
3 Peluang Pengembangan Bisnis Aplikasi Game Mobile
Industri aplikasi game mobile ternyata memiliki beragam peluang. Kali ini ada 3 peluang yang ini kai highlight
Selasa, 10 Maret 2020 | 08:46 WIB
Lebih dari 204 miliar aplikasi telah diunduh di seluruh dunia pada tahun 2019 dan jumlah unduhan aplikasi seluler diperkirakan akan meningkat hingga lebih dari 285 miliar pada tahun 2022. Karena persaingan di App Store dan Google Play Store semakin ketat, diperlukan cara-cara lain untuk melakukan penargetan audience dengan harga yang sesuai.
Menurut Roy Wijaya, Business Development Manager AVOW Perusahaan global pertumbuhan aplikasi untuk kawasan Southeast Asia, app store alternatif yang dibuat oleh Original Equipment Manufacturer atau produsen peralatan asli (OEM), memberi peluang kepada pemasar untuk membantu menargetkan audience yang belum dapat dijangkau.
Upaya untuk menyiapkan beberapa app store alternatif memang lebih rumit daripada menggunakan App Store dan Google Play Store, tetapi manfaat yang diperoleh melampaui upaya yang perlu dilakukan di awal.
OEM dapat digunakan untuk mencapai target pertumbuhan dengan menjangkau pemasar baru. App store alternatif juga memberikan publikasi dan meningkatkan akuisisi pengguna dengan CPI (biaya-per-instalasi) yang lebih rendah.
Selain itu, OEM bebas dari penipuan karena tidak ada batasan antara OEM dan pemilik anggaran - OEM juga akan mengatur penempatan iklan agar terlindungi dari penipuan. Jika pengguna loyal pada suatu OEM, asosiasi dengan brand yang dapat dipercaya juga akan saling menguntungkan.
Berikut lima app store alternatif untuk pemasaran aplikasi;
Huawei AppGallery
Huawei adalah produsen smartphone terbesar ketiga dengan pangsa pasar sebesar 14,7%. Selain itu, Huawei AppGallery melayani lebih dari 500 juta pengguna seluler di seluruh dunia dan 350 juta pengguna aktif mencari aplikasi favorit mereka melalui platform ini setiap bulannya. Huawei AppGallery berhasil memperoleh 750 juta unduhan setiap hari.
Baca juga : AppsFlyer: Pasar Marketing Aplikasi Indonesia Tumbuh Pesat Pada 2020
Xiaomi GetApps
Jumlah pengguna smartphone Xiaomi mencapai lebih dari 500 juta orang dan tersebar di 220 negara. Sebagai salah satu dari lima perusahaan seluler paling populer di lebih dari 40 negara, platform pemasaran Xiaomi dapat dipertimbangkan sebagai alternatif dari Google Play dan App Store Apple.
Sebagai contoh, Xiaomi India berhasil menarik 120 juta pengguna baru dalam waktu satu tahun. Saat ini, Xiaomi India memiliki 280 juta pengguna yang ditargetkan dengan iklan akuisisi pengguna. Pengguna dapat ditargetkan berdasarkan jenis kelamin, usia, kawasan, zona waktu, bahasa, dan jenis perangkat. Platform ini juga memiliki fitur untuk mengatur frekuensi iklan.
OPPO App Market
Perusahaan elektronik konsumen OPPO beroperasi di lebih dari 40 negara dan menjual produk mereka di 320.000 gerai ritel dan memproduksi 115,1 juta unit di tahun 2019. Color OS OPPO digunakan oleh lebih dari 300 juta MAU (Pengguna Aktif Bulanan) dan OPPO App Market memiliki lebih dari 1,2 miliar MAU.
Platform ini menawarkan beberapa format iklan untuk membuat iklan yang canggih, seperti splash screen ad, icon ad, iklan banner dan push ad. Oppo menyediakan perangkat untuk semua spektrum, dari kelas bawah hingga kelas atas, melalui sub-brand seperti Realme dan OnePlus.
Galaxy Store
Galaxy Store (sebelumnya dikenal sebagai Samsung Apps dan Galaxy Apps) adalah app store default untuk perangkat Samsung, yang dapat digunakan di 125 negara. Galaxy App Store memberikan rekomendasi yang dipersonalisasi berdasarkan preferensi pengguna, musim, dan event. Pengguna dapat mengkustomisasi perangkat mereka melalui tab ‘My Galaxy’ di Store dan mendapatkan penawaran eksklusif untuk melakukan pembelian dalam aplikasi game populer.
Baca juga : AppsFlyer: TikTok Tumbuh Pesat di Asia Tenggara
Vivo App Store
Vivo App Store memiliki lebih dari 74 juta MAU di seluruh dunia dan secara khusus berfokus pada India (pangsa pasar terbesar kedua), Indonesia (pangsa pasar terbesar keempat) dan negara-negara Asia Tenggara. Format iklan untuk app store Vivo antara lain push ads, iklan banner, splash screen ad, dan floating icon ad.
Hingga saat ini Avow telah bermitra dengan berbagai OEM di seluruh dunia agar para klien dapat memperoleh manfaat dari app store alternatif, seperti kemitraan dengan Xiaomi Mi Ads bulan Desember 2020.
Menurut Roy, pemasar dapat memperoleh sumber pendapatan baru dari kemitraan Avow dan dapat menargetkan audience yang belum dapat dijangkau melalui jaringan sosial, fitur pencarian, atau SDK.
Avow enggunakan pendekatan konsultatif sepanjang siklus kampanye yang mencakup cara mendaftarkan aplikasi ke app store alternatif, cara melakukan optimisasi untuk mendapatkan hasil terbaik dan cara melacak kinerja.
“Solusi in-house kami akan mengoptimalkan inventaris secara real-time berdasarkan target KPI dan tingkat pelibatan saat ini. Avow Performance Optimizer akan memaksimalkan capaian kampanye kinerja Anda dengan ROAS yang optimal.” tutup Roy.
Industri aplikasi game mobile ternyata memiliki beragam peluang. Kali ini ada 3 peluang yang ini kai highlight
Selasa, 10 Maret 2020 | 08:46 WIBCek dulu aplikasi-aplikasi ini sebelum liburan ya
Rabu, 28 Oktober 2020 | 07:58 WIBPersaingan aplikasi dikira menjadi penyebab tingginya jumlah uninstall.
Kamis, 4 Februari 2021 | 18:04 WIBBerikut 10 rekomendasi komunitas saham di Telegram yang banyak diikuti trader:
Jumat, 16 April 2021 | 16:58 WIBUntuk menunjang ibadah mu di bulan puasa, berikut 4 aplikasi yang patut kamu download.
Jumat, 16 April 2021 | 05:56 WIBPerkaya pengetahuan mu dalam menggunakan aplikasi WhatsApp, berikut 10 fitur WhatsApp tersembunyi yang harus kamu tau :
Kamis, 15 April 2021 | 07:56 WIBBerikut tahapan bagaimana AI menghasilkan uang :
Kamis, 15 April 2021 | 07:56 WIBPaypal menargetkan layanan ini akan tersedia di 29 juta pedagang PayPal pada beberapa bulan mendatang.
Kamis, 15 April 2021 | 07:56 WIBSelain analisis mendalam tentang ekosistem startup, empower juga menyajikan insight, berikut datanya
Rabu, 14 April 2021 | 16:47 WIBTidak hanya sekedar menonton film, disini kamu bisa mencari film yang dapat membantu kamu menyelesaikan masalah.
Rabu, 14 April 2021 | 15:09 WIBBerikut ini beberapa cara seru menikmati promo cashback hingga 100% di ShopeePay Super Online Deals:
Rabu, 14 April 2021 | 15:05 WIBHidup itu harus balance, selain terhindar dari penyakit, menambah pahala, kamu juga tidak kehilangan moment ngabuburit bareng teman.
Selasa, 13 April 2021 | 16:45 WIBStarbucks muncul sebagai pemimpin dengan menggunakan teknologi, bagaimana tipsnya?
Jumat, 9 April 2021 | 18:27 WIBTechnology Vision mengidentifikasikan lima tren yang harus dijawab oleh perusahaan selama tiga tahun ke depan dalam mempercepat dan menguasai perubahan di semua bagian bisnis:
Kamis, 8 April 2021 | 18:42 WIBtren ini kemungkinan akan pulih dan berbalik pada paruh kedua 2021.
Rabu, 7 April 2021 | 18:06 WIBAgar bisnis semakin laris manis saat Ramadan, berikut 5 tips agar jualan online terus meningkat di bulan Ramadan :
Rabu, 7 April 2021 | 17:54 WIBApakah P2P Lending memiliki return yang lebih cepat dibandingkan investasi berisiko rendah?
Rabu, 31 Maret 2021 | 19:30 WIBSudah mau puasa, masih aja jomblo, coba cari pasangan di aplikasi online dating yuk!
Jumat, 26 Maret 2021 | 07:15 WIB