LogoDIGINATION LOGO

Teknologi Wi-Fi 6 Hadirkan Era Baru dalam Konektivitas

author Oleh Rommy Rustami Senin, 21 Desember 2020 | 15:00 WIB
Share
Share

Saat semua orang di seluruh dunia berada di rumah, internet telah berfungsi sebagai jalur komunikasi agar tetap terhubung secara virtual. Konsumen bisa tetap menikmati acara favorit mereka melalui streaming, bekerja dari jarak jauh, mengikuti kelas online, atau bermain game dengan teman, dengan mengandalkan perangkat untuk tetap terhubung dengan dunia luar.

Menurut Alan Hsu, General Manager  Intelligent Connectivity Business Unit untuk perusahaan produsen semikonduktor MediaTek, kebutuhan bandwith terus berkembang karena melonjaknya permintaan layanan streaming dan semakin berkembangnya perangkat yang saling terhubung dewasa ini.

“Untuk mengimbangi, industri memerlukan iterasi baru dan menciptakan Wi-Fi 6 yang memiliki sejumlah keunggulan dibandingkan generasi Wi-Fi sebelumnya, dengan kecepatan yang lebih tinggi, efisiensi spektral yang lebih baik, dan latensi yang lebih rendah. Untuk mengikuti persyaratan komputasi saat ini, chipset terbaru kami menyertakan kemampuan dalam mendukung teknologi Wi-Fi 6 untuk pengalaman konektivitas yang lebih baik,” tuturnya.

Menurutnya, Wi-Fi 6 juga mendukung teknologi multi-user multiple-input dan multiple-output (MU-MIMO) dan orthogonal frequency division multiple access (OFDMA), yang keduanya berperan penting untuk menyediakan konektivitas yang andal ke banyak perangkat dalam jaringan. Hal ini menjadi semakin penting karena konsumen membawa lebih banyak perangkat pintar ke rumah mereka.

“Di Amerika, Komisi Komunikasi Federal baru-baru ini mengadopsi aturan baru untuk meningkatkan jumlah spektrum yang tersedia untuk Wi-Fi hampir lima kali lipat, dan negara lain sedang mempertimbangkan langkah serupa. Perangkat dengan dukungan Wi-Fi 6E akan dapat memanfaatkan spektrum tambahan untuk menghadirkan konektivitas yang lebih cepat.”

Sebagai perusahaan pemasok Wi-Fi untuk berbagai merek elektronik, MediaTek saat ini fokus untuk menghadirkan Wi-Fi 6 di industri yang pertumbuhan pasarnya cukup tinggi seperti router ritel, saluran operator broadband, elektronik konsumen (CE), game, IoT, dan bisnis seluler dan ponsel cerdas.

“Chipset Wi-Fi 6 kami mendukung teknologi seperti EasyMesh, MU-MIMO, dan OFDMA untuk konektivitas yang andal bahkan saat beberapa perangkat berbagi jaringan,” tambah Alan.

MediaTek dan Samsung baru-baru ini mengumumkan TV Wi-Fi 6 8K pertama di dunia, yang dilengkapi dengan chipset MediaTek Wi-Fi 6 khusus. Menggabungkan pencitraan premium 8K dan konektivitas berkecepatan tinggi, smart TV ini akan membantu menghadirkan pengalaman hiburan yang lebih berkualitas.

“Karena permintaan untuk Wi-Fi 6 terus melonjak di industri TV pintar, kami berharap dapat terus mendorong era baru konektivitas ini dengan solusi inovatif kami.”

Alan menambahkan bahwa ada tiga manfaat utama dari Wi-Fi 6, yaitu peningkatan kecepatan, dukungan untuk lebih banyak perangkat sekaligus, dan kinerja uplink yang lebih baik. Kecepatan yang lebih tinggi memberikan pengalaman yang lebih baik baik pengguna menonton streaming, dan melakukan panggilan  video dengan keluarga.

“Memiliki koneksi Wi-Fi yang dapat mendukung banyak perangkat menjadi semakin penting karena konsumen membawa lebih banyak perangkat pintar ke rumah mereka. Termasuk di sektor komersial  seperti bandara, stadion, dan hotel, sangat penting untuk memiliki penyiapan Wi-Fi yang dapat mendukung banyak orang untuk terhubung ke jaringan pada waktu yang sama.”

Kinerja uplink yang lebih baik sangat penting untuk dunia berbasis aplikasi tempat publik berbagi konten setiap saat.

“Itu karena aplikasi memiliki lalu lintas dua arah, yang berarti Anda menerima paket data dari Internet serta merespons dalam bentuk memposting gambar, mengupload pesan suara, mengupload video, dll. Wi-Fi 6 benar-benar membawa perubahan.”

 

  • Editor: Rommy Rustami
TAGS
RECOMMENDATION
LATEST ARTICLE

Persiapan 5G di Indonesia

Seperti apa proyeksi 5G dan tren industri telekomunikasi 2021 di Indonesia?

Senin, 21 Desember 2020 | 14:56 WIB