LogoDIGINATION LOGO

5 Tips untuk Meningkatkan Penggunaan Data Science dalam UMKM

author Oleh DQLab Senin, 18 Oktober 2021 | 11:15 WIB
Share
Share

 

Data Science menjadi sorotan oleh setiap pebisnis dari berbagai sektor industri karena pebisnis sudah mengetahui manfaat yang sangat besar jika mengaplikasikannya ke dalam bisnis mereka.

Setiap perusahaan pasti mempunyai strategi baik strategi besar atau kecil sekalipun. Menjadi unik dan berbeda dari lainnya menjadi strategi bisnis untuk mendapatkan pelanggan, mulai dari strategi beriklan hingga cara marketing yang efektif dan tepat sasaran. Dengan adanya Data Science mendapatkan wawasan mulai dari perilaku pelanggan hingga memprediksi masa depan pada bisnis terutama bagi memulai bisnis kecil atau UMKM. 

 

Pada artikel DQLab kali ini akan memberikan tips untuk meningkatkan penggunaan dari Data Science dengan maksimal, mengingat Data Science sudah diimplementasikan oleh perusahaan besar juga maka kamu harus siap bersaing dan berkompetisi dengan pebisnis lainnya. Penasaran apa saja pembahasannya? Yuk simak artikel berikut.

  1. Mengidentifikasi Pelanggan Baru dari Data Pelanggan Sebelumnya

Berbicara pelanggan dalam bisnis, tentunya kamu akan menemukan banyak pelanggan baik mereka yang menyukai produk bisnis kamu atau suka dengan kualitas pelayanan bisnismu sehingga adanya pembelian/ penggunaan produk berikutnya.

Tapi bagaimana untuk bisa mendapatkan pelanggan baru? Bagaimana caranya untuk bisa menargetkan sesuai dengan perilaku yang dimiliki pelanggan baru? Data Science menjadi salah satu cara terbaik untuk mendapatkan wawasan terhadap pelanggan. Adanya cabang ilmu dalam Data Science seperti Machine Learning dapat mengetahui pelanggan secara geografis hingga minat pelanggan yang bisa dipersonalisasikan. Dengan menggabungkan ilmu Data Science maka akan menghasilkan laporan yang lebih kuat.

Baca juga : Mengenal Profesi Data Scientist

  1. Menemukan Peluang dan Tren Baru untuk Meningkatkan Skala Bisnis

Tentunya dalam berbisnis, akan adanya kompetisi siapa yang lebih unggul atau berada di puncak bisnis. Dengan demikian, kamu perlu untuk mengikuti tren yang sedang berlangsung dan juga mencari peluang atau celah dari kompetitor dalam bisnis. Dengan ilmu Data Science ketika kamu mengisi celah tersebut, maka akan mendapatkan data yang lebih konkret dan nantinya bisa digunakan sebagai ide-ide atau inovasi secara efektif.

Selain kamu mendapatkan trend dan peluang baru, kamu juga bisa menciptakan sebuah kepercayaan di benak pelanggan. Kepercayaan pelanggan juga harus dijaga, karena pelanggan akan melakukan teknik ‘word-of mouth’ atau mulut ke mulut jika kebutuhan dan keinginan mereka terpenuhi. Dengan demikian, akan membantu skala bisnis kamu semakin besar.

  1. Penggunaan Dataset untuk Decision Making yang Lebih Tepat

Kumpulan data menjadi hal terpenting jika kamu ingin mendapatkan wawasan yang berguna dan dari kumpulan data tersebut akan dikemas dengan bukti untuk keperluan bisnis kamu. Data Wrangling merupakan proses dalam Data Science yang bertujuan untuk mentransformasikan data mentah kedalam format data yang lebih rapi karena seringkali data didapatkan dari berbagai sumber sehingga kumpulan data memiliki format yang tidak seragam.

Format data yang terstruktur (Structured Data) maka akan memudahkan dalam mengakses dan juga analisis. Dengan demikian, kumpulan data (seperti data survey) akan membantu memahami produk/ layanan dengan baik serta memprediksi ancaman dan peluan baru dalam bisnis.

  1. Menggunakan Tools yang Tepat Dalam Pengerjaannya

Mengolah data tentunya merupakan suatu pekerjaan yang tidaklah mudah, karena membutuhkan seorang praktisi data yang terampil baik terampil mengolah data dan juga terampil menggunakan aplikasi software sesuai pengerjaannya.

Tools yang tepat akan membantu pengerjaan menjadi lebih efisien dan juga produktif, tidak hanya itu jika penggunaan tools dengan benar maka hasil analisis kemungkinan besar akan akurat. Salah satunya tools yang biasa digunakan oleh praktisi data dalam mengerjakan data seperti R atau Python dan juga untuk visualisasi data dapat menggunakan Tableau atau power BI agar data dapat dipahami bagi orang awam sekalipun ketika menyusun strategi bisnis.

Baca juga : Yuk Kenal Role Data Scientist, Profesi Menarik Dengan Gaji Besar

  1. Merekrut Praktisi Data yang Ahli dan Relevan dengan Bisnis Kamu

Dengan adanya praktisi data dalam bisnis, akan membantu memberikan pemaham dengan baik tentang data untuk perusahaan serta cara yang tepat dan efisien dalam kegiatan bisnis. Merekrut praktisi data perlu diperhatikan secara seksama, karena tugas dan tanggung jawab yang berat mengharuskan ahli dan memiliki pengalaman dalam bidang Data Science.

Namun, adapun pilihan lainnya yaitu kamu bisa memulai belajar Data Science serta melatih ilmunya dengan mengaplikasikan pada bisnis kamu! Kamu bisa memulai pembelajarannya dengan mengikuti kursus online Data Science di DQLab. Sangatlah perlu memiliki strategi, pola pikir dan juga tim yang tepat agar bisnis berjalan dengan sukses, dengan mengimplementasikan ilmu Data Science pada bisnis kamu maka akan mendapatkan cara yang tepat dan juga efisien untuk mengembangkan bisnis kamu serta menjadi lebih unggul!

  • Editor: Nur Shinta Dewi
TAGS
RECOMMENDATION
LATEST ARTICLE

5 Platform Pinjol Terpercaya

Perlu pemahaman lebih mengenai pinjol-pinjol terpercaya yang telah terdaftar oleh badan hukum, berikut beberapa pinjol yang terpercaya :

Jumat, 12 November 2021 | 08:45 WIB