LogoDIGINATION LOGO

Bisnis Board Game? Percayalah Pada Konten Lokal!

author Oleh Wicak Hidayat Jumat, 26 Oktober 2018 | 16:15 WIB
Share
dari kiri ke kanan: Bonifasius Wahyu Pudjianto (Direktur Pengembangan Pasar Luar Negeri BEKRAF), Thierry Denoual (CEO dan Co-founder Blue Orange Games), Mathias (Blue Orange Games), Eko Nugroho (CEO dan Co-founder Manikmaya Games), Joshua Puji Mulia Simandjuntak (Deputi Pemasaran BEKRAF)
Share

Kamu tertarik bikin bisnis board game? Mungkin terinspirasi setelah main game tertentu dan mau bikin sendiri?

Salah satu pelajaran menarik dari gelaran Internationale Spieletage SPIEL 18 di Essen, Jerman, adalah: percaya pada kekuatan konten lokal.

Indonesia di SPIEL 18 hadir lewat booth Archipelageek, kerjasama Asosiasi Penggiat Board Game Indonesia (APIBGI) dan Badan Ekonomi Kreatif Indonesia (Bekraf). Salah satu kegiatan di hari pertama pameran adalah penandatanganan kesepakatan antara Manikmaya Games, salah satu penerbit asal Indonesia, dengan Blue Orange penerbit game dunia.

Judul game yang dilisensikan dalam kesepakatan tersebut adalah Buto Ijo dan Timun Mas, diangkat dari cerita rakyat Indonesia.

Baca juga: Game Gratis Bisa Jadi Mesin Bisnis

Thierry Denoual, pendiri dan CEO Blue Orange, mengatakan bahwa hal yang menarik perhatiannya saat memutuskan untuk memilih game itu bukan hanya mekanik atau cara bermain, tapi juga ceritanya.

“Kami tertarik, bukan hanya pada permainannya tapi juga cerita di belakangnya. Itu kenapa kami memutuskan untuk menerbitkannya,” ujar Thierry saat ditemui di booth Indonesia yang terletak di Hall 3 - Q106.

Menurut Thierry, jika di Indonesia masih banyak cerita lain, itu adalah peluang besar untuk diangkat menjadi game. “Orang lebih tertarik membeli game jika ada cerita yang nyambung dengan mereka,” tambahnya.

ilustrasi bermain board game (Shutterstock)

Hal senada diutarakan Joshua Puji Mulia Simandjuntak, Deputi Pemasaran BEKRAF yang turut hadir. Menurut Joshua, pembuat board game asal Indonesia beruntung karena Indonesia memiliki banyak cerita yang bisa jadi inspirasi.

“Dunia itu mencari sesuatu yang baru. Jadi, percaya diri lah pada konten Indonesia. Percaya diri pada produk kreatif Indonesia,” tegasnya.

Bagaimana, kamu siap bikin board game Indonesia?

Baca juga: Indonesia Unjuk Gigi di Pameran Games Internasional Jerman

  • Editor: Dikdik Taufik Hidayat
TAGS
RECOMMENDATION

Sudah Main Board Game Hari Ini?

Board game kembali populer setelah maraknya video game di masyarakat. Banyak hal yang bisa dilakukan dengannya, lho...

Kamis, 4 Oktober 2018 | 08:30 WIB
LATEST ARTICLE