LogoDIGINATION LOGO

Appsflyer: 50,9 juta/Minggu Penginstall Aplikasi, Berikut Waktu yang Tepat untuk Menarik Revenue

author Oleh Nur Shinta Dewi Senin, 22 Maret 2021 | 22:17 WIB
Share
Share

Appsflyer baru saja mengeluarkan laporan terbarunya bertajuk “Ramadhan di Asia Tenggara dan Pakistan”. Pada laporannya Appsflyer mengungkap pemasar harus siap untuk lingkungan yang lebih kompetitif di tahun 2021.

Appsflyer menduga sebagian besar kategori akan mengalami pemulihan. Itu karena revenue dalam aplikasi mengalami peningkatan Tahun-ke-Tahun di kebanyakan kategori saat paruh kedua tahun ini.

Ramadan 2020 merupakan ramadhan yang lebih sepi di Indonesia, dengan Instalasi Non-Organik mengalami penurunan. Data dari perbandingan 2019-2020 Appsflyer mengungkap kategori Keuangan yang sedang naik daun mengalami penurunan Tahun-ke-Tahun dalam Instalasi (Organik dan Non-Organik). Aplikasi Perjalanan paling terkena dampak negatif, sementara kategori Hiburan tidak terlalu terpengaruh.

Appsflyer menduga tren tersebut akan terbalik di tahun ini, karena pengguna sudah menyesuaikan diri dengan normal baru. Bahkan, Instalasi Non-Organik mulai pulih di kebanyakan kategori pada paruh kedua tahun ini terutama aplikasi Perjalanan, karena karantina mulai dikurangi.

Baca juga : Persaingan Aplikasi, Ini Dia Alternatif App Store yang Perlu Kamu Ketahui

Tercatat Indonesia mengalami peningkatan install aplikasi yang cukup signifikan dibandingkan negara Malaysia, Singapura dan Pakistan. Tercatat ada peningkatan sekitar 50,9 juta instalasi setiap minggunya.

 

Disisi lain laporan ini menjadi jawaban bagi pemasar menentukan waktu yang tepat dalam memasarkan produk mereka, berikut rangkuman dari Apps Flyer :

Aplikasi Keuangan

Instalasi aplikasi Keuangan melonjak lagi pada tahun 2020 di sebagian besar wilayah. Tapi pemasar mungkin perlu memfokuskan anggaran iklan mereka menjauh dari awal Ramadan (saat uninstall aplikasi cenderung memuncak) dan lebih mendekati minggu-minggu menuju Idul Fitri dan setelahnya.

Hiburan

Pemasar kategori Hiburan perlu menambah pengeluaran selama Ramadan untuk meningkatkan efektivitas biaya, karena Biaya Per Instalasi cenderung lebih rendah di bulan April dan Mei. Appsflyer melihat Minggu pertama bulan April hingga week 1 Ramadhan menjadi waktu yang tepat untuk memboosting konten pemasaran.

Makanan dan minuman

Walaupun Instalasi Non-Organik aplikasi Makanan & Minuman turun drastis tahun ini, pengguna cenderung membuka aplikasi mereka dan melakukan pembelian lebih cepat pada dua minggu terakhir Ramadan dan minggu pertama setelah Idul Fitri. Fokuskan kampanye revenue selama periode waktu ini.

Baca juga : AppsFlyer: TikTok Tumbuh Pesat di Asia Tenggara

 

Aplikasi sosial

Hasil bagi aplikasi Sosial beragam selama Ramadan 2020, tapi Biaya Per Instalasi masih efektif. Kampanye revenue perlu menargetkan dua minggu terakhir bulan suci ini, saat para pengguna lebih cepat dalam melakukan pembelian di aplikasi sosial.

Aplikasi perjalanan

Seperti yang diduga, kategori Perjalanan paling terkena dampak negatif pada tahun 2020, sehingga sulit untuk meramalkan kemungkinan tren mendatang. Meski begitu, karantina mulai dilonggarkan sehingga satu bulan sebelum ramadhan lonjakan telah terlihat pada aplikasi perjalanan. Hal ini juga sesuai dengan data Biaya Per Instalasi cukup tinggi selama periode Ramadan, jadi upaya revenue masih bisa dilakukan untuk minggu-minggu sebelum Ramadan.

  • Editor: Deriz Syarief
TAGS
RECOMMENDATION
LATEST ARTICLE

Bisa Bayar Pakai Kripto di PayPal

Paypal menargetkan layanan ini akan tersedia di 29 juta pedagang PayPal pada beberapa bulan mendatang.

Kamis, 15 April 2021 | 07:56 WIB