LogoDIGINATION LOGO

7 Aplikasi yang Perlu Kamu Instal Ketika Liburan di Masa Pandemi

author Oleh Nur Shinta Dewi Rabu, 28 Oktober 2020 | 07:58 WIB
Share
Share

Besok long weekend nih, mau kemana ya? Pandemi COVID-19 masih menghantui tapi sayang banget kalau libur panjang dilewatkan begitu saja, gimana dong agar tetap aman saat berlibur?

Walau pemerintah belum membebaskan masyarakat untuk pergi berlibur, tapi ada saja masyarakat yang tetap pergi untuk menghilangkan penat. Bagi kamu yang tidak bisa menahan penat, mungkin bisa berlibur dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.

Sebelum pergi berlibur, Rapid Test dan tes kesehatan sangat dianjurkan. Kamu juga perlu mematuhi protokol kesehatan seperti memakai masker, sedia hand sanitizer, menjaga jarak, dan selalu mencuci tangan agar kamu dan sekelilingmu aman dari virus.

Mematuhi protokol kesehatan okay, Rapid Test juga sudah, Nah! selanjutnya, menyiapkan beberapa aplikasi mobile untuk melindungimu saat berlibur, buat apa ya? Tengok dulu yuk manfaat 7 aplikasi yang perlu kamu instal ketika liburan di masa pandemi:

Jauhi Zona Merah Dengan PeduliLindungi
Yang pertama adalah aplikasi PeduliLindungi. Aplikasi ini patut kamu instal untuk mengetahui apakah wilayah yang akan kamu datangi termasuk Zona Merah atau tidak. Aplikasi PeduliLindungi adalah aplikasi yang dirancang Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) dan Kementerian BUMN untuk digunakan Kementerian Kesehatan dan Gugus Tugas dalam mengatasi pandemi COVID-19 di Indonesia. Sebab itu, aplikasi ini dapat memberi tahu kamu dari hasil data yang terekam.

Hotel Bebas COVID di OTA (Online Travel Agent)
Liburan panjang, tapi takut hotel yang ditempati tidak sesuai protokol kesehatan? Jangan khawatir, saat ini aplikasi OTA, telah memberi fitur sticker untuk hotel yang mematuhi protokol kesehatan. Di Traveloka sendiri kamu bisa memilih hotel yang bercap “Sanitized Stay”. Aplikasi OTA lain yang bisa kamu instal seperti, Booking.com, Mister Aladin, PegiPegi, Tiket.com, Agoda, dan lain-lain.

Transaksi Tanpa Sentuh, Cashless
Selanjutnya, untuk melakukan transaksi dengan aman, kamu bisa lakukan cashless atau transaksi menggunakan dompet digital. Banyak dompet digital yang bisa kamu gunakan seperti aplikasi DANA, OVO, ShopeePay, Gopay, LinkAja, dan lainnya. Transaksi tanpa kontak langsung ini dianjurkan WHO dalam penyebaran COVID-19. Jadi tetap aman bertransaksi pakai aplikasi cashless ya.

Konsultasi Kesehatan dengan e-Health
Tidak hanya karena pandemi COVID-19, bepergian jarak jauh saat musim hujan juga beresiko terserang berbagai penyakit. Walau hanya flu atau demam, lebih baik kamu sedia e-Health untuk konsultasi dokter melalui smartphone mu. Banyak aplikasi e-Health yang bisa kamu download seperti Klikdokter, Alodokter, Halodoc, Good Doctor, dan lain sebagainya. Bukan Bot, kamu bisa berkonsultasi langsung dengan dokter bersertifikat, kamu juga akan diberi resep yang bisa kamu beli di luar atau memesan melalui aplikasi yang dapat diantar langsung ke lokasi kamu.

Manage Keuangan dengan Trabee Pocket
Liburan boleh tapi ingat ekonomi sedang naik turun, waktunya kamu untuk menghemat dengan aplikasi Travel Expanse, Trabee Pocket. Aplikasi ini bisa membantu kamu untuk menghemat keuangan ketika liburan. Kamu bisa membatasi berapa pengeluaran kamu selama liburan, dan mencatat pengeluaran.

Aman dengan Aplikasi Anti Theft
Selain aplikasi e-Health dan aplikasi lain untuk terhindar dari COVID-19. Aplikasi yang juga perlu kamu instal adalah aplikasi Anti Theft. Kita tidak tahu kapan kita akan lupa menaruh smartphone kita atau kapan pencopet atau maling beraksi. Yang pasti waspada dengan aplikasi anti theft sangat berguna jika sewaktu-waktu kamu kehilangan smartphone mu. Aplikasi ini bisa mendeteksi keberadaan smartphone mu. Kamu bisa menginstal, Google Find My Device, Find My Iphone untuk pengguna IOS, dan Zenly.

Jangan Panik! Ada Telepon Darurat
Aplikasi terakhir yang harus kamu instal adalah Telepon Darurat. Aplikasi ini memungkinkan kamu mengirim sinyal bahaya kepada polisi secara cepat dengan satu klik. Hal ini tentu sangat berguna apabila kamu sedang berada pada kondisi berbahaya, termasuk memanggil ambulance jika ada sesuatu yang tidak diinginkan terjadi.

Itu dia 7 Aplikasi yang bermanfaat saat berlibur ketika pandemi COVID-19. Walau sedang bersenang-senang, jangan remehkan virus COVID-19 ya. Kamu harus tetap jaga kesehatan dan mematuhi protokol kesehatan dimanapun kamu berada.

  • Editor: Rommy Rustami
TAGS
RECOMMENDATION
LATEST ARTICLE