LogoDIGINATION LOGO

Tips Mengembangkan Bisnis Fintech dan Unggul di Halaman Pencarian Versi Google

author Oleh Nur Shinta Dewi Senin, 22 Maret 2021 | 22:19 WIB
Share
Share

Google baru-baru ini mengeluarkan laporan bertajuk “Year in Search 2020” laporan ini berisikan rangkuman kata kunci yang banyak di cari oleh pengguna internet, termasuk dalam pencarian yang berkaitan dengan layanan keuangan digital.

Dalam laporannya Google memperlihatkan kebiasaan masyarakat Indonesia yang mulai tertarik dan memanfaatkan layanan digital sebagai opsi menabung dan mencatat status keuangan ketika pandemi Covid-19 mewabah.

Keadaan ekonomi yang tidak stabil menarik perhatian masyarakat untuk mulai menabung dan meminamalisir penyebaran virus dengan memanfaatkan layanan keuangan digital.

Terlebih dalam laporan tersebut menunjukan sebanyak 140% keyword "buka rekening online" mengalami lonjakan permintaan pencarian. Serta kegiatan investasi yang dulu hanya diminati kalangan atas dan gen X saat ini telah menjadi perhatian masyarakat semua tingkat masyarakat. Google mencatat tingginya penelusuran untuk "reksa dana" sebanyak 210%.

Baca juga : Berikut Kebiasaan Masyarakat di Internet yang Harus Diketahui Industri Fintech

Industri layanan keuangan atau Financial Technology memang sedang naik daun. Kampanye dari masing-masing perusahaan terus digaungkan untuk menarik nasabah serta membangun ekosistem keuangan digital di Indonesia.

Di tengah persaingan fintech, Google memberi beberapa tips dan kata kunci (keyword) agar mampu bersaing di pencaharian Google. Berikut tips bagi penyedia layanan Fintech untuk mengembangkan bisnis :

Komunikasi Sederhana dan Beri Kemudahan Pengguna

Semakin banyak orang yang mengadopsi layanan keuangan online karena mereka meminimalkan interaksi tatap muka. Sesuaikan komunikasi pemasaran untuk menyoroti kesederhanaan dan kemudahan dalam mengadopsi solusi serta manfaat yang mereka berikan kepada konsumen.

Misalnya, kampanye #GakPakeDonlot oleh Mandiri mengajak masyarakat untuk membuka rekening bank secara online hanya dengan memindai kode QR atau membuka tautan web, tanpa perlu mengunduh apa pun.

Tipsnya, tawarkan kata kunci populer seperti "buka baru rekening bank" atau "gunakan kartu kredit". Serta tambahkan ekstensi aplikasi untuk mengundang audiens unduh aplikasi seluler tersebut.

 

Merubah Kebiasaan Mereka

Jadilah merek yang menyediakan alat untuk memudahkan pengelolaan keuangan pribadi. Solusi ini misalnya memungkinkan konsumen untuk melacak arus kas dengan memberikan ringkasan status keuangan mereka.

Tips, tawar kata kunci seperti "tips menabung" dan "keuangan pribadi" untuk menjangkau konsumen yang ingin mengelola keuangan mereka. Tambahkan ekstensi panggilan sehingga pengguna dapat menghubungi agen penjualan atau layanan untuk mempelajari lebih lanjut.

Baca juga : Sukses Wirausaha! Tips Milenial dan Gen Z Bersaing di Pasar Global

 

Jadilah penasihat keuangan tepercaya.

Orang Indonesia sedang meneliti tentang produk keuangan secara online. Jadilah sumber yang diinginkan dan dibutuhkan pelanggan dengan menyediakan informasi dan solusi online.

Artikel Kalkulator Investasi BCA dan saran investasi dari Cermati adalah contoh informasi online yang membantu nasabah belajar tentang berinvestasi.

Tipsnya, tawar kata kunci seperti "investasi reksadana" atau "beli reksadana" "untuk menjangkau audiens yang berminat. Tambahkan ekstensi iklan tautan situs untuk mengarahkan pelanggan ke laman informasi atau alat web yang ditawarkan.

Berikut tips dari Google, untuk menikmati keakuratan informasi, silahkan ikuti tips diatas, dan ceritakan pengalaman kalian di komen ya DigiFriends!

  • Editor: Deriz Syarief
TAGS
RECOMMENDATION
LATEST ARTICLE

Bisa Bayar Pakai Kripto di PayPal

Paypal menargetkan layanan ini akan tersedia di 29 juta pedagang PayPal pada beberapa bulan mendatang.

Kamis, 15 April 2021 | 07:56 WIB