
Dos and Don'ts Ketika Ingin Mengirim Cold Message di LinkedIn
Jika ingin mengirim cold message pada orang yang tidak kamu kenal di LinkedIn, ada beberapa hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan.
Jumat, 25 Juli 2025 | 15:52 WIBKonflik bisa saja terjadi di kantor, apalagi menghadapi rekan kerja nyebelin. Saat dikritik, justru dia merasa paling benar dan menyiapkan segudang perlawanan. Berurusan dengan karakter demikian memang sulit bagi siapa pun, tapi sekaligus menantang dan menguji sejauh mana kamu bisa bersikap elegan. Namun, harus diakui konflik internal bisa bikin mood jelek, bahkan berpengaruh pada kinerja.
Sebagai profesional, tentu tak bisa selamanya menghindari apalagi bermusuhan. Elena Lipson, founder Mosaic Growth Partners, sebuah firma konsultasi bisnis dan pelatihan yang berbasis Washington, D. C., Amerika Serikat membagikan pengalamannya menghadapi rekan kerja dengan cara elegan.
Baca juga: Pekerja Digital Kreatif Memiliki Masa Depan Cerah, Ini Faktanya
Hadapi baik-baik
Menurut Elena, bagaimanapun seseorang berjuang keras meningkatkan karier dan jabatan, kamu akan tampak tidak profesional jika berkonflik dengan rekan kerja. Contoh kasus saat Elena menangani seorang klien yang emosional, ia tak menyarankan untuk bertindak reaktif. Menurutnya, dengan berkelahi, menghindar, atau mendiamkan tak benar-benar bisa menyelesaikan masalah atau menciptakan situasi menguntungkan.
Jadi, apa yang bisa kamu lakukan? Daripada melawan balik, lebih baik redam emosi sejenak dan cobalah bersimpati dan lihat dari sudut pandang lain. Cari tahu, mengapa sikap rekan kerja jadi menyebalkan? Bisa jadi ada faktor internal, seperti melihatmu atau rekan lain memiliki pengetahuan lebih yang tidak dia miliki dalam urusan pekerjaan, tapi gengsi mengakuinya.
Menurut Elena, menghindar pun bukan cara yang baik. Untuk meredam perselisihan, cobalah berkomunikasi lebih banyak. Ajaklah dia makan siang, minum kopi, dan ajukan pertanyaan. Jadilah pendengar yang baik. Biarkan rekanmu merasa didengar meskipun kamu tak setuju dengan pendapatnya. Dengan komunikasi, kamu bisa memiliki kesempatan untuk mengatasi situasi.
Jadilah diplomatik, tidak menuduh, dan tetap rendah hati akan memberi kesan kamu bisa diajak bekerja sama untuk kelangsungan pekerjaan. Yang jelas, konflik dengan rekan kerja hanya membuang waktu, lebih baik fokus pada karier.
Baca juga: 6 Cara Hadapi Toxic Boss
Pada beberapa kasus, kamu bisa memberikan masukan terkait sikap rekan kerja. Namun, bagaimana jika terlanjur bebal, gengsi, dan tak bisa menerima saran? Sebaiknya, jangan sekali-kali membalas dendam dengan gantian menjelek-jelekkan dirinya. Lakukan upaya lain untuk mengungkapkan perasaanmu.
Elena juga menyarankan, cobalah membuat jurnal khayalan tentang tujuan pekerjaan yang bisa dilakukan bersama dan fokus pada pengelolaan emosi di masa depan. “Membuat jurnal khayalan dapat membantu meredakan situasi dan membuat Anda menyadari bahwa itu tidak akan menjadi masalah dalam jangka panjang,” ungkapnya. Strategi-strategi ini mungkin terkesan membuat sikapmu tidak natural, terutama untuk wanita. Namun, seiring waktu dan latihan maka situasi bisa saja makin membaik.
Apabila cara tersebut benar-benar tidak dapat memperbaiki situasi, jangan bertahan. Menjadi sengsara di tempat kerja yang menyebalkan dengan toxic friendship dan konflik dapat merusak harga diri, kesejahteraan emosional, dan kesehatan mental. Namun, perlu diingat bersikap elegan akan membuktikan pada semua orang bahwa kamu profesional, bahkan lebih baik daripada “musuh”.
Yuk, dimulai!
Baca juga: Artificial Intelligence Ternyata Bisa Bikin Kamu Enjoy Kerja, Lho!
Jika ingin mengirim cold message pada orang yang tidak kamu kenal di LinkedIn, ada beberapa hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan.
Jumat, 25 Juli 2025 | 15:52 WIBDi tengah arus informasi yang terus tumbuh, pengambilan keputusan berbasis data sangat dibutuhkan. Yuk pelajari!
Selasa, 22 Juli 2025 | 11:09 WIBIHC dan ICC resmi memperkenalkan platform otaQku. Apa itu?
Kamis, 17 Juli 2025 | 17:32 WIBPolri memperkenalkan robot humanoid dan robot quadruped (i-K9), yang siap jadi rekan kerja Polri terutama dalam situasi beresiko tinggi. Apa saja fiturnya?
Kamis, 10 Juli 2025 | 11:51 WIBBerikut Daftar Password Paling Umum Dibobol Hacker:
Senin, 30 Juni 2025 | 10:25 WIBPelanggan Apple Music dapat mulai mentransfer lagu atau playlist dari Spotify untuk iPhone, iPad, atau Android. Bagaimana caranya?
Minggu, 18 Mei 2025 | 16:12 WIBDua dari lima lulusan baru mengaku lebih pilih mengurungkan niat untuk melanjutkan proses rekrutmen jika tidak ada transparansi soal gaji.
Rabu, 30 April 2025 | 11:13 WIBSiap-siap ada beasiswa belajar data gratis!
Jumat, 25 April 2025 | 17:36 WIBSelain tanpa antre, berikut beberapa manfaat membeli emas digital:
Rabu, 16 April 2025 | 14:46 WIBBerikut 4 kontribusi open-source yang bisa mengubah lanskap bisnis di Indonesia:
Senin, 7 April 2025 | 21:04 WIBUntuk pertama kalinya di dunia, deteksi kanker kulit dapat dilakukan dalam waktu kilat menggunakan teknologi AI.
Senin, 7 April 2025 | 10:00 WIBDalam sepuluh tahun ke depan, AI akan semakin mengubah cara kita bekerja dan berinteraksi. Beberapa pekerjaan akan hilang, tetapi yang lain akan muncul.
Jumat, 28 Maret 2025 | 14:58 WIBPelatihan data analitik ini dirancang untuk pemula yang ingin mulai memahami dasar-dasar data science.
Selasa, 25 Maret 2025 | 12:50 WIBBulan Ramadan identik dengan peningkatan aktivitas belanja. Bagi pelaku bisnis, coba strategi flash sale agar jualan kamu makin untung selama Ramadan.
Senin, 24 Maret 2025 | 14:10 WIBBerikut beberapa tips mudik hemat buat kamu yang merantau:
Selasa, 11 Maret 2025 | 17:27 WIB