LogoDIGINATION LOGO

4 Skill Yang Harus Dimiliki Agar Cepat Kerja

author Oleh Aulia Annaisabiru Ermadi Jumat, 1 Februari 2019 | 08:30 WIB
Share
Ilustrasi skill yang tidak kamu dapat di sekolah (shutterstock)
Share

Jaman sekarang mau dapet kerja bagus, nggak cukup modal sarjana doang. Kamu harus punya keahlian tertentu yang bisa 'dijual'. Nggak cuma hard skill doang yang harus keren, soft skill juga harus terus diasah. 

Dilansir melalui Gallup, para pengusaha lebih tertarik para calon karyawan yang memiliki soft skill unggul. Soft skill menjadi barometer kemampuan seseorang untuk berinteraksi dan bekerja.

 

Di era dengan persaingan kerja yang semakin ketat ini, tentunya kamu harus bersiap. Bekali dirimu dengan empat soft skill ini agar dilirik perusahaan:

1. Komunikasi yang baik

Ilustrasi skill yang tidak kamu dapat di sekolah (shutterstock)

Soft skill ini wajib banget kamu miliki. Mengingat ketika bekerja nanti kamu akan bertemu dan berdiskusi dengan banyak orang, tentu butuh kemampuan komunikasi untuk menyampaikan pendapat.

“Komunikasi, baik verbal maupun non-verbal, akan berpengaruh pada kehidupan profesional. Dengan berkomunikasi kamu dapat meyampaikan ide-ide dan berinteraksi dengan rekan kerja," kata Michele Mavi, konsultan karir Atrium Staffing melalui Glassdoor.

Baca juga: Tingkatkan Soft Skill? Coba Cara Ini

 

 

2. Akuntabilitas

Kebanyakan perusahaan mencari kandidat yang memiliki akuntabilitas. Seseorang yang penuh tanggung jawab, peduli dan bekerja dengan sungguh-sungguh. Ketika terjadi kesalahan, dia mau untuk mempertanggung jawabkan dan belajar dari kesalahan tersebut.

Menjadi seorang yang akuntabel artinya tidak membuat asumsi, tidak menyalahkan orang lain, menyelesaikan tugas dengan baik dan selalu menepati janji. Akuntabilitas juga merupakan inti dari integritas lho.

Baca juga: 3 Skill IT yang Wajib Dikuasai para Entrepreneur

 

3. Berpikir Kreatif dan inovatif

 

Semua perusahaan pasti butuh orang yang memiliki daya pikir out of the box untuk menyelesaikan masalah dan memajukan perusahaan. Seseorang yang kreatif serta inovatif biasanya memiliki keberanian untuk melakukan gebrakan-gebrakan dan membawa inovasi baru bagi perusahaan.

4. Empati

Membangun relasi dengan klien dan rekan kerja di dalam kantor tentu penting. Namun, mencari kegiatan lain di luar kantor untuk work-life balance juga harus diperhatikan. Berkegiatan di luar kantor berguna untuk mengeksplorasi pengalaman baru yang memungkinkanmu untuk tumbuh dan membangun empati pada orang lain.

Menjadi sukarelawan, rekreasi, menghadiri konferensi dan acara lainnya bisa menjadi pilihan. Ketika melakukannya kamu akan belajar bagaimana berinteraksi dengan orang lain di luar pekerjaan. Memberikan pemahaman baru, mencari perspektif berbeda dari berbagai latar belakang hingga menciptakan rasa empati pada orang lain.

Baca juga: Rajin Berbagi Informasi, Sarjana Volunteer Tumbuh Terus

 

  • Editor: Wicak Hidayat
  • Sumber: Entrepreneur, The Muse, Gallup
TAGS
RECOMMENDATION

3 Formula Sukses Mark Cuban

Kesuksesan merupakan sebuah hal yang banyak dicita-citakan oleh hampir semua orang

Senin, 16 Juli 2018 | 02:42 WIB

4 Ciri Bisnis Sukses Versi Jeff Bezos

Siapa yang tak kenal Jeff Bezos? CEO Amazon ini dikenal berani mengambil peluang bisnis dengan melihat sejumlah indikator keberhasilan. Simak, yuk!

Kamis, 6 September 2018 | 16:30 WIB
LATEST ARTICLE

Tips Hemat Naik Pesawat

berikut tips agar bisa lebih hemat naik pesawat domestik di Indonesia!

Selasa, 9 April 2024 | 11:39 WIB