LogoDIGINATION LOGO

Microsoft Viva, Platform Employee Experience untuk Menambah Knowledge Karyawan

author Oleh Nur Shinta Dewi Rabu, 10 Februari 2021 | 21:19 WIB
Share
Share

Microsoft Corp. mengumumkan Microsoft Viva, employee experience pertama yang menghadirkan alat untuk keterlibatan, pembelajaran, kesejahteraan, dan pengetahuan baru bagi karyawan, langsung dalam alur pekerjaan.

Viva dirancang untuk membantu karyawan belajar, tumbuh, dan berkembang, dengan pengalaman baru yang terintegrasi melalui produktivitas dan kemampuan kolaborasi di Microsoft 365 dan Microsoft Teams.

“Kami telah berpartisipasi dalam eksperimen kerja jarak jauh berskala terbesar yang pernah ada di dunia, dan hal ini memberikan dampak dramatis pada pengalaman karyawan,” kata Satya Nadella, CEO, Microsoft. 

Satya Nadella mengungkap setiap organisasi membutuhkan pengalaman karyawan yang terpadu, mulai dari orientasi dan kolaborasi hingga pembelajaran dan pertumbuhan yang berkelanjutan. Platform Viva menyatukan semua yang dibutuhkan karyawan, dan dalam satu pengalaman terintegrasi langsung di Teams.

 

Tren Ekonomi dan Sosial

Pengumuman ini muncul karena tren ekonomi dan sosial yang mendorong perubahan dalam keterlibatan tenaga kerja.

Di tengah pergeseran lingkungan kerja yang semakin terdistribusi dan digital, permintaan akan solusi yang mendukung budaya perusahaan, (knowledge discovery), pembelajaran di tempat kerja, dan kesejahteraan karyawan telah meningkat. 

Baca juga : Mau Belajar Analisis Data dengan Microsoft Excel? Ini Caranya!

Para analis menilai pengeluaran Employee Experience Platforms (EXP) per tahun mencapai sebesar 300 Milyar USD. Ini mencakup apa yang saat ini merupakan pasar layanan, infrastruktur, dan ratusan alat yang terfragmentasi, banyak yang tidak ditemukan dan kurang dimanfaatkan oleh karyawan di perusahaan yang telah berinvestasi di dalamnya.

“Visi kami adalah untuk memberikan platform bagi pengalaman karyawan (employee experience) yang membantu organisasi dalam menciptakan budaya yang berkembang dengan keterlibatan karyawan dan pemimpin yang menginspirasi,” kata Jared Spataro, Wakil Presiden Perusahaan, Microsoft 365.

Microsoft mengumumkan satu set modul awal di Viva yang akan menyediakan kemampuan bawaan, integrasi dari ekosistem mitra Viva yang kuat dan terus berkembang, sehingga lebih mudah diakses dan digunakan oleh karyawan :

 

  • Viva Connections 

Viva Connections  menyediakan gateway ke tempat kerja digital, di mana karyawan dapat mengakses komunikasi internal dan sumber daya perusahaan seperti kebijakan dan manfaat (benefit) serta berpartisipasi dalam komunitas seperti grup sumber daya karyawan, semuanya dalam satu aplikasi yang dapat disesuaikan di Microsoft Teams. Viva Connections  untuk Teams akan tersedia di desktop dalam bentuk pratinjau publik pada paruh pertama tahun 2021 sedangkan versi aplikasi seluler akan hadir akhir tahun ini.

 

  • Viva Insights 

Viva Insights memberikan individu, manajer, dan pemimpin suatu wawasan yang terpersonalisasi dan dapat ditindaklanjuti guna membantu setiap orang dalam organisasi untuk berkembang. Selain menggunakan data dan sinyal dari aplikasi Microsoft, pelanggan juga dapat menggabungkan data dari layanan pihak ketiga seperti Zoom, Slack, Workday, dan SAP SuccessFactors. Aplikasi Viva Insights di Teams,dasbor Glint, dan Viva Insights yang baru kini tersedia dalam bentuk pratinjau publik.

 Baca juga : Microsoft Imagine Cup kembali dibuka, Daftarkan Diri Kamu Sekarang

 

  • Viva Learning 

Viva Learning membuat peluang pelatihan dan pengembangan profesional lebih mudah ditemukan dan dapat diakses saat bekerja. Fitur ini menggabungkan semua sumber belajar yang tersedia untuk organisasi di satu tempat, termasuk konten dari LinkedIn Learning, Microsoft Learn, penyedia pihak ketiga termasuk Skillsoft, Coursera, Pluralsight dan edX, serta pustaka konten milik organisasi. Mulai dari kursus pembelajaran tradisional hingga konten pembelajaran mikro, pengguna dapat menemukan, berbagi, menetapkan, dan melacak berbagai pembelajaran sebagai bagian dari rutinitas harian. Aplikasi Viva Learning sekarang tersedia dalam pratinjau pribadi, dan mulai akhir tahun ini Viva Learning akan menawarkan integrasi dengan sistem manajemen pembelajaran terkemuka, termasuk Cornerstone OnDemand, Saba, dan SAP SuccessFactors.

 

  • Viva Topics  

Viva Topics memberikan pengalaman knowledge discovery yang membantu orang terhubung ke informasi dan pakar di seluruh perusahaan. Menggunakan AI untuk mempertimbangkan data Microsoft 365 pengguna, dan dengan kemampuan untuk mengintegrasikan pengetahuan dari berbagai layanan pihak ketiga seperti ServiceNow dan Salesforce, Viva Topics secara otomatis menampilkan kartu topik dalam percakapan dan dokumen di seluruh Microsoft 365 dan Teams. Viva Topics sekarang tersedia secara umum sebagai add-on untuk paket komersial Microsoft 365.

Microsoft Viva dibangun berdasarkan kekuatan Teams dan Microsoft 365 untuk menyatukan pengalaman karyawan (employee experience) di empat area utama untuk memberdayakan karyawan untuk menjadi lebih baik.

  • Editor: Deriz Syarief
TAGS
RECOMMENDATION
LATEST ARTICLE

Bisa Bayar Pakai Kripto di PayPal

Paypal menargetkan layanan ini akan tersedia di 29 juta pedagang PayPal pada beberapa bulan mendatang.

Kamis, 15 April 2021 | 07:56 WIB