LogoDIGINATION LOGO

7 Startup Indonesia Terpilih di Microsoft Emerge X

author Oleh Rommy Rustami Jumat, 11 Desember 2020 | 11:33 WIB
Share
Share

Tujuh startup Indonesia, yaitu Crowde, GREDU, Kiddo.id, Konvergen AI, Neurosensum, Ritase dan Tjetak; terpilih untuk mengikuti program Microsoft Emerge X. Total tahun ini ada 79 startup di seluruh dunia yang terpilih untuk mengikuti program ini.

Sebagai startup Emerge X, mereka akan berpartisipasi dalam program bimbingan selama setahun dengan Microsoft for Startups yang dirancang untuk membantu mereka meningkatkan kapasitas dan mempercepat pertumbuhan.

Mereka juga akan menerima kredit GitHub dan Azure, memiliki kesempatan untuk menghadiri Founder Bootcamp selama 3 hari, mendapatkan akses ke klien perusahaan secara global melalui program penjualan bersama yang unik dari Microsoft, serta berinteraksi dengan pakar Microsoft dan para pelaku industri.

Presiden Direktur Microsoft Indonesia Haris Izmee mengungkapkan kebanggaannya pada startup lokal yang mampu bersaing dengan startup dari negara-negara lain di Asia Pasifik.

"Ini menunjukkan besarnya potensi startup yang dimiliki oleh Indonesia. Microsoft berkomitmen untuk mendorong setiap orang untuk mencapai lebih, dan melalui Microsoft Emerge X, kami berharap dapat berkontribusi dalam upaya membangun ekosistem startup yang bertaraf dunia yang akan memberikan kontribusi kepada ekonomi kreatif dan ekonomi digital di Indonesia," katanya.

Program Emerge X adalah bagian dari inisiatif ‘Microsoft's Highway to a 100 Unicorns’, yang diluncurkan di Asia Pasifik pada Oktober 2020 setelah sukses luar biasa di India. Microsoft terlibat dengan lebih dari 70 pemain ekosistem startup terkemuka dan pemerintah di 16 negara, yang kemudian menominasikan lebih dari 300 tim paling menjanjikan untuk program tersebut.

16 negara yang terlibat dalam program tersebut adalah Bangladesh, Bhutan, Brunei, Kamboja, Indonesia, Laos, Malaysia, Maladewa, Myanmar, Nepal, Selandia Baru, Filipina, Sri Lanka, Singapura, Thailand, Vietnam.

Sementara itu Empat perusahaan startup asal Vietnam, Filipina, Sri Lanka, dan Singapura menjadi pemenang di pitch competition perdana tingkat Asia Pasifik Microsoft Emerge X. Mereka adalah:

Abivin
Berasal dari Vietnam. Startup yang menginisiasi platform bertenaga artificial intelligence (atau kecerdasan buatan – AI) yang mengoptimalkan rantai pasokan di berbagai sektor dengan rute kendaraan yang efisien.

Lifetrack Medical Systems
Berasal dari Filipina dan Singapura. Startup yang membuat platform berbasis cloud yang menyediakan akses terjangkau ke pencitraan medis (medical imaging) di pasar negara berkembang.

Agrithmics
Berasal dari Sri Lanka. Startup yang menghadirkan solusi berbasis cloud yang memperkaya industri agraris dengan men-digitalisasi rantai pasokan, dan menghubungkan petani dan pembeli.

Milky Way AI
Berasal dari Singapura. Startup yang memberikan alternatif solusi ritel pintar bertenaga AI yang memanfaatkan teknologi pengenalan gambar untuk membantu peritel mengelola inventaris barang dan memaksimalkan penjualan.

Presiden, Microsoft Asia Pasifik Andrea Della Mattea mengharapkan kawasan Asia Pasifik tetap menjadi yang terdepan dalam transformasi global, dibutuhkan disruptor, visioner, dan futuris.

"Melalui Highway to a 100 Unicorns dan program Emerge X kami, Microsoft berkomitmen untuk membantu para startup menuju inovasi, di mana mereka dapat memenuhi kebutuhan industri yang belum di artikulasikan dan membantu bisnis menjadi tangguh," katanya.

  • Editor: Rommy Rustami
TAGS
RECOMMENDATION
LATEST ARTICLE