LogoDIGINATION LOGO

Kenali Big Data Analytics untuk UMKM di Era Digital!

author Oleh DQLab Rabu, 29 September 2021 | 17:07 WIB
Share
Share

Big Data kini sudah menjadi salah satu aset perusahaan, karena Big Data sendiri dapat mengubah dunia dengan mengumpulkan fakta dan data angka. Semua data tersebut bisa berasal dari platform media sosial, ponsel, komputer, ketika semua data digabungkan nantinya akan memberikan peluang bisnis untuk memahami konsumen jauh lebih baik daripada sebelumnya.

Dengan semakin spesifik analisis keinginan atau kebutuhan akan semakin dalam wawasan yang terkumpul sambil mengubah strategi penjualan dan pemasaran. Sebelum mengenal Big Data, perusahaan alih-alih akan melakukannya secara tradisional yaitu hanya berdasarkan pada kelompok kecil untuk memperkirakan aktivitas (campiagn) seperti apa dibuat. Dengan Big Data kini dapat membantu bisnis memecahkan hampir setiap masalah dengan solusi yang bekerja berdasarkan penelitian.

Pada artikel DQLab kali ini, akan membahas lebih dalam tentang Big Data dan bagaimana jika ilmu dalam bidang Data Science tersebut diterapkan untuk UMKM di era digital ini, penasaran seperti apa pembahasannya? Yuk, langsung saja simak artikel berikut ini.

1. Apa itu Big Data?

Big Data menjadi kalimat ‘buzzword’ atau kalimat jargon yang sering disinggung di kalangan praktisi data. Big Data sendiri mengacu pada volume data yang sangat besar, hal ini kemampuan pemrosesan datanya pun membutuhkan teknik karena Big Data sendiri dikenal dengan ukuran, kompleksitas dan juga set independennya. Informasi yang diproses dengan demikian diekstraksi membantu pada sebuah perusahaan dalam membuat keputusan bisnis dan juga strategi pemasaran.

Dengan demikian, membutuhkan seseorang yang handal dalam bidangnya dan juga mempunyai keterampilan dalam mengolah, menganalisis hingga mengkomunikasi data menjadi wawasan yang berguna. Data Analytics menjadi sebuah proses Big Data untuk membantu perusahaan atau instansi dalam mengekstrak informasi yang berguna saat mengambil keputusan.

Baca juga : Kenali Perbedaan Data Scientist, Data Analyst dan Data Engineer

2. Role Big Data Analytics untuk UMKM

Kini, dunia hampir seluruhnya dalam menjalankan kegiatan sudah didorong oleh data. Big Data menjadi salah satu aset terpenting dan berharga, karena keunggulannya dapat berhasil membantu memecahkan masalah atau pertanyaan hingga membantu pertumbuhan bisnis. Dengan ini, dibutuhkannya keberhasilan penerapan Data Analytics dalam proses bisnis.

Big Data Analytics sendiri memungkinkan perusahaan mengakses dan menganalisa data lebih cepat dan tepat, karena hal ini memungkinkan membuat keputusan strategis yang berkaitan dengan anggaran, advertising/ iklan, penjualan, diskon harga, dan terutama pada kegiatan pemasaran/ marketing. Sehingga, secara otomatis dalam proses analitik ini bisa meminimalkan biaya, mengurangi penundaan, meningkatkan keuntungan hingga membantu prediksi di masa depan.

3. Hubungan Big Data Analytics dengan Transformasi Digital

Transformasi digital kini telah membantu perusahaan menerima perubahan dan tentunya untuk menjadi terdepan dengan jiwa kompetitif di era digital ini. Nilai Big Data dalam transformasi digital ini berasal dari kemampuan perusahaan atau instansi untuk menggabungkan keduanya dalam upaya mereka untuk memungkinkan digitalisasi dan otomatisasi yang bisa meningkatkan efisien, inovasi dan juga pembaharuan model bisnis.

Big Data Analytics mendapatkan informasi terperinci tentang kelompok pelanggan tertentu seperti apa yang mereka lakukan saat berada di situs web, apa yang mereka beli, seberapa sering mereka membeli produk tersebut, dan apakah mereka akan membeli produk di masa yang akan datang.

Dengan menggunakan informasi tersebut, perusahaan atau instansi dapat memenuhi kebutuhan masa depan pelanggan dan juga membantu meningkatkan performa bisnis karena sudah mengimplementasikan Big Data dan Data Analytics dalam bisnisnya.

4. Manfaat Mengimplementasi Big Data Analytics

Perlunya memperhatikan data yang ingin analisis tingkat lanjut, karena data tersebut untuk menjadi wawasan yang bermanfaat harus dimasukan kedalam sistem yang dapat dipercaya. Serupa dengan dalam mengumpulkan data, mengimplementasikan Big Data Analytics dalam bisnis akan menciptakan potensi hasil yang nyata adapun beberapa manfaat yang akan kamu dapatkan jika mengimplementasikan ilmu tersebut, yaitu:

  • Prediksi & optimalisasikan bisnis
  • Mengetahui informasi konsumen lebih dalam
  • Insight yang baik akan mendapatkan strategi yang baik dan tepat
  • Meningkatkan atau mengubah pengalaman pelanggan
  • Meningkatkan produktivitas pada alur kerja
  • Dapat mempertahankan pelanggan
  • Mengurangi biaya dan meminimalisir kerugian

Baca juga : Data Analyst vs Data Scientist, Yuk Kenali Perbedaannya

5. Siap untuk Berkompetisi dengan Menerapkan Data Science di Revolusi Industri 4.0!

Keberadaan Big Data Analytics sangatlah jelas dan membantu pengambilan keputusan yang strategis. Banyaknya Big Data yang dimiliki kini saatnya kamu memanfaatkannya tanpa batas terutama dalam memperluas lanskap bisnis kamu mulai dari membantu mengidentifikasi kebutuhan bisnis yang tepat baik internal maupun eksternal.

Latar belakang pendidikan bukan menjadi suatu masalah untuk kamu yang ingin menjadi terdepan, selangkah lebih maju dan siap berkompetisi dengan menerapkan ilmu Data Science lainnya untuk memajukan UMKM di Indonesia, jika kamu ingin mempelajarinya kamu bisa bergabung bersama DQLab. Belajar dengan tekun dan pantang menyerah pastinya kamu bisa menghadapinya, selamat mencoba!

 

  • Editor: Nur Shinta Dewi
TAGS
RECOMMENDATION
LATEST ARTICLE