LogoDIGINATION LOGO

7 Buku Yang Wajib Kamu Baca Untuk Meningkatkan Marketing Brand Mu

author Oleh Nur Shinta Dewi Selasa, 1 September 2020 | 20:55 WIB
Share
Share

COVID-19 memang membuat banyak pelaku usaha banting tulang mempertahankan usahanya. Jika kamu salah satu pemilik usaha, pasti kamu juga sedang mengalami hal yang sama.

Tidak hanya dari arus kas, pemilik usaha juga harus memikirkan bagaimana mereka bisa mempertahankan karyawannya dan terus bertransformasi agar terhindar dari jurang kebangkrutan.

Agar tidak terlalu stress memikirkan perusahaan yang yang sedang diguncang badai pandemi, lebih baik refreshingkan otak mu dengan membaca buku mengenai dunia marketing.

Salah satu strategi yang tidak boleh ditinggalkan bahkan harus ditingkatkan adalah proses pemasaran. Oleh karena itu, setiap pengusaha harus terus belajar dan membaca ulang buku-buku mengenai pemasaran, tak terkecuali di masa pandemi ini.

Berikut 7 buku yang wajib kamu baca untuk meningkatkan pengetahuan marketingmu:

Little Red Book of Selling
Walau kamu telah menekuni bisnis mu bertahun-tahun lamanya, tidak ada salahnya kan untuk memulai belajar seperti awal merintis.

Saat ini banyak pelaku usaha yang menghadapi berbagai kendala selama COVID-19 karena melupakan teknik dasar dalam mempersuasif orang dengan cara yang baik dan benar, seperti “mengapa orang tertarik untuk membeli produk yang kamu jual?”

Di dalam buku Little Red Book of Selling yang ditulis oleh Jeffrey Gitomer, kamu akan belajar mengenai teknik persuasif dan penjualan yang setidaknya harus dimiliki oleh setiap pebisnis.

Selain itu, di setiap bab kamu juga akan disambut dengan daftar isi yang berisikan hal-hal apa saja yang akan dibahas di bab tersebut sekaligus kutipan motivasi yang dijamin akan memberikanmu inspirasi dan semakin bersemangat dalam menjalankan bisnis di masa pandemi.

Penulis: Jeffrey Gitomer
Penerbit: Bard Press
Jumlah Halaman: 220 Halaman

No B.S. Guide to Direct Response Social Media Marketing
Dimasa transformasi digital ini, social media menjadi tempat utama pemasaran berbagai brand. Tapi jerih payah mu juga akan percuma kalau kamu salah strategi dalam memasarkan brand kamu di sosial media.

S. Kennedy dan ahli strategi pemasaran Kim Walsh Phillips, mengatakan “Jika Anda tidak berfokus pada mengubah lalu lintas media sosial menjadi penjualan, Anda mungkin juga membakar uang Anda.”

Kennedy dan Walsh Phillips mengajari kita strategi langsung untuk mendapatkan pelanggan dan meningkatkan penjualan yang harus kamu terapkan dengan setiap pemasaran media sosial.

Selain itu di dalam buku ini juga terdapat taktik pemasaran Google, rahasia manfaat dari media sosial dan offline, 6 prinsip tanggapan langsung yang harus diterapkan pada pemasaran media sosial dan lain-lain.

Penulis: S. Kennedy dan Kim Walsh Phillips
Penerbit: Entrepreneur Press
Jumlah Halaman: 262 Halaman

Blue Ocean Strategy
Nah buku yang satu ini sering sekali menjadi rekomendasi para business leader seperti Jim Anderson, CEO SocialFlow. Buku Blue Ocean Strategy adalah strategi yang menekankan perusahaan untuk tidak memenangkan persaingan dengan cara melakukan strategi head to head dengan pesaing.

Buku ini mengajarkan kamu bagaimana caranya membuat strategi marketing yang benar-benar baru tanpa harus mengadopsi kemudian memodifikasi strategi orang lain. Kamu juga akan diasah kreativitas dan kecerdasan dalam melihat pasar.

Penulis: W. Chan Kim, Renée A. Mauborgne
Penerbit: Harvard Business Review Press
Jumlah Halaman : 376 Halaman

Purple Cow : Transform Your Business by Being Remarkable
Selain blue ocean strategy, nama Seth Godin sebagai marketer juga sudah cukup terkenal, dan sering menjadi referensi para business leader dalam mengembangkan bisnis mereka.

Buku Purple Cow Godin ini akan mengajarkan kamu tidak hanya membuat strategi marketing yang baik tapi juga membuat sesuatu yang baru dan luar biasa sehingga orang mencarinya.

Konsep Purple cow telah banyak digunakan oleh merk-merk terkenal dunia salah satunya Apple dan Starbucks. Bagi yang penasaran dengan konsep Purple Cow, langsung saja baca bukunya ya.

Penulis : Seth Godin
Penerbit : Portfolio
Jumlah Halaman : 160 Halaman

Ogilvy on Advertising
Ogilvy adalah sebuah agensi terkemuka yang hampir dikenal seluruh dunia. Dengan berbagai pengalaman dan jam terbang yang lama. David Ogilvy membagikan pengalaman berharganya tersebut ke dalam sebuah buku Ogilvy on Advertising.

Ada banyak manfaat dan rahasia dapur seputar kegiatan advertising perusahaan Ogilvy yang diceritakan dalam buku ini.

Mulai dari topik dasar cara mendapatkan pekerjaan dalam periklanan, bagaimana memilih agen untuk produk bisnis, apa saja, dan bagaimana rahasia di balik iklan yang berhasil, serta topik lain yang tentunya berkutat tentang periklanan digital.

Penulis : David Ogilvy
Penerbit : Vintage books
Jumlah Halaman : 224 Halaman

Crushing It!: How Great Entrepreneurs Build Their Business and Influence—and How You Can, Too
Buku terbitan tahun 2018 ini membahas pemasaran media sosial secara mendalam dan cara terbaik menyesuaikan konten kamu agar sesuai dengan setiap platform. Ini juga mencakup banyak kisah sukses individu yang menjadikannya buku referensi yang bagus untuk berbagai industri.

Penulis : Gary Vaynerchuk
Penerbit : HarperCollins
Jumlah Halaman : 288 Halaman

SEO for Growth
Selain memahami pemasaran melalui media sosial, salah satu yang terpenting dalam pemasaran adalah mengoptimasi beberapa keyword untuk meningkatkan traffic ke website kamu. Nah, jika kamu belum memahami bagaimana algoritma Google bekerja, maka kamu harus mempelajarinya atau akan strategi online mu akan berantakan.

John Jantsch & Phil Singleton menjabarkan cara kerja Google dan bagaimana mengoptimasi web mu agar banjir traffic. Buku ini juga dilengkapi dengan berbagai tips dan trik yang bisa langsung kamu implementasikan dalam websitemu.

Penulis : John Jantsch  & Phil Singleton
Penerbit : Duct Tape Press
Jumlah Halaman : 238 Halaman

Itulah 7 buku yang wajib kamu baca, selain untuk menghilangkan penat di masa pandemi, membaca buku juga meningkatkan wawasan pemasaran mu agar dapat diterapkan ke seluruh jajaran perusahaan serta bersama melakukan perubahaan.

  • Editor: Rommy Rustami
TAGS
RECOMMENDATION

Sst, Ini Lho, Rahasia Marketing Apple!

Marketing adalah kunci kesuksesan Apple hingga menjadi salah satu perusahaan teknologi komunikasi yang paling sukses saat ini. Lalu apa strategi yang digunakan? Simak artikel berikut ini.

Kamis, 20 September 2018 | 16:30 WIB

Pelajaran Marketing dari Telur Paling Populer di Dunia

Baru-baru ini foto sebuah telur menghebohkan jagat Instagram. Bagaimana tidak? Foto sederhana dengan caption singkat tersebut berhasil memecahkan rekor dunia, yakni meraup jumlah likes terbanyak.

Senin, 21 Januari 2019 | 16:15 WIB
LATEST ARTICLE