LogoDIGINATION LOGO

Youtube Down, Ada Apa Ya?

author Oleh Aulia Annaisabiru Ermadi Jumat, 19 Oktober 2018 | 16:20 WIB
Share
Ilustrasi Youtube error (shutterstock)
Share

Youtube, platorm yang paling banyak dikunjungi nomor 2 di dunia, tidak dapat diakses selama hampir 2 jam pada awal minggu ini. Pemadaman dimulai pada pukul 21.00 - 22.30 waktu setempat. Kejadian ini mempengaruhi Youtube, Youtube TV dan Youtube Music. Para pengguna yang ingin mengakses video atau mengunggah konten, disambut dengan halaman kosong dan dan mendapat pesan error tertulis,There was a problem with the network [503]."

DownDetector, situs pelacak informasi pemadaman real time, menunjukkan bahwa pengguna di Amerika Serikat, Brasil, Jepang, sebagian Australia, Asia Tenggara, dan Eropa barat terkena pemadaman ini. Melalui akun twitter resminya Youtube mengatakan bahwa pihaknya, "Sedang berusaha menyelesaikan masalah ini dan akan memberi tahu jika sudah diperbaiki. Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan yang mungkin ditimbulkan."

Ada beberapa kesalahan server yang ditemukan para pengguna selama pemadaman berlangsung yaitu pesan error 503 dan error 500.

Baca juga: Sst, Nih 10 Tips dari Pakar Youtube!

Ilustrasi Youtube error (shutterstock)

Apa arti error 503 dan error 500? 

Kebanyakan orang hanya mengenal error 404 - halaman tidak ditemukan. Sedangkan sekarang yang terjadi ketika Youtube down muncul pesan error 503 yang berarti layanan tidak tersedia. Umumnya, pesan ini ditampilkan ketika server kelebihan beban dan tidak dapat menampung volume lalu lintas akses yang terlalu besar. 

Namun, beberapa pengguna yang lain menerima pesan error 500 ketika mencoba mengakses akun Youtube secara individu. Error 500 menunjuk pada masalah server internal yang sedang bermasalah.

Susan Wojcicki, CEO Youtube juga menyampaikan permintaan maaf tetapi tidak memberikan rincian alasan pemadaman. Susan hanya mengatakan, "Youtube is back," di Twitternya, ketika perbaikan telah selesai dan Youtube sudah bisa diakses lagi.  

Baca juga: Yuk, Maksimalkan YouTube Untuk Bisnismu

Bukan pertama kali

CNBC mencatat, ini bukan kejadian pertama ketika salah satu layanan Google ini mengalami downtime. Pada saat Piala Dunia FIFA 2018, Youtube TV, layanan live streaming berbayar Youtube, mengalami down saat pertandingan Kroasia dengan Inggris selama 40 menit. 

Tahun 2008, Youtube pernah mengalami hal yang sama di jaringan seluruh dunianya. ABC News melaporkan bahwa pemadaman terjadi ketika Otoritas Telekomunikasi Pakistan berusaha memblokir akses Youtube karena adanya video anti-Islam yang dilaporkan berada di platform ini. Alih-alih memblokir akses bagi pengguna Pakistan saja, pemerintah Pakistan secara tidak sengaja malah memblokir seluruh akses pengguna internet dunia.

Ada apa, ya?

Baca juga: Cara Dapatkan Uang Lewat YouTube

  • Editor: Dikdik Taufik Hidayat
  • Sumber: CNBC, ABC News
TAGS
RECOMMENDATION

Tips Membangun Iklan Bersama Kreator YouTube

Era digital mengubah banyak hal dalam kehidupan kita, termasuk di dalamnya keberhasilan YouTube mengubah cara pandang masyarakat menikmati media hiburan

Senin, 14 Mei 2018 | 02:50 WIB

Belajar dari 5 Produk Gagal Google

Google akan menutup Google Plus, satu lagi produk gagal dari raksasa internet tersebut. Apa yang bisa kita pelajari?

Sabtu, 13 Oktober 2018 | 16:20 WIB
LATEST ARTICLE

Mau Mulai Bisnis? Keluarlah dari Zona Nyaman!

Zona nyaman memang membuat kita sulit beranjak. Tetapi, untuk memulai bisnis kita harus keluar dari zona nyaman tersebut. Yuk, simak cerita CEO dan Co-Founder Logisly tentang bagaimana ia keluar dari zona nyaman dan memulai bisnisnya.

Senin, 19 Agustus 2019 | 14:28 WIB

Ini Dia Konsep Smart City ala TIBCO!

Konsep smart city banyak ditawarkan oleh beberapa perusahaan, salah satunya TIBCO Software Inc. Seperti apa sih konsepnya?

Selasa, 30 Juli 2019 | 11:15 WIB