LogoDIGINATION LOGO

7 SEO Tools Terbaik dan Terakurat Untuk Digital Marketing

author Oleh Nur Shinta Dewi Jumat, 26 Maret 2021 | 07:15 WIB
Share
Share

Dalam pemasaran digital, peran SEO sangatlah penting. SEO adalah singkatan dari search engine optimization atau pengoptimalan mesin telusur. Pemilik brand perlu menggunakan SEO tools untuk membuat brand tersebut berada di pencarian teratas pada search google.

SEO tools adalah plugin atau alat yang mampu mencari keyword yang tepat sesuai brand dan target audience yang diinginkan. Dengan alat ini, kamu dapat melihat apa yang berhasil dan bagian mana dari strategi yang dapat memanfaatkan keyword.

Walau secara logika kamu bisa saja menebak-nebak keyword yang tepat untuk konten, tapi tools SEO bisa saja mengarahkan keyword yang berbeda bahkan lebih tepat. SEO tools penyelamat dari penelitian keyword dan analisis data manual.

SEO tools terbaik juga memberikan laporan tentang bagaimana mengukur pesaing dan di mana letak peluang terbesar. Terlebih lagi, mereka memungkinkan kamu untuk mengukur kinerja pencaharian negara, wilayah, atau bahasa.

Nah berikut SEO tools terbaik dan terakurat yang dapat kamu manfaatkan :

1. Google search console

Pertama, google search console. Tools SEO terpopuler ini ditawarkan secara gratis untuk semua orang yang memiliki situs web. Sebagai alat pemeriksa SEO, search console dapat membantumu memahami bagaimana google dan penggunanya melihat situs web kamu dan memungkinkan kamu untuk mengoptimalkan kinerja yang lebih baik dalam hasil pencarian google. Untuk menggunakan google search console kamu hanya perlu memverifikasi situs web kamu dengan menambahkan kode ke situs web kamu atau melalui google analytics dan kamu dapat mengirimkan link situs kamu untuk diindeks. 

2. Google trends

 

Selanjutnya google trends, tidak hanya memberi kamu informasi tentang keyword tetapi juga menawarkan wawasan yang bagus tentang tren seputar topik, yang dapat sangat berharga di setiap tahap pertumbuhan bisnis. Telusuri keyword di negara manapun dan dapatkan informasi di sekitarnya seperti kueri teratas, kueri naik daun, minat seiring waktu, dan lokasi geografis bergantung pada minat.

3. Ahrefs

Ahrefs adalah salah satu alat SEO online yang paling direkomendasikan. Alat ini mampu memberi informasi bagian mana dari situs web kamu yang perlu ditingkatkan agar peringkatnya lebih baik di mesin pencari. Kamu juga dapat menggunakan alat SEO ini untuk menemukan konten yang paling banyak ditautkan ke dalam target pasar mu, memeriksa dan memperbaiki tautan yang rusak di situs web kamu, dan mendapatkan gambaran umum tentang halaman berkinerja terbaik kamu.

Tapi sayang untuk brand yang baru merintis mungkin ahrefs bukan pilihan yang tepat. Platform analisis SEO dan web ini mematok harga yang cukup tinggi. Untuk fitur termurah saja, kamu perlu merogoh $99 atau sekitar rp1,5 juta per bulan. Untuk fitur termahal, tinggal kalikan sepuluh atau hampir Rp15 juta/ bulan. Tapi bagi kamu yang memberi pelayanan powerfull kepada perusahaan, tools SEO ahrefs bisa kamu ajukan.

4. Semrush

Alat SEO pemasaran seperti semrush cenderung menjadi favorit penggemar di komunitas SEO. Para ahli senang bahwa mereka memungkinkan kamu dengan mudah menilai peringkat kamu serta mengidentifikasi perubahan dan peluang peringkat baru. Salah satu fitur paling populer dari alat SEO ini adalah analisis domain vs domain, yang memungkinkan kamu membandingkan situs web kamu dengan pesaing dengan mudah.

Jika kamu mencari laporan analitik untuk membantu kamu lebih memahami data pencarian situs web kamu, lalu lintas, atau bahkan pesaing, kamu akan dapat membandingkan keyword dan domain. Alat pemeriksa SEO on-page memungkinkan kamu memantau peringkat dengan mudah dan menemukan beberapa rekomendasi tentang cara meningkatkan kinerja situs web kamu.

Baca juga : Tips Mengembangkan Bisnis Fintech dan Unggul di Halaman Pencarian Versi Google

 

5. MOZ pro

Perangkat lunak SEO MOZ pro terus bermunculan sebagai salah satu SEO tools terbaik yang benar-benar digunakan para ahli. Beberapa pakar mengungkap tentang bagaimana MOZ selalu mutakhir meskipun algoritma reguler google berubah. Kamu bisa mendapatkan wawasan yang bagus tentang kinerja situs web kamu, tetapi juga cara meningkatkannya. MOZ juga memiliki tools gratis MozBar yang dapat kamu unduh untuk melihat metrik situs web kamu saat menjelajahi halaman mana pun.

6. Ubersuggest

Ubersuggest , yang dikembangkan oleh neil patel, adalah alat pencari yang membantu kamu mengidentifikasi keyword dan juga maksud pencarian di belakangnya dengan menampilkan serp peringkat teratas dari frasa pendek hingga panjang, kamu dapat menemukan istilah yang tepat untuk digunakan di situs web kamu dengan ratusan saran dari alat keyword hebat gratis ini. Metrik ubersuggest adalah volume keyword, persaingan, dan tren musiman. Tools ini dapat membantu kamu menentukan apakah Keyword layak untuk ditargetkan dan seberapa kompetitif keyword tersebut.

Baca juga : Persaingan Aplikasi, Ini Dia Alternatif App Store yang Perlu Kamu Ketahui

 

7. Keywordtool.io

Kalau kamu mengincar long tail keyword untuk SEO, keywordtool.io merupakan pilihan yang sangat tepat. Platform ini menyediakan cara untuk mencari rekomendasi keyword yang cukup panjang. Sudah jadi rahasia umum kalau untuk menaikkan trafik dari SEO, kamu perlu menargetkan long tail keyword.

Keyword macam ini punya tingkat persaingan yang lebih rendah dan memungkinkan kamu mendapatkan ranking tinggi di mesin pencarian. Baiknya lagi, keyword tool tak hanya menyediakan platform pencarian keyword untuk di google saja. Ia bahkan memiliki opsi riset keyword untuk tujuh medium lainnya. Mulai dari youtube, blog, amazon, ebay, playstore, instagram dan twitter. Sayangnya, untuk melihat data secara lengkap, kamu tetap perlu berlangganan keyword tool pro. Akan tetapi, kalau kebutuhan kamu masih dirasa sederhana, fitur gratis yang ditawarkan saja sudah lebih dari cukup.

 

Itulah 7 tools SEO yang bisa kamu gunakan. Jadi kamu tim yang mana? Tim berbayar atau gratis? Apapun pilihannya, masih bisa mengejar pesaing mu kok. Jangan lupa perbanyak konten ya DigiFriends!

 

  • Editor: Deriz Syarief
TAGS
RECOMMENDATION
LATEST ARTICLE

Bisa Bayar Pakai Kripto di PayPal

Paypal menargetkan layanan ini akan tersedia di 29 juta pedagang PayPal pada beberapa bulan mendatang.

Kamis, 15 April 2021 | 07:56 WIB