LogoDIGINATION LOGO

5 Platform e-Commerce untuk Ekspor Brand Lokal

author Oleh Nur Shinta Dewi Kamis, 23 September 2021 | 15:18 WIB
Share
Share

Siapa yang produknya tidak mau tembus pasar international? Tentu saja terjun ke pasar global adalah impian seluruh pemilik brand lokal. Saat ini untuk menjual barang ke luar negeri pun semakin mudah, tidak harus langsung dengan volume besar. Kamu bisa menjual produk secara ritel. 

Untuk mencapai pasar global, beberapa penyedia layanan e-commerce bisa menjadi gerbang pemasaran produk-produk usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) Indonesia. Beberapa e-commerce memudahkan pemilik produk terhubung ke pembeli dari negara lain. 

Cita-cita kamu para pemilik brand lokal untuk go international bakal mudah terwujud. Berikut beberapa platform e-commerce yang bisa membawa produkmu ke pasar global. Simak yuk!

1. Bukalapak

Pertama dari Bukalapak. Fitur terbaru BukaGlobal dari Bukalapak memungkinkan pembeli dari luar Indonesia untuk belanja di Bukalapak. Bekerjasama dengan Janio, fitur BukaGlobal tersedia untuk jasa pengiriman ke negara-negara Asean seperti Malaysia, Singapura, Brunei Darussalam, Hong Kong, dan Taiwan.

Pembayaran transaksi Bukaglobal menggunakan kurs rupiah. Jasa pengiriman BukaGlobal hanya berlaku satu arah dari Indonesia ke luar negeri (ekspor). Pengiriman dari luar ke dalam negeri (impor) belum didukung oleh jasa pengiriman ini.

Baca juga : Bukalapak Gandeng Vesta, Pastikan Transaksi Aman dan Terjamin

2. Shopee

Shopee e-Commerce ternama di Indonesia juga menyediakan layanan Program Ekspor Shopee. Program Ekspor ini memungkinkan seller untuk menjual produk ke Pembeli di luar negeri dan memperluas bisnis dengan cara yang mudah tanpa dikenakan biaya apa pun. Untuk sementara, Ekspor Shopee hanya akan dipasarkan di Singapura, Malaysia, Filipina, Thailand, Vietnam, dan Brazil.

Untuk mendukung pelatihan secara offline, Shopee juga membuka Kampus UMKM Shopee Ekspor untuk menyediakan fasilitas bagi para pelaku UMKM dalam mengembangkan bisnisnya dengan memulai berjualan online. Saat ini terdapat 2 lokasi Kampus UMKM Shopee Ekspor yaitu di Solo dan Bandung.

3. Madeinindonesia.com (MIND)

Madeinindonesia.com (MIND) dirancang untuk menjadi solusi 'Satu Pintu' untuk Perdagangan Digital Indonesia. Mind memberdayakan perusahaan Indonesia dalam Ekspor Digital B2B sambil menyederhanakan sumber dan pengadaan Internasional dari dan di dalam Indonesia.

Untuk memperkuat layanan logistik dan pergudangan secara menyeluruh, MIND menggandeng perusahaan rintisan logistik Shipper Indonesia. Shipper akan membantu perusahaan untuk menyediakan layanan fulfillment untuk menyediakan layanan jasa digital end to end untuk melakukan ekspor dari Indonesia.

4. Alibaba

Alibaba, salah satu raksasa e-commerce dari China sudah lama menyiapkan strategi menembus pasar ekspor. Produk lokal Indonesia juga sudah banyak yang terjun dalam perusahaan e-commerce milik Jack Ma ini.

Bagi seller yang ingin memulai sebagai pelanggan gratis, kamu cukup mendaftarkan diri ke Alibaba.com dan membuat profil perusahaan. Setelah itu kamu dapat langsung mengunggah foto-foto dan keterangan produk yang akan dijual. Alibaba.com juga menyediakan fitur premium yang dapat dinikmati jika kamu mendaftar sebagai gold supplier (pelanggan premium).

Baca juga : Machine learning Alibaba Cetak Posisi Pertama, Ungguli Kinerja Manusia dalam Memahami Visual

5. Amazon

Kamu pasti juga sudah tidak asing dengan e-Commerce raksasa selanjutnya yaitu Amazon. Selain Alibaba, Amazon juga terkenal sebagai pasar ekspor untuk brand lokal Indonesia. Untuk menjual produk di Amazon, terdapat 2 pilihan yang bisa kamu pilih, antara "Individual Sellers" atau "Professional Sellers."

Individual sellers biasanya bebas dari biaya penjualan (biaya pasang iklan), namun pihak Amazon tetap akan mengambil komisi dari setiap barang yang terjual. Sedangkan profesional sellers biasanya digunakan oleh orang-orang yang sudah memiliki toko sendiri dan memiliki banyak tim.

Itu dia 5 platform e-Commerce yang mendukung ekspor produkmu untuk go global. Tapi ingat ya tidak semua produkmu bisa tembus ke pasar global. Contohnya makanan dan minuman berfermentasi, makanan dan minuman tanpa bahan pengawet, dan beberapa produk yang harus kamu baca teliti di setiap ketentuan yang ada pada masing-masing e-commerce.

Mau tahu tips ekspor dan potensi pasarnya? Yuk set kalender kamu untuk mendengar perbincangan para pakar di Digital DNA x BNI, yang disiarkan Jumat 24 September 2021, hanya di akun YouTube Digination.id. Yuk mulai pasarkan produkmu! Go ekspor, Go Global Market!

  • Editor: Tri Wahono
TAGS
RECOMMENDATION
LATEST ARTICLE

Tips Hemat Naik Pesawat

berikut tips agar bisa lebih hemat naik pesawat domestik di Indonesia!

Selasa, 9 April 2024 | 11:39 WIB