
3 Strategi Agar Storytelling Menjadi Senjata Ampuh dalam Pemasaran
Storytelling menjadi salah satu medium bahasa yang menarik dalam menyampaikan pesan dan membangun brand awareness
Jumat, 15 September 2017 | 13:51 WIBInfluencer marketing telah menjadi sangat populer sebagai salah satu pemasaran produk di media sosial. Caranya dengan endorsement dari seseorang yang memiliki sejumlah besar pengikut di medsos. Untuk mempromosikan sebuah brand atau produk, influencer dibayar per post sesuai dengan jumlah pengikut dan luas jangkauannya. Cara ini membuat post tidak terlihat seperti sedang jualan atau iklan terang-terangan sehingga lebih efektif memengaruhi opini publik.
Salah satu contoh brand yang sukses dengan tipe pemasaran ini adalah Daniel Wellington (DW), perusahaan jam tangan asal Swedia yang didirikan tahun 2011. Dalam pemasarannya, DW terkenal karena memanfaatkan beberapa influencer di Instagram untuk mempromosikan produk daripada memilih selebriti. Hal ini untuk mendapatkan efek viral yang sama tapi dengan biaya lebih rendah.
Dengan menggandeng influencer untuk memposting gambar mereka mengenakan jam tangan DW dengan imbalan jam tangan gratis, merek ini berhasil mengundang rasa ingin tahu publik dan menempatkan produk mereka di mata pelanggan potensial. Hasil dari pemasaran influencer ini, DW mendapat hampir 4.700% pertumbuhan pendapatan hanya dalam 3 tahun saja sejak 2015.
Baca juga: Mau Ngiklan Lebih Murah dan Efektif? Pake Influencer Saja!
1. Sesuaikan dengan target konsumen
Pertama yang harus dilakukan adalah mengenali profil target konsumenmu. Siapakah target konsumen produk yang kamu promosikan, baik jenis kelamin, rentang usia, hobi atau kriteria-kriteria khusus lainnya. Kemudian carilah influencer yang sesuai dengan target produk tersebut. Hal ini untuk memaksimalkan promosi pada audiens yang tepat dan sesuai.
2. Pilihlah influencer yang terpercaya
Ketika memilih influencer, penting juga untuk melihat sejarah karya profesional mereka untuk dapat menilai integritasnya. Hal ini untuk memastikan pihak yang terlibat dapat memenuhi semua kewajiban untuk mencegah masalah di masa depan. Carilah influencer yang terpercaya. Caranya dengan mencari info sebanyak mungkin apakah influncer tersebut sudah terbiasa melakukan endorsement, pernah mendapat komplain negatif, pernah mengalami kasus penipuan atau bermasalah dengan merek lainnya.
3. Pastikan influencer membuat konten yang menarik
Influencer biasanya merupakan seseorang yang memiliki kemampuan storytelling yang baik. Namun ada baiknya tetap mengarahkan mereka untuk membuat konten yang menarik dan tidak asal-asalan. Hal ini supaya mendorong pengikut mereka ingin mencoba langsung pengalaman yang dirasakan influencer. Posisikan dirimu sebagai partner yang bekerja sama dalam melakukan produksi konten sehingga post yang diunggah dapat 100% mewakili dengan tepat produk yang dipromosikan.
Siap manfaatkan influencer untuk promosi di media sosial?
Baca juga: Jangan Tertipu Endorser Palsu. Ini Tipsnya!
Storytelling menjadi salah satu medium bahasa yang menarik dalam menyampaikan pesan dan membangun brand awareness
Jumat, 15 September 2017 | 13:51 WIBMedia sosial merupakan salah satu alat pemasaran yang cukup efektif sekarang
Rabu, 30 Mei 2018 | 07:41 WIBSeperti yang dijelaskan Kamis, 21 Juni 2018 | 10:29 WIB
Instagram TV atau IGTV resmi diluncurkan pada 21 Juni lalu di San Fransisco, Amerika Serikat
Selasa, 3 Juli 2018 | 08:04 WIBInstagram telah menjadi salah satu platform media sosial terpopuler saat ini
Jumat, 3 Agustus 2018 | 00:02 WIBMenilik gurita bisnis yang mereka jalankan di beberapa bidang, sebagai berikut:
Kamis, 21 September 2023 | 19:25 WIBYuk kita simak 5 penerapan dari IoT di dunia bisnis secara detail
Selasa, 12 September 2023 | 15:59 WIBYuk, kita deep dive IoT untuk smart city melalui artikel DQLab dibawah ini.
Kamis, 7 September 2023 | 15:50 WIBFestival ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan personal dan profesional para peserta.
Senin, 4 September 2023 | 18:28 WIBData Science dan IoT memiliki suatu hubungan? dan apakah hubungan tersebut berguna & berdampak untuk bisnis?
Sabtu, 2 September 2023 | 10:15 WIBKetahui perkembangan Web3 yang menjadi solusi tantangan di internet!
Jumat, 1 September 2023 | 14:44 WIBBerikut beberapa teknologi buat bantu tidur dengan pulas dan mewujudkan kualitas tidur terbaik!
Kamis, 31 Agustus 2023 | 11:27 WIBApakah Anda penasaran dengan IoT dan dampaknya pada bisnis?
Rabu, 30 Agustus 2023 | 17:10 WIBDeepfake, haruskah mengkhawatirkan kita?
Selasa, 29 Agustus 2023 | 18:12 WIBPassword bisa diretas hanya melalui rekaman ketikan pada keyboard! yuk simak artikelnya
Senin, 28 Agustus 2023 | 11:15 WIBYuk simak penjelasan mitos data analytics di sini
Sabtu, 26 Agustus 2023 | 13:21 WIBMesh network memiliki beberapa keunggulan, terutama dalam konteks jaringan nirkabel atau jaringan seluler:
Jumat, 25 Agustus 2023 | 11:32 WIBFitur ini dapat memudahkan pengguna membuat kuesioner dan menyebarkan tautan survei
Kamis, 24 Agustus 2023 | 18:44 WIBKeren! Pasir bisa menjadi tenaga pembangkit listrik, lho!
Kamis, 24 Agustus 2023 | 11:00 WIBPemanasan global yang parah, tetap bisa diatasi dengan ini!
Rabu, 23 Agustus 2023 | 18:47 WIB