LogoDIGINATION LOGO

Dorong Kemitraan Global, Bekraf Adakan World Conference on Creative Economy

author Oleh Ana Fauziyah Selasa, 5 Desember 2017 | 06:13 WIB
Share
Pemerintah Indonesia melalui Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) didukung oleh Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) menyelenggarakan World Conference on Creative Economy sebagai upaya mendorong kemitraan global dalam bidang industri kreatif nasional
Share

Pemerintah Indonesia melalui Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) didukung oleh Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) menyelenggarakan World Conference on Creative Economy sebagai upaya mendorong kemitraan global dalam bidang industri kreatif nasional.

Konferensi yang diselenggarakan pada tanggal 4-7 Desember 2017 di Bandung tersebut melibatkan perwakilan dari negara-negara yang memiliki perhatian besar terhadap pengembangan industri kreatif. “Dalam sejarah dunia, tidak ada satupun industri yang berkembang tanpa suatu bentuk kerja sama antarnegara. Hal inilah yang mendasari menyelenggarakan World Conference on Creative Economy,” ujar Kepala Bekraf dikutip dari keterangan resmi (Selasa, 5/12).

Kerja sama antarnegara tersebut memiliki tujuan untuk menciptakan snowball effect kerja sama di bidang ekonomi kreatif. Dalam konferensi tersebut juga akan dibahas bentuk-bentuk kerja sama penguatan sektor ekonomi kreatif, mulai dari aspek pendanaan hingga regulasi.

Kemenlu melalui Direktur Perdagangan, Komoditas dan Kekayaan Intelektual, Tri Purnajaya menyatakan dukungan atas konferensi tersebut, “Melalui diplomasi ekonomi, Kementerian Luar Negeri berkomitmen untuk meningkatkan kerja sama internasional demi peningkatan kapasitas pelaku industri ekonomi kreatif Indonesia,” tuturnya.

Industri ekonomi kreatif nasional sendiri telah mengalami pertumbuhan eksponensial dalam tiga tahun ke belakang. Menurut data nasional, sektor ini telah menyerap sebanyak 15,9 juta tenaga kerja dan menyumbang 7,3 persen atau setara dengan Rp.852 triliun terhadap produk domestik bruto (PDB).

Melihat prospek ekonomi kreatif yang menjanjikan, seiring dengan pola hidup masyarakat yang semakin mengandalkan teknologi informasi dan teknologi, pemerintah gencar mengembangkan sektor ini karena dinilai akan menjadi tumpuan perekonomian nasional dan global pada umumnya.

  • Editor: Wicak Hidayat
TAGS
LATEST ARTICLE

Tips Hemat Naik Pesawat

berikut tips agar bisa lebih hemat naik pesawat domestik di Indonesia!

Selasa, 9 April 2024 | 11:39 WIB