LogoDIGINATION LOGO

Lakukan ini Agar Tidak Kalap di Harbolnas Akhir Tahun

author Oleh Nur Shinta Dewi Sabtu, 12 Desember 2020 | 17:52 WIB
Share
Share

Bulan ini menjadi bulan penuh tantangan bagi kamu penggemar belanja online.

Tidak hanya 12.12, Desember ini kita akan dihadapi oleh Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) lainnya, Christmas Sale dan New Years Sale.

Besarnya promo potongan harga, ongkos kirim gratis bahkan tambahan cashback tentunya sayang untuk dilewatkan.

Namun, ini yang perlu diwaspadai, murahnya harga yang ditawarkan akan menimbulkan perilaku belanja impulsif dan akhirnya membuat kamu menyesal.

Nah agar kamu bisa melewati aral melintang dan tidak kalap di Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) simak yuk tipsnya:

List Kebutuhan Terpenting
Agar tidak terlanjur kalap kamu harus mencatat terlebih dahulu kebutuhan apa saja yang benar-benar kamu butuhkan. Jangan sekali-sekali melihat daftar diskon sebelum kamu mencatat kebutuhan apa saja yang menjadi prioritasmu, bahaya! Setelah membuat daftar belanjaan, pastikan kamu mematuhi daftar tersebut. Hindari berbelanja produk yang hanya sekadar kamu inginkan namun tidak bermanfaat.

Tentukan Anggaran Belanja
Setelah me-list apa saja yang dibutuhkan, waktunya kamu lihat anggaran mu apa masih ada sisa untuk memberi barang tersier yang kamu inginkan. Jika masih ada kamu bisa menggunakannya untuk merayakan Harbolnas. Tapi ingat, patuhi anggaran yang telah kamu buat, jangan sampai kamu jadi kalap hanya karena ada promo besar-besaran.

Ingat Perjuangan Kerja
Jika wishlist mu sudah terlalu banyak, ingat kembali perjuanganmu selama satu bulan full bekerja. Sudah 8 jam berfikir, bawa bekal biar irit, tenaga dan biaya transport keluar setiap hari, eh pas ada harbolnas foya-foya. Jangan sampai perjuanganmu satu bulan, terkikis habis dalam satu hari ya.

Ingat Kebutuhan Sebulan Kedepan
Sebelum ingat goals mu, pikirkan lagi apakah sisa anggaran belanja mu bulan ini cukup untuk memenuhi kebutuhan selama sebulan? Jika terlalu mepet, lebih baik tahan keinginan mu untuk mengejar diskon harbolnas. Biaya hidup sebulan lebih penting dari barang flash sale yang tidak terlalu dibutuhkan.

Hilangkan Gengsi, Kejar Goalsmu
Setiap orang tentu memiliki tujuan/ Goals hidup masing-masing. Sebelum kalap coba deh diingat lagi, biaya beli rumah mahal, biaya nikah nggak sedikit, biaya susu, vaksinasi dan biaya sehari-hari? Ingat, di masa muda uangmu lebih baik ditabung dibandingkan mengejar keinginan. Orang yang mengejar gengsi belum tentu memiliki aset di masa muda. Nah Harbolnas yang menggiurkan akan kalah jika kamu ingat Goals hidupmu.

Itu dia tips agar kamu tidak kalap saat Harbolnas berlangsung. Mengubah mindset itu penting, jangan karena diskon yang menggiurkan kamu mengabaikan uang bulanan mu dan kehidupan yang lebih baik di masa mendatang. Selamat merayakan Harbolnas, scroll e-Commerce saja, gratis kok!

  • Editor: Rommy Rustami
TAGS
RECOMMENDATION
LATEST ARTICLE

Persiapan 5G di Indonesia

Seperti apa proyeksi 5G dan tren industri telekomunikasi 2021 di Indonesia?

Senin, 21 Desember 2020 | 14:56 WIB