LogoDIGINATION LOGO

Belajar Data Science Kompetensi Penting dalam Kegiatan Bisnis

author Oleh DQLab Rabu, 13 Oktober 2021 | 17:30 WIB
Share
Share

Data menjadi hal terpenting dalam bisnis, karena dari data pebisnis mendapatkan wawasan yang mungkin manusia sendiri tidak dapat menjawab permasalahan tersebut. Jika data diolah dengan benar oleh Data Scientist, maka data tersebut menghasilkan informasi trend yang ada di market, memprediksi bisnis dimasa depan, membantu menjawab kebutuhan pelanggan, dan lainnya.

Data Science kini sudah menjadi ‘tulang punggung’ bagi bisnis di setiap industri mulai dari kesehatan, perbankan, logistik, hingga entertainment sekalipun. Kehebatan yang dimiliki Data Science sendiri tidak perlu diragukan, ditambah dengan keberadaan internet maka memungkinkan akan semakin bertambahnya kecanggihan inovasi yang muncul.

Namun, apakah penting untuk belajar Data Science meskipun tidak align dengan bisnis yang dijalankan? Jawabannya adalah sangatlah penting. Untuk menjawab dari pertanyaan tersebut lebih lengkap, yuk langsung saja kita simak artikel DQLab kali ini.

  1. Apa itu Data Science?

Sederhananya Data Science dapat didefinisikan sebagai bidang studi interdisipliner yang menggunakan data untuk mengetahui jawaban atas tujuan penelitian dan melaporkan wawasan dan makna dari data tersebut.

Data Science terdiri dari ilmu Matematika, Statistik, Komputer sains yang dimana ilmu tersebut menjadi fundamental bersifat wajib supaya pengerjaannya lebih teratur dan bermanfaat.

Selain itu Data Science juga dapat dipahami sebagai kombinasi algoritma, tools dan juga prinsip Machine Learning yang dirancang untuk mengungkapkan pola rahasia secara tersembunyi dari data mentah yang dimiliki.

Mengingat setiap harinya volume data bertambah, memungkinkan banyak pebisnis membutuhkan praktisi data seperti Data Analyst, Data Scientist, atau Data Engineer dalam perusahaan.

Baca juga : Belajar Data Science Secara Otodidak? Berikut langkah-langkahnya!

  1. Cara Kerja Data Science

Data Science melibatkan banyaknya jumlah data sehingga membutuhkan praktisi data mulai dari merekayasa data hingga melakukan visualisasi data agar secara efektif mengetahui informasi serta komunikasi merupakan hal terpenting bagi pebisnis karena melalui komunikasi pada data tersebut membantu dalam mendorong inovasi. Mendapatkan wawasan data tidaklah mudah, adapun beberapa proses cara kerja Data Science.

  1. Mengumpulkan data
  2. Mengolah dan menganalisis data
  3. Melakukan data cleaning, bertujuan untuk mengetahui data mana yang berguna dan data yang tidak dapat digunakan.
  4. Memperdalam analisis dengan melakukan pemodelan dan algoritma
  5. Visualisasi data serta melaporkan hasil temuan data, bertujuan agar orang awam dapat memahami data dalam decision making.

 

  1. Manfaat dari Data Science

Setelah kamu mengenal Data Science itu apa, maka kamu juga perlu tahu manfaat dari Data Science. Agar dalam mengimplementasikan ilmu Data Science sangat signifikan perubahannya yang terjadi dalam bisnismu. Adapun beberapa dari banyaknya manfaat Data Science, seperti:

  • Dengan Data Science membantu menganalisis pelanggan, seperti menganalisis perilaku konsumen berdasarkan riwayat yang nantinya kamu bisa menawarkan produk/ layananmu.
  • Data Science membantu inovasi produk lebih ungguh, dengan bantuan data dan praktisi data dalam menganalisis dapat menghasilkan wawasan sebagai bentuk strategi berkompetisi
  • Data Science ‘enrich’ pelanggan, karena dengan Machine Learning kebutuhan dan keinginan pelanggan akan terpenuhi
  1. Bagaimana Data Science Bisa Membantu Bisnis?

Premis utama dari Data Science sendiri adalah untuk menemukan serta mengungkapkan kemampuan dari data mentah menjadi sebuah informasi yang berharga. Data tersebut nantinya akan digunakan atau diperlukan untuk inovasi serta solusi di berbagai industri bisnis saat ini.

Selain itu, dengan adanya Real-Time Data dari sub pembelajaran Data Science bisa meningkatkan produktivitas dan efisiensi pekerja dalam menemukan wawasan pelanggan yang baru secara cepat.

Hal ini juga membantu mengetahui seperti apa campaign dan iklan yang dilakukan pebisnis kepada pelanggan, misalnya seperti melakukan survey online atau free trial pada produk/ layanan.

Baca juga : Mulai Belajar Data Science GRATIS bersama DQLab selama 1 Bulan Sekarang!

  1. Data Science Menjadi ‘Kunci’ Menghadapi Revolusi Industri 4.0

Sangatlah penting untuk memahami langkah-langkah yang sistematis jika kamu ingin mengimplementasikan Data Science dalam bisnismu. Hampir seluruh pebisnis baik nasional maupun internasional sudah mengaplikasikan Data Science, selain memberikan manfaat yang banyak dan juga adanya peningkatan pelanggan hingga menjadi customer loyal pada produk/ layanan mereka.

Jika kamu ingin mengimplementasikan Data Science dalam industri kamu bisa ikut kursus online di DQLab, dengan semakin banyak ilmu Data Science yang bisa kamu aplikasikan maka peluang menjadi unggul dari kompetitor akan semakin besar!

  • Editor: Nur Shinta Dewi
TAGS
LATEST ARTICLE