
AppsFlyer : Tingkat Fraud Aplikasi di Indonesia Turun Akibat Pandemi COVID-19
Hati-hati berselancar dan mengunduh file di internet.
Kamis, 6 Agustus 2020 | 17:05 WIB
Appsflyer baru saja mengeluarkan laporan terbarunya bertajuk “Ramadhan di Asia Tenggara dan Pakistan”. Pada laporannya Appsflyer mengungkap pemasar harus siap untuk lingkungan yang lebih kompetitif di tahun 2021.
Appsflyer menduga sebagian besar kategori akan mengalami pemulihan. Itu karena revenue dalam aplikasi mengalami peningkatan Tahun-ke-Tahun di kebanyakan kategori saat paruh kedua tahun ini.
Ramadan 2020 merupakan ramadhan yang lebih sepi di Indonesia, dengan Instalasi Non-Organik mengalami penurunan. Data dari perbandingan 2019-2020 Appsflyer mengungkap kategori Keuangan yang sedang naik daun mengalami penurunan Tahun-ke-Tahun dalam Instalasi (Organik dan Non-Organik). Aplikasi Perjalanan paling terkena dampak negatif, sementara kategori Hiburan tidak terlalu terpengaruh.
Appsflyer menduga tren tersebut akan terbalik di tahun ini, karena pengguna sudah menyesuaikan diri dengan normal baru. Bahkan, Instalasi Non-Organik mulai pulih di kebanyakan kategori pada paruh kedua tahun ini terutama aplikasi Perjalanan, karena karantina mulai dikurangi.
Baca juga : Persaingan Aplikasi, Ini Dia Alternatif App Store yang Perlu Kamu Ketahui
Tercatat Indonesia mengalami peningkatan install aplikasi yang cukup signifikan dibandingkan negara Malaysia, Singapura dan Pakistan. Tercatat ada peningkatan sekitar 50,9 juta instalasi setiap minggunya.
Disisi lain laporan ini menjadi jawaban bagi pemasar menentukan waktu yang tepat dalam memasarkan produk mereka, berikut rangkuman dari Apps Flyer :
Aplikasi Keuangan
Instalasi aplikasi Keuangan melonjak lagi pada tahun 2020 di sebagian besar wilayah. Tapi pemasar mungkin perlu memfokuskan anggaran iklan mereka menjauh dari awal Ramadan (saat uninstall aplikasi cenderung memuncak) dan lebih mendekati minggu-minggu menuju Idul Fitri dan setelahnya.
Hiburan
Pemasar kategori Hiburan perlu menambah pengeluaran selama Ramadan untuk meningkatkan efektivitas biaya, karena Biaya Per Instalasi cenderung lebih rendah di bulan April dan Mei. Appsflyer melihat Minggu pertama bulan April hingga week 1 Ramadhan menjadi waktu yang tepat untuk memboosting konten pemasaran.
Makanan dan minuman
Walaupun Instalasi Non-Organik aplikasi Makanan & Minuman turun drastis tahun ini, pengguna cenderung membuka aplikasi mereka dan melakukan pembelian lebih cepat pada dua minggu terakhir Ramadan dan minggu pertama setelah Idul Fitri. Fokuskan kampanye revenue selama periode waktu ini.
Baca juga : AppsFlyer: TikTok Tumbuh Pesat di Asia Tenggara
Aplikasi sosial
Hasil bagi aplikasi Sosial beragam selama Ramadan 2020, tapi Biaya Per Instalasi masih efektif. Kampanye revenue perlu menargetkan dua minggu terakhir bulan suci ini, saat para pengguna lebih cepat dalam melakukan pembelian di aplikasi sosial.
Aplikasi perjalanan
Seperti yang diduga, kategori Perjalanan paling terkena dampak negatif pada tahun 2020, sehingga sulit untuk meramalkan kemungkinan tren mendatang. Meski begitu, karantina mulai dilonggarkan sehingga satu bulan sebelum ramadhan lonjakan telah terlihat pada aplikasi perjalanan. Hal ini juga sesuai dengan data Biaya Per Instalasi cukup tinggi selama periode Ramadan, jadi upaya revenue masih bisa dilakukan untuk minggu-minggu sebelum Ramadan.
Hati-hati berselancar dan mengunduh file di internet.
Kamis, 6 Agustus 2020 | 17:05 WIBInstalasi non-organik meningkat dua kali lipat akibat pandemi Covid-19
Selasa, 15 Desember 2020 | 20:14 WIBPersaingan aplikasi dikira menjadi penyebab tingginya jumlah uninstall.
Kamis, 4 Februari 2021 | 18:04 WIBBerikut 10 rekomendasi komunitas saham di Telegram yang banyak diikuti trader:
Jumat, 16 April 2021 | 16:58 WIBUntuk menunjang ibadah mu di bulan puasa, berikut 4 aplikasi yang patut kamu download.
Jumat, 16 April 2021 | 05:56 WIBPerkaya pengetahuan mu dalam menggunakan aplikasi WhatsApp, berikut 10 fitur WhatsApp tersembunyi yang harus kamu tau :
Kamis, 15 April 2021 | 07:56 WIBBerikut tahapan bagaimana AI menghasilkan uang :
Kamis, 15 April 2021 | 07:56 WIBPaypal menargetkan layanan ini akan tersedia di 29 juta pedagang PayPal pada beberapa bulan mendatang.
Kamis, 15 April 2021 | 07:56 WIBSelain analisis mendalam tentang ekosistem startup, empower juga menyajikan insight, berikut datanya
Rabu, 14 April 2021 | 16:47 WIBTidak hanya sekedar menonton film, disini kamu bisa mencari film yang dapat membantu kamu menyelesaikan masalah.
Rabu, 14 April 2021 | 15:09 WIBBerikut ini beberapa cara seru menikmati promo cashback hingga 100% di ShopeePay Super Online Deals:
Rabu, 14 April 2021 | 15:05 WIBHidup itu harus balance, selain terhindar dari penyakit, menambah pahala, kamu juga tidak kehilangan moment ngabuburit bareng teman.
Selasa, 13 April 2021 | 16:45 WIBStarbucks muncul sebagai pemimpin dengan menggunakan teknologi, bagaimana tipsnya?
Jumat, 9 April 2021 | 18:27 WIBTechnology Vision mengidentifikasikan lima tren yang harus dijawab oleh perusahaan selama tiga tahun ke depan dalam mempercepat dan menguasai perubahan di semua bagian bisnis:
Kamis, 8 April 2021 | 18:42 WIBtren ini kemungkinan akan pulih dan berbalik pada paruh kedua 2021.
Rabu, 7 April 2021 | 18:06 WIBAgar bisnis semakin laris manis saat Ramadan, berikut 5 tips agar jualan online terus meningkat di bulan Ramadan :
Rabu, 7 April 2021 | 17:54 WIBApakah P2P Lending memiliki return yang lebih cepat dibandingkan investasi berisiko rendah?
Rabu, 31 Maret 2021 | 19:30 WIBSudah mau puasa, masih aja jomblo, coba cari pasangan di aplikasi online dating yuk!
Jumat, 26 Maret 2021 | 07:15 WIB