LogoDIGINATION LOGO

Hai Startup, Tangkap Peluang Bisnis Berbasis IoT, Yuk!

author Oleh Alfhatin Pratama Jumat, 14 Juni 2019 | 13:11 WIB
Share
Ilustrasi IoT untuk bisnis (shutterstock)
Share

Internet of things atau IoT yang sedang berkembang di Indonesia berpotensi memiliki berbagai peluang dan manfaat yang dapat dipetik oleh para pebisnis, termasuk startup. Irfan Setiaputra, CEO Sigfox Indonesia pernah memaparkan beberapa peluang bisnis yang dapat dikembangkan dari teknologi IoT.

"Peluang yang banyak biasanya adalah asset management, asset tracking, perkebunan, pertambangan, pertanian, logistik, atau fasilitas publik seperti bandara. Ada juga industri manufaktur, area retail, dan lainnya," ujarnya.

Selain itu, Irfan optimis jika setiap pihak yang ingin mengembangkan bisnis berbasis IoT memiliki niat dan tingkat kepercayaan yang tinggi, maka bisnis tersebut juga akan berkembang dengan baik.

"Selain niat, kita juga harus percaya bahwa IoT punya masa depan. Kalau tidak percaya, ya jadi tidak terlalu banyak gunanya. Kami percaya bahwa bisnis ini akan berkembang besar di kemudian hari. Kita semua masih di tahap awal, kami butuh banyak teman-teman yang percaya bahwa teknologi ini bisa dikembangkan bersama," tambahnya.

Baca juga: Philips Mulai Gunakan IoT pada Produknya

Ilustrasi implementasi IoT untuk bisnis (shutterstock)
Startup ingin memanfaatkan IoT?

Untuk startup, Irfan menyarankan berkolaborasi dengan penyedia jaringan IoT yang punya kemampuan untuk bekerjasama. tak lupa, pilihlah partner yang memiliki program pengembangan baik, berniat membangun bisnis bersama, bukan mematikan bisnis lainnya.

Setali tiga uang, Ketua Asosiasi IoT Indonesia (ASIoTI), Teguh Prasetya menambahkan, "Kenali bisnisnya, kenali masalahnya. Dari situ akan muncul solusi. Masalah akan bisa dipecahkan dengan pendekatan yang terbaik. Kita sudah tahu bahwa teknologi adalah tools, kita sebagai system intregrator atau solution finder harus sesuai dengan kebutuhan. Sehingga solusi yang ditawarkan bisa diterima secara luas."

Berkolaborasi dengan Sigfox Indonesia

Sigfox Indonesia sebagai perusahaan penyedia jaringan IoT membuka peluang besar bagi startup yang ingin berkolaborasi. Mohamad Ali Fahmi, Country Director Sigfox Indonesia mengatakan bahwa mereka memiliki Adoption Program yang merangkul berbagai startup dan universitas.

Pastinya, bagi pihak yang ingin berkolaborasi harus melakukan registrasi sebagai partner melalui situs web mereka. "Setelah itu, pendaftar akan mendapatkan guidance atau e-learning tentang teknologi yang digunakan Sigfox dan bagaimana mengembangkan solusi-solusi berbasis IoT. Setelah itu, solusi yang dibuat bisa di-publish di web resmi kami supaya pelanggan di luar negeri juga bisa memanfaatkan atau membeli dari pemain lokal Indonesia," tutupnya.

Yuk, tunggu apa lagi?

Baca juga: UI dan Telkomsel Luncurkan Spekun, Bike Sharing Berbasis IoT

  • Editor: Dikdik Taufik Hidayat
TAGS
RECOMMENDATION
LATEST ARTICLE

Ekonomi Digital Indonesia, Dari Market Place ke Services

Berdasarkan kajian Google, Temasek dan Bain & Company, Indonesia punya potensi ekonomi digital yang paling tinggi dibandingkan dengan negara-negara ASEAN lainnya. Bagaimana agar potensi tersebut dapat diraih?

Senin, 17 Februari 2020 | 17:24 WIB

Penerapan Artificial Intelligence di Tokopedia

Artificial Intelligence menjadi salah satu hal yang akan terus menjadi tren pada tahun ini. Bagaimana penerapan AI pada salah satu e-commerce terbesar di Indonesia, Tokopedia?

Kamis, 6 Februari 2020 | 14:47 WIB

Digitalisasi UKM

99,2% pelaku usaha berskala UKM, membangun perekonomian berarti memberikan dukungan bagi UKM; yang salah satunya dengan Digitalisasi UKM

Jumat, 31 Januari 2020 | 14:31 WIB

Trend Teknologi 2020

Kemana arah perkembangan teknologi? Inilah trend teknologi yang akan berkembang pesat pada 2020

Selasa, 28 Januari 2020 | 13:05 WIB

Mau Mulai Bisnis? Keluarlah dari Zona Nyaman!

Zona nyaman memang membuat kita sulit beranjak. Tetapi, untuk memulai bisnis kita harus keluar dari zona nyaman tersebut. Yuk, simak cerita CEO dan Co-Founder Logisly tentang bagaimana ia keluar dari zona nyaman dan memulai bisnisnya.

Senin, 19 Agustus 2019 | 14:28 WIB