LogoDIGINATION LOGO

Enpact Rilis Laporan Tren Ekosistem Startup Paling Berkembang di Asia

author Oleh Nur Shinta Dewi Rabu, 14 April 2021 | 16:47 WIB
Share
Share

 

Enpact, organisasi yang fokus pada pemberdayaan wirausahawan, meluncurkan empower magazine yang berisi research-based review tentang index keramahan startup atau startup friendliness index (SFI) di kota-kota di Asia.

Empower mengulas tingkat SFI di berbagai kota di dunia dan diproduksi oleh enpact bekerjasama dengan Departemen Senat Berlin dan agensi komunikasi global Redhill Communications.

Laporan tersebut menyoroti tren inovasi, serta melacak dan menilai tren ekosistem startup Asia. Kali ini Singapura, Jakarta, dan Bengaluru (India) dipilih sebagai fokus utama pada edisi pertama ini karena statusnya sebagai salah satu pusat inovasi yang paling berkembang di kawasan Asia.

Selain analisis mendalam tentang ekosistem startup, empower juga menyajikan insight menarik dari para pemimpin startup di Singapura, Jakarta, dan Bengaluru dalam berbagai topik seperti membangun bisnis regional, kecerdasan buatan, pemberdayaan bisnis UMKM, teknologi di sektor logistik, serta keterlibatan perusahaan dan startup. Laporan juga meliputi rekomendasi bagi setiap kota yang dibagi secara mendalam dalam enam domain. Berikut hasil datanya :

Singapura

Sebagai pusat startup dan inovasi di Asia yang diakui secara global, Singapura memperoleh skor SFI sebesar 69,09 dan secara konsisten menempati peringkat tinggi pada berbagai domain dalam SFI, bahkan beberapa diantaranya mendapatkan skor sempurna seperti tingkat kualitas peraturan pemerintah, serta pengendalian korupsi dan penyuapan.

Namun, ulasan dalam empower juga mencatat tingginya biaya hidup di Singapura, tingkat kompetisi tenaga kerja yang sangat ketat, serta sulitnya akses untuk memperoleh sumber pendanaan tahap awal menjadi tantangan terbesar startup di Singapura.

Baca juga : Lima Tren yang Harus Dijawab Perusahaan dalam Mempercepat dan Menguasai Perubahan

Indonesia

Indonesia, sebagai negara terpadat keempat di dunia dan memiliki pertumbuhan ekonomi terbesar ke-10, merupakan pusat startup yang paling berkembang pesat di Asia.

Jakarta dilaporkan memiliki skor SFI 43,23, disokong oleh kekuatan utama pada infrastruktur teknologi yang maju, pasar yang besar dan murah, dan sumber daya manusia yang berkualitas. Lima startup unicorn yang ada di Indonesia semuanya berbasis di Jakarta. Sektor Fintech, khususnya, telah berkembang sebanyak 83 persen selama periode September 2019 hingga Agustus 2020.

Tantangan ekosistem startup di Jakarta diantaranya tingkat polusi yang tinggi, peningkatan biaya hidup dan kepadatan penduduk yang signifikan, serta adanya kebijakan pembatasan kuota yang diberlakukan secara nasional.

Bengaluru - India

Masuknya perusahaan manufaktur publik yang besar di India, mengawali evolusi Bengaluru menjadi salah satu pusat teknologi dan inovasi terdepan di negara tersebut. Bengaluru menjadi lokasi yang menarik bagi startup karena kemudahannya dalam merekrut tenaga kerja berkualitas, berfokus pada pelatihan internal, penetrasi teknologi informasi dan komputer yang kuat, dan budaya kewirausahaan yang diterima secara luas, dengan skor akhir SFI 48,45.

Namun, Bengaluru mengalami kendala karena adanya bias dari para investor terhadap perusahaan B2b dan mengadopsi ide-ide yang lebih “aman”, serta tingkat aktivitas perdagangan yang rendah di India.

Baca juga : AppsFlyer: Marketing Aplikasi Mobile Berpotensi Rebound pada Ramadan 2021

Metode pengukuran SFI terbagi menjadi enam domain vital yang mendorong kewirausahaan, yaitu sumber daya manusia, kemampuan finansial, infrastruktur, startup scene, kondisi pasar, dan keadaan ekonomi makro; yang kemudian dibagi lagi dalam 17 sub domain.

Kota dengan performa terbaik di setiap kategori akan diberikan score tertinggi 100 meliputi faktor-faktor yang paling bermanfaat bagi lingkungan startup. Lebih dari  60 kota di Amerika Latin, Timur Tengah, Amerika Utara, Asia, dan Afrika telah dikategorikan dibawah metrik SFI.

Data lainnya, dapat mengunduh empower edisi pertama pada link berikut ini https://enpact.org/blog/publications/empower-issue-1.

  • Editor: Nur Shinta Dewi
TAGS
RECOMMENDATION
LATEST ARTICLE

Bisa Bayar Pakai Kripto di PayPal

Paypal menargetkan layanan ini akan tersedia di 29 juta pedagang PayPal pada beberapa bulan mendatang.

Kamis, 15 April 2021 | 07:56 WIB