LogoDIGINATION LOGO

Hebaaat! Indonesia Masuk Daftar Negara Emerging Market Terbesar Di Dunia, Lho!

author Oleh Alfhatin Pratama Sabtu, 9 Maret 2019 | 16:00 WIB
Share
Ilustrasi pasar yang terus berkembang (shutterstock)
Share

Banyak studi menyatakan masa depan Asia adalah masa depan ekonomi global dan sebaliknya. Salah satunya studi Oxford Economics yang dilansir dari Business Insider. Studinya tentang 10 negara dengan pertumbuhan emerging market atau pasar berkembang yang cepat untuk ekonomi global tahun 2028.

Hasil studi itu juga menyatakan sebagian besar dari 10 negara tersebut berada di Asia. Hal ini sejalan dengan prediksi para ahli bahwa Asia adalah masa depan ekonomi global. Peringkat ini didasarkan pada angka Produk Domestik Bruto (PDB), ketersediaan pendanaan, dan pertumbuhan tenaga kerja.

Penasaran, kan negara mana saja yang diramal masuk dalam 10 daftar tersebut? Yuk, simak ulasan berikut...

Baca juga: Pendapatan Esports Global 2019 Diprediksi Tembus USD 1 Miliar!

Ilustrasi data tentang emerging market (shutterstock)
10. Afrika Selatan

Afrika Selatan ditempatkan sebagai negara pasar berkembang tercepat ke-10 dengan pertumbuhan PDB tahunan rata-rata 2,3%. Ini adalah satu-satunya negara di kawasan Afrika yang ada dalam daftar.

9. Polandia

Satu-satunya negara di kawasan Eropa yang masuk dalam 10 besar adalah Polandia. Negara ini telah berada dalam siklus pertumbuhan yang luar biasa sejak masuk ke Uni Eropa tahun 2004. Pertumbuhan PDB-nya diperkirakann mencapai 2,5% setiap tahun. Tidak hanya itu, ketersediaan akses permodalan juga tinggi berkat majunya perbankan di Eropa dan penggunaan mata uang Euro.

8. Chili

Chili adalah negara satu-satunya dari benua Amerika yang masuk dalam daftar ini. Negara ini dianggap memiliki pertumbuhan pasar berkembang yang lebih menarik dibandingkan negara tetangganya, Agentina dan Brasil. Apalagi Chili adalah negara raksasa pertambangan Lithium. Oxford Economics memprediksi tingkat pertumbuhan PDB-nya rata-rata 2,6%.

7. Thailand

Negeri seribu pagoda ini diprediksi memiliki pertumbuhan PDB sebesar 2,9%. Salah satu faktor yang menguatkan pertumbuhan itu adalah pariwisata, yang setiap tahun terus meningkat. Hasil studi Oxford Economics juga menyatakan, walaupun dekade sebelumnya pertumbuhan produktivitas tenaga kerja di Thailand berada di bawah tren pertumbuhan PDB-nya, hal ini diprediksi akan berubah di masa mendatang.

Baca juga: Sumbangan Film Bagi PDB Jadi Terbesar Kedua

Ilustrasi pertumbuhan PDB (shutterstock)
6. Turki

Terletak di persimpangan antara Eropa dan Asia, Turki adalah negara yang sedang bangkit dengan mata uang dan pasar yang sedang tidak stabil. Namun, Oxford Economics berpendapat bahwa negara itu akan mengalami pertumbuhan PDB sekitar 3% per tahun.

5. Malaysia

Ekonomi Malaysia adalah bagian dari kekuatan ekonomi Asia Tenggara. Padahal sebelumnya, ekspor hasil pertanian dan komoditas lainnya dibatasi. Sekarang, Malaysia sedang naik daun. Pertumbuhan PDB-nya mencapai 3,8%.

4. Tiongkok

Mungkin yang mengejutkan di nomor 4 adalah Tiongkok. Transisi cepat negara itu menjadi pasar berkembang yang besar membuat pertumbuhan PDB-nya akan melambat dibandingkan sekarang. Menurut Oxford Economics, pasar perbankan Tiongkok yang besar memberikan angka pendalaman modal yang juga tinggi. Hal ini membuat pertumbuhan PDB Tiongkok nantinya akan sebesar 5,1% per tahun.

Baca juga: Mahasiswa Indonesia di Tiongkok Ditantang Bangun Ekonomi Digital

Ilustrasi PDB Tiongkok yang tinggi (shutterstock)
3. Indonesia

Negara kepulauan ini, menurut Oxford Economics, memiliki kisah pertumbuhan yang paling menarik di dunia. Nantinya Indonesia akan menjadi lokomotif ekonomi global di tahun-tahun mendatang. Diberkati dengan sumber daya alam yang berlimpah dan semakin tidak bergantung pada pendanaan asing, Indonesia tampaknya akan menjadi pemain kunci di masa depan dengan pertumbuhan PDB 5,1% per tahun.

2. Filipina

Filipina merupakan negara kepulauan yang sama seperti Indonesia. Dipimpin oleh Rodrigo Duterte yang bertangan besi, Filipina diatur untuk memiliki peningkatan tenaga kerja tertinggi di antara 10 negara yang masuk dalam daftar ini. Di samping itu, pertumbuhan PDB-nya diperkirakan sebesar 5,3% dan akan menjadi salah satu negara dengan pertumbuhan ekonomi tercepat di dunia. Lebih cepat daripada yang dibayangkan sebelumnya.

1. India

India menduduki puncak daftar negara yang menjadi pasar berkembang dengan pertumbuhan PDB-nya diperkirakan mencapai 6,5% per tahun. Suatu hari kelihatannya akan menjadi ekonomi terbesar di dunia, tidak hanya di pasar negara berkembang. Negara ini memiliki populasi yang besar dan ketika digunakan sepenuhnya akan menjadi kekuatan yang tidak tergoyahkan di pasar global.

Wah, semoga prediksi tentang Indonesia terwujud, ya... Aamiin...

Baca juga: Pahitnya Nasib Taksi Online di India

 

  • Editor: Dikdik Taufik Hidayat
  • Sumber: Business Insider, Travelweekly-Asia.com
TAGS
RECOMMENDATION
LATEST ARTICLE

Mau Mulai Bisnis? Keluarlah dari Zona Nyaman!

Zona nyaman memang membuat kita sulit beranjak. Tetapi, untuk memulai bisnis kita harus keluar dari zona nyaman tersebut. Yuk, simak cerita CEO dan Co-Founder Logisly tentang bagaimana ia keluar dari zona nyaman dan memulai bisnisnya.

Senin, 19 Agustus 2019 | 14:28 WIB

Ini Dia Konsep Smart City ala TIBCO!

Konsep smart city banyak ditawarkan oleh beberapa perusahaan, salah satunya TIBCO Software Inc. Seperti apa sih konsepnya?

Selasa, 30 Juli 2019 | 11:15 WIB