LogoDIGINATION LOGO

Ubah Otakmu Agar Jadi Entrepreneur!

Oleh Aulia Annaisabiru Ermadi Kamis, 27 Desember 2018 | 15:05 WIB
Share
Ilustrasi entrepreneur (shutterstock)
Share

Banyak pengusaha yang cepat menyerah dengan bisnis yang dibangunnya. Menjalankan bisnis memang tidak semudah seperti yang dikatakan para motivator. Awal memulainya memang mudah tapi untuk mempertahakannya butuh waktu, tenaga dan keringat yang harus dikorbankan.

Salah satu faktor utama kesuksesan seorang entrepreneur ada dalam dirinya yaitu mindset atau pola pikir. Mindset menjadi pondasi kekuatan seorang entrepreneur agar tahan banting mengendalikan naik turun bisnis yang dijalankan. Bagaimana caranya membentuk mindset entrepreneur tersebut? Simak beberapa tips berikut.

Memiliki visi yang besar

Visi adalah tujuan dan cita-cita perusahaan. Semakin besar visi yang ingin dicapai, maka semakin besar pula tantangan yang harus dihadapi. Memiliki mindset entrepreneur berarti memiliki komitmen dan keteguhan. Dua hal ini adalah kunci untuk terus maju meraih visi.

Untuk mencapai visi, rencana dan strategi yang matang diperlukan. Dengan begitu kamu akan melatih mindset untuk terus berpikir kritis. 

Baca juga: Rudiantara: Bukan Teknologi yang Mengubah, Tapi Mindset

Ilustrasi melihat peluang (shutterstock)

Melihat tantangan sebagai peluang

Seseorang dengan mindset entrepreneur akan melihat tantangan sebagai peluang. Orang dengan mindset seperti ini tidak akan takut untuk keluar dari zona nyaman. Berani menggambil risiko dan memanfaatkannya sebagai kesempatan untuk belajar dan mencari pengalaman.

Terus belajar

Seorang entrepreneur sukses adalah seorang pembelajar sejati. Selalu haus akan ilmu dan pengalaman untuk memajukan bisnisnya. Belajar untuk mengembangkan diri, mengupgrade isi kepala. Karena adanya kesadaran bahwa investasi tebaik adalah ilmu.

Baca juga: Belajar Harus di Kelas? Ah Jadul Itu!

Ilustrasi entrepreneur belajar (shutterstock)

Fokus pada proses, bukan hasil

Daripada hanya melihat hasil, lebih baik untuk fokus pada proses untuk mencapai hasil tersebut. Pelajari dan nikmati pembelajarannya. Lalu cari ide untuk lebih baik kemudian.

Refleksi

Di setiap penghujung hari, luangkan sedikit waktumu untuk merefleksikan diri. Memikirkan kembali apa yang telah terjadi seharian ini. Apa yang berhasil dan apa yang gagal. Rutinitas ini membantumu untuk belajar memahami hal-hal apa yang menghalangi keberhasilanmu dan mencoba mengatasinya sedini mungkin. 

Baca juga: Kamu Entrepreneur?

 

  • Editor: Wicak Hidayat
  • Sumber: Entrepreneur, Forbes
TAGS
RECOMMENDATION
LATEST ARTICLE

Mudahnya Berbisnis di Uni Eropa Lewat Estonia...

Era digital yang semakin terbuka tanpa memandang batas membuat peluang berbisnis juga ikut terbuka lebar. Salah satunya melalui program asal Estonia ini. Yuk, cari tahu lebih lengkap!

Selasa, 18 Juni 2019 | 08:15 WIB

Memata-matai Karyawan, Boleh Nggak Sih?

Penting mengetahui apa yang sebenarnya dilakukan tenaga kerja Anda, namun banyak karyawan menolak untuk dipantau. Tetapi jika pemantauan dilakukan dengan benar, karyawanlah yang mendapat manfaatnya

Sabtu, 15 Juni 2019 | 09:30 WIB