LogoDIGINATION LOGO

Mau Belajar Analisis Data dengan Microsoft Excel? Ini Caranya!

author Oleh DQLab Senin, 18 Januari 2021 | 12:10 WIB
Share
Share

Menjadi seorang Data Analyst yang berkompeten tentunya harus diimbangi dengan kegigihan dalam belajar dan memiliki kemampuan yang bagus dalam menganalisis data. Analisis data merupakan suatu proses pengolahan data ke dalam bentuk informasi, yang nantinya digunakan sebagai solusi pemecahan masalah maupun dalam membuat kesimpulan. Jadi, secara sederhananya tujuan analisis data adalah untuk mendeskripsikan data yang kita miliki agar mudah dipahami oleh orang awam. 

Pada praktiknya, penerapan analisis data yang digunakan oleh Data Analyst bertujuan untuk melihat risk dan fraud, interaksi dengan pelanggan, pencarian web, iklan digital, dan masih banyak lagi. Dalam menganalisis data pun terdapat berbagai teknik, tergantung pada pertanyaan yang ada, jenis data, dan jumlah data yang dikumpulkan. Kali ini, kita akan membahas tentang analisis data lebih lanjut. Penasaran? Yuk, kita simak bersama!

 

  • Pentingnya Melakukan Analisis Data

Data merupakan segala informasi yang kita dapatkan secara langsung (data primer), maupun secara tidak langsung (data sekunder). Terkadang, data yang kita dapatkan belum sesuai dengan yang kita butuhkan. Jika kita membiarkan data tersebut begitu saja maka kita tidak bisa mendapatkan informasi apapun. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, analisis data merupakan sebuah proses pengolahan data mentah yang diubah ke dalam suatu informasi. Mengapa perlu dilakukan? Karena tidak semua orang mengerti tentang data. Di sinilah peran Data Analyst dibutuhkan. Oleh karenanya, kita perlu menganalisis data tersebut sehingga didapatkan hasil akhir berupa informasi yang valid dan mudah dimengerti.

Baca juga : Rumus Excel : Kenali 3 Rumus Excel Ini Agar Dapat Mengolah Data Dalam Waktu Singkat!

 

  • Microsoft Excel sebagai Software Pengolah Data yang Cocok bagi Pemula 

Bagi kamu yang baru mendalami dunia Data Science, ada baiknya kamu perlu kuasai Excel terlebih dulu. Excel menjadi salah satu software yang sering digunakan karena penggunaannya yang cukup mudah dimengerti. Mungkin selama ini yang kita pahami, Excel hanya digunakan untuk mengumpulkan dan menghitung data saja. Padahal, Excel juga bisa digunakan untuk menganalisis data. Excel sangat cocok bagi kamu yang baru memulai perjalanan karir di industri data. Dengan menguasai Excel, nantinya kamu akan lebih mundah untuk menggunakan software yang lebih advance seperti Python dan R.

 

  • Analisis Data Menggunakan Excel

Jika kamu ingin memulai untuk menganalisis data dalam Excel, maka kamu perlu mengaktifkan Analysist ToolPak Excel. Setelah diaktifkan, nantinya kamu dapat memilih beberapa analisis yang tersedia di Excel seperti Analisis Anova, Analisis Korelasi, Analisis Kovarian, Statistik Deskriptif, Exponential Smoothing, F-Test Dua Sampel untuk Variansi, Analisis Fourier, Histogram, Moving Average, Fungsi Angka Acak, Rank dan Persentil, Analisis Regresi, Sampling, T-Test dan Z-Test.

Baca juga : Rumus Excel yang Paling Sering Digunakan dalam Dunia Kerja

 

  • Yuk Mulai Belajar Analisis Data Sekarang!

Mulai sekarang, hilangkan keraguan dalam diri kamu untuk mulai belajar Data Science. Meskipun kamu tidak memiliki background pendidikan Science, Technology, Engineering, & Math (STEM), kamu bisa mempelajari Data Science dan berkesempatan untuk bisa menjadi seorang Data Analyst. Dengan belajar bersama DQLab, kamu siap hadapi revolusi industri 4.0. Yuk , bangun proyek dan portofolio datamu bersama DQLab untuk mulai berkarir di industri data yang sebenarnya! Sign up sekarang untuk #MulaiBelajarData di DQLab!

Simak informasi di bawah ini untuk mengakses gratis module ‘Introduction to Data Science’:

  1. Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup
  2. Akses module Introduction to Data Science
  3. Selesaikan modulenya, dapatkan sertifikat & reward menarik dari DQLab
  4. Subscribe DQLab.id untuk Akses Semua Module Premium!
  • Editor: Deriz Syarief
TAGS
RECOMMENDATION
LATEST ARTICLE

Tips Hemat Naik Pesawat

berikut tips agar bisa lebih hemat naik pesawat domestik di Indonesia!

Selasa, 9 April 2024 | 11:39 WIB