LogoDIGINATION LOGO

Opensignal: Pengalaman Pengguna Wifi Di Eropa dan Asia Menurun

author Oleh Nur Shinta Dewi Rabu, 17 Juni 2020 | 17:39 WIB
Share
Share

Pandemi COVID-19 telah mempengaruhi pengalaman jaringan pengguna seluler di seluruh dunia. Perusahaan analitik selular Opensignal, baru saja menerbitkan data terbarunya mengenai pengalaman jaringan pengguna seluler selama pandemic COVID-19. Data tersebut memperlihatkan berkurangnya pengguna Wifi dan Kecepatan unduhan 4G yang mulai stabil terutama pada Eropa dan Asia.

Dalam beberapa bulan terakhir Opensignal melihat bagaimana pandemi COVID-19 mempengaruhi pengalaman jaringan seluler pengguna di seluruh dunia. Data sebelumnya, memperlihatkan sebagian besar, jaringan seluler sangat baik. Pengguna yang terhubung jaringan Wifi pun meningkat, walau kecepatan koneksi menurun karena peningkatan konsumsi data.

Opensignal menganalisa ke lebih dari 40 negara untuk mengetahui jumlah waktu yang dihabiskan pengguna smartphone terhubung ke Wifi, serta melihat kecepatan unduhan 4G yang dialami oleh pengguna dalam empat bulan terakhir. Analisa ini untuk mengetahui bagaimana pengalaman jaringan seluler selama dan sebelum adanya pembatasan sosial.

Asia Pasifik
Untuk daerah Asia Pasifik, Hong Kong adalah negara pertama yang mengalami peningkatan Waktu penggunaan Wifi yang signifikan. Hong Kong masih terhubung ke jaringan Wifi, tidak jauh dari tingkat pra-pandemi atau sekitar awal Januari ketika mereka menghabiskan 55% dari waktu yang terhubung ke jaringan Wifi.

Korea Selatan dan Taiwan tidak menunjukkan perubahan yang signifikan dalam waktu penggunaan Wifi. Taiwan terlihat konsisten dalam Kecepatan Unduhan 4G selama periode analisis. Sementara Korea Selatan menunjukkan penurunan kecil sejak akhir April, dengan rata-rata Kecepatan Unduhan 4G saat ini 6,3% lebih rendah dibandingkan dengan tingkat pra-lockdown.

Mulai bulan April, terlihat Singapura mengalami peningkatan dalam waktu penggunaan Wifi dari 56,3% menjadi 70,8%, dan juga mengalami kecepatan unduhan 4G yang sedikit lebih rendah dari sebelum lockdown.

Dari data yang sama, Australia, Malaysia dan Vietnam, mengalami penurunan waktu pengguna Wifi selama beberapa minggu terakhir dibulan Mei. Matriks memperlihatkan, pengguna di Vietnam mengalami kecepatan unduhan 4G stabil selama periode tersebut, sementara pengguna di Australia dan Malaysia mengalami penurunan kecepatan pada akhir Maret, walau beberapa minggu terakhir perlahan kembali ke tingkat normal.

Di Indonesia, Kecepatan download pada jaringan 4G sudah kembali normal walau sebelumnya melambat. Terlihat ada penurunan kecepatan download 4G yang cukup signifikan dari 23 Maret sampai 19 April yang kemudian membaik. Serta, terlihat penggunaan Wifi semakin meningkat di puncaknya pada minggu 11-17 Mei.

Eropa, Timur Tengah dan Afrika
Analisa pada wilayah EMEA, menunjukan sebagian besar waktu pengguna Wifi mulai menurun dari puncaknya pada bulan April. Jerman dan Bulgaria kembali berada di garis depan dengan waktu penggunaan Wifi ke level pra-lockdown.

OpenSignal juga melihat Kecepatan Unduhan 4G naik kembali ke tingkat normal di semua negara kecuali Afrika Selatan dan Belanda.

Afrika Selatan, masih mengalami kecepatan unduhan 4G, 14,8% lebih rendah dibandingkan dengan nilai median selama sepuluh minggu pertama tahun ini. Sementara di Belanda baru-baru ini terlihat mengalami penurunan kecepatan lebih dari 5% dibandingkan dengan tingkat pra-lockdown.

Berkurangnya penggunaan Wifi dinilai karena telah ditetapkannya pelonggaran pembatasan sosial di beberapa wilayah. Namun, berkurangnya waktu penggunaan Wifi belum kembali normal seperti sebelum adanya pandemi. Hal tersebut dikira masih banyak orang yang memutuskan untuk tetap berada di rumah sebelum penyebaran COVID-19 benar-benar tuntas.

Waktu penggunaan Wifi berkurang karena orang menghabiskan lebih banyak waktu di luar rumah mereka
Setelah pemerintah mulai melonggarkan pembatasan sosial, Opensignal menunjukan waktu penggunaan Wifi mulai menurun dari puncaknya di beberapa negara, sebagian besar di Eropa dan Asia. Yang menarik, Asia adalah satu-satunya wilayah dimana belum ada peningkatan waktu penggunaan Wifi secara signifikan dibandingkan Negara-negara lain yang di analisa.

Meskipun pemerintah telah mengurangi langkah-langkah pembatasan di sebagian besar negara, hasil analisa ini belum memperlihatkan waktu penggunaan Wifi seperti sebelum terjadinya pandemi. Kemungkinan besar orang masih banyak menghabiskan waktu di rumah, tidak seperti saat sebelum terjadinya pandemi.

Kecepatan Unduhan 4G telah stabil di sebagian besar negara
Data selanjutnya, Opensignal telah mengamati kecepatan mobile yang perlahan-lahan meningkat sejak awal Mei. Peningkatan terjadi pada saat terjadinya lockdown di berbagai negara seperti Italia, Malaysia dan Qatar. Data ini menunjukan kenaikan, di mana pada bulan Maret, kecepatan Unduhan 4G sempat mengalami penurunan.

Pada bulan April, Kecepatan Unduhan 4G di beberapa wilayah mengalami perubahan yang relatif kecil. Secara umum, analisa ini mencatat bahwa operator seluler menawarkan layanan tangguh untuk pengguna seluler mereka, meskipun beberapa negara menunjukkan beberapa penurunan kecepatan.

OpenSignal mengidentifikasi sejumlah driver yang kemungkinan berkontribusi terhadap penurunan kecepatan tersebut, termasuk peningkatan konsumsi data seluler. Operator membatasi data, perubahan waktu dan lokasi penggunaan ponsel pengguna, serta langkah-langkah pencegahan yang diadopsi oleh operator untuk memastikan kesinambungan layanan di jaringan mereka.

  • Editor: Rommy Rustami
TAGS
LATEST ARTICLE

Tips Hemat Naik Pesawat

berikut tips agar bisa lebih hemat naik pesawat domestik di Indonesia!

Selasa, 9 April 2024 | 11:39 WIB