yang terbantu oleh KUR BNI. Berkat KUR BNI, Warpopski bisa meningkatkan bisnis kuliner mereka. 

Bagaimana pengalaman Warpopski membangun bisnisnya? Simak Digital DNA pada Jumat, 26 November 2021 pukul 16.00 WIB di kanal YouTube DiginationID.

  • Editor: Tri Wahono
TAGS
LATEST ARTICLE

5 Platform Pinjol Terpercaya

Perlu pemahaman lebih mengenai pinjol-pinjol terpercaya yang telah terdaftar oleh badan hukum, berikut beberapa pinjol yang terpercaya :

Jumat, 12 November 2021 | 08:45 WIB