LogoDIGINATION LOGO

Yuk Diversifikasi Usaha Melalui Layanan Mitra Perbankan !

author Oleh Nur Shinta Dewi Rabu, 10 November 2021 | 21:19 WIB
Share
Share

Resesi pandemi Covid-19 beberapa waktu lalu menjadi tantangan tersendiri bagi banyak orang untuk bertahan dan melanjutkan hidup. 

Tidak sedikit orang yang membuka usaha baru dan memanfaatkan penjualan digital untuk penghasilan harian mereka. Namun menurut Isa Ansori, Direktur Utama Bumdesa Kemudo Makmur membuka usaha baru saja tidak cukup untuk mampu bertahan di masa pandemi ini. Masyarakat harus melakukan diversifikasi atau memiliki beberapa usaha tambahan untuk menutupi usaha yang sedang turun.

Melalui Virtual Talkshow Digital DNA bertema Tambah Cuan dengan Menjadi Mitra Layanan Perbankan, Isa menceritakan bagaimana Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Kemudo Makmur berhasil bertahan di era pandemi. Salah satu strategi Bumdes ini adalah dengan melakukan diversifikasi usaha di wilayah mereka.

“Strateginya adalah kami memiliki diversifikasi usaha, jadi kami memiliki tiga usaha yang berbeda, pertama, kami bekerjasama dengan pelaku usaha di desa Kemudo, untuk pengelolaan limbah kering industri, kedua toko Kamajaya Mart untuk retail modernnya, dan yang ketiga unit pelayanan umum yaitu BNI Agen46,” ungkap Isa Ansori, Direktur Utama Bumdesa Kemudo Makmur.

Di kesempatan yang sama, Ni Putu Indry Septanawati, yang memiliki usaha retail di Kota Denpasar Bali, juga menceritakan bagaimana pandemi covid-19 sangat berdampak pada usahanya, namun dengan bermitra oleh BNI melalui Agen46, diversifikasi yang dilakukan membantu usahanya untuk bertahan di masa sulit. 

“Pastinya sangat berdampak sekali, apalagi di Bali yang bekerja pada sektor pariwisata. Ketika daya beli masyarakat menurun, tentu omzet kita juga turun. Tapi, dengan bergabung dengan BNI Agen46 ini kita terbantu di penyaluran bantuan sosial dari pemerintah, karena mediumnya bisa melalui Agen46 di toko kami,” kata Indry.

Baca juga : 5 Keuntungan Menjadi Reseller atau Agen Penjualan

BNI Agen46 menjadi salah satu bisnis kemitraan yang dapat membantu masyarakat mencari penghasilan tambahan. Misalnya, pembukaan rekening, setor/tarik/transfer dana, pembelian pulsa telepon, pembayaran BPJS, PDAM, tiket, dll. BNI Agen46 menyediakan layanan perbankan kepada masyarakat dalam rangka keuangan inklusif yang dapat berupa layanan keuangan dan e-payment.

Menanggapi pernyataan diatas Lodewyck Z. S. Pattihahuan, Senior Vice President (SVP) Optimalisasi Bisnis PT Bank Negara Indonesia (BNI) yang akrab di sapa Rully, menjelaskan jika dengan program BNI Agen46 sama dengan melakukan diversifikasi produk, jika saat ini pemilik warung, bengkel, maupun bumdes menjadi bussiness as ussualy yang saat ini dimiliki. Kedepannya, dengan menjadi Agen46 pemilik usaha memiliki satu bisnis lagi yang memiliki dampak ekonomi yang baik karena membantu pemilik usaha mendapatkan pendapatan baru.

BNI Agen46 sendiri memiliki value, dimana dari segi agen, mereka akan bisa terus bertumbuh sekaligus mendapat pendapatan baru dari fitur-fitur yang ditawarkan Agen46. Sementara dari segi nasabah, mereka akan mendapat kemudahan, dengan cepat dan dekat dengan akses layanan perbankan.

“kalau boleh disetiap RT, RW, Kelurahan mereka harus sudah harus memiliki bank, pertanyaannya sekarang kenapa harus ada bank? Anda sendiri saja yang menjadi banknya, jadi Anda yang bisa menjadi banknya untuk melayani masyarakat yang ada disekitar Anda tapi disatu sisi Anda juga mendapat cuan dari menjadi BNI Agen46 ini,” ungkap Rully.

Tidak hanya dari segi bisnis, Agen46 juga membawa keuntungan yang positif dimana menambah suatu value di daerah yang telah membantu menghadirkan layanan perbankan di wilayah mereka yang menjadi salah satu hal yang penting di era digital.

“Dibalik pendapatan secara bisnis, Agen46 juga membawa dampak yang positif bagi Bumdes. Contohnya seperti masyarakat mengaku “sekarang ada bumdes enak ya, transfer lebih dekat, bayar BPJS juga lebih dekat, bahkan buka rekening pun juga bisa lewat bumdes” hadirnya BNI Agen46 menjadikan masyarakat jadi lebih dekat dengan bumdes,” kata Isa.

Indry juga mengaku setelah bermitra dengan Agen46 warung yang dahulunya hanya mengandalkan pemasukan dari transaksi jual beli, saat ini telah lebih go digital melalui transaksi elektronik.

“Dulu kita masih konvensional, sekarang setelah bermitra dengan BNI Agen46 kita telah diberikan digitalisasi, transaksi elektronik, jadi semuanya lebih mudah, dan kita bisa mendapatkan keuntungan di setiap transaksi tersebut,” kata Indry.

Baca juga : Menggiurkan! Potensi Penghasilan Rp5 Juta/ Bulan Menjadi Mitra Layanan Perbankan

BNI Agen46 terbuka untuk UMKM seperti toko kelontong atau masyarakat yang mau mencari penghasilan tambahan.

Setiap BNI Agen46 akan mendapatkan fee atau keuntungan dengan jumlah tertentu, seperti buka rekening itu sebesar Rp5 ribu, untuk tarik tunai Rp2.500 sampai Rp3.000 dan jual beli pulsa juga ada ada nilai keuntungannya, tergantung operatornya. Bahkan dari segi keuntungan pemilik BNI Agen46 berpotensi memperoleh pendapatan hingga Rp5 juta per bulan.

“Kita ingin mengajak sebanyak mungkin masyarakat untuk memiliki suatu usaha, menciptakan entrepreneur-entrepreneur kecil artinya jika hari ini mereka sudah memiliki suatu usaha, kembangkan usaha Anda dengan menjadi mitra Agen46,” ungkap Rully.

  • Editor: Tri Wahono
TAGS
LATEST ARTICLE

5 Platform Pinjol Terpercaya

Perlu pemahaman lebih mengenai pinjol-pinjol terpercaya yang telah terdaftar oleh badan hukum, berikut beberapa pinjol yang terpercaya :

Jumat, 12 November 2021 | 08:45 WIB