LogoDIGINATION LOGO

Nih, Kurir Pilihan Pembaca Digination

author Oleh Ana Fauziyah Senin, 1 Oktober 2018 | 08:30 WIB
Share
ilutrasi kurir door to door (Shutterstock)
Share

Perkembangan eCommerce di Indonesia merupakan 'berkah' tersendiri bagi perusahaan jasa pengirimandi tanah air. Marketplace dan perusahaan-perusahaan ini berlomba-lomba saling mengisi untuk memenuhi permintaan konsumen masing-masing.

Lebih dari 10 jasa ekspedisi terkenal yang bisa dipilihm, sebut saja Pos Indonesia, JNE, J&T, Wahana, TIKI, Sicepat, Ninja, RPX, Pandu, NEX dan lain-lain.Dengan beragamnya provider, konsumen mempunyai pilihan yang dapat disesuaikan dengan selera dan budget yang ada.

Untuk mengetahui jasa kurir pilihan pembaca Digination.id, kami mengadakan survei dengan meminta responden menjawab kuisioner singkat. Selain untuk mengetahui jasa pengiriman yang dipilih responden saat berbelanja online, survei ini juga untuk mengetahui alasan pemilihan tersebut dan tingkat kepuasan konsumen terhadap jasa pengiriman yang dipilih. Survei diadakan dalam rentang 22-28 September 2018.

Baca juga: Saat Belanja Online, Kamu Pilih Kurir Apa?

Dari 106 responden yang terlibat, sebanyak 59,4% atau 63 orang merupakan responden berusia 26-35 tahun. Rentang usia selanjutnya merupakan responden berusia 36-45 tahun dengan persentase sebesar 24,5%, kemudian disusul responden berusia 15-25 tahun sebanyak 12,3%. Sisanya sebanyak 3,8% merupakan responden berusia di atas 45 tahun.

36,8% responden mengaku paling sering berbelanja di Shopee, 23,6% di Tokopedia, 13,2% di Lazada, 7,5% di Bukalapak dan 1,9% di Blibli. 17% ssanya mengaku sering berbelanja di eCommerce lainnya.

Sebaran lokasi responden sebagian besar berada di wilayah Jabodetabek dengan persentase  48,1% atau 51 orang. Selanjutnya 36,8% atau 39 orang berada di kota-kota kecil di Pulau Jawa. Kemudian 8,5% tinggal di ibukota provinsi di Pulau Jawa dan sisanya sebesar 6,6% tinggal di ibukota provinsi di luar Jawa.

Baca juga: Efisiensi Sistem Pengiriman Barang, Tugas Baru Startup Logistik di Indonesia

Jasa Pengiriman Favorit

Dari hasil survei didapatkan bahwa JNE menempati posisi pertama sebagai jasa ekspedisi yang dipilih responden saat berbelanja online, dengan persentase sebesar 37,7% atau 40 orang. Posisi kedua ditempati oleh J&T Express yang dipilih oleh 34 responden atau 32,1%. Jasa kurir berikutnya yang menjadi favorit adalah Go-Send yang dipilih oleh 14 responden atau 13,2%. Selanjutnya Pos Indonesia sebesar 6,6% disusul Wahana sebesar 5,7%. Sisanya memilih jasa pengiriman lain.

Jasa Kurir Favorit

Alasan Pemilihan Jasa Kurir

Hal yang diharapkan oleh konsumen saat berbelanja online adalah kecepatan pengiriman dan biaya pengiriman yang murah. Alasan tersebut juga senada dengan yang diungkapkan oleh responden survei yang diadakan oleh Digination.id. Sebanyak 63 responden atau 59,4% menyatakan bahwa faktor pengiriman cepat menjadi alasan utama dalam memilih jasa kurir ketika berbelanja online.

Alasan memilih jasa kurir

Sistem pelacakan atau tracking yang mudah menjadi alasan kedua yang dipilih oleh 43,3% responden atau 46 orang. Alasan ketiga yaitu agen atau kantor dekat dengan lokasi tempat tinggal dipilih oleh 39 responden atau 36,8%. Biaya murah menjadi alasan keempat yang dipilih oleh 34,9% responden. Sementara sisanya sebanyak 19,8% responden menyatakan adanya subsidi ongkir juga memengaruhi pemilihan jasa kurir. Sebanyak 60,7% responden merasa puas dengan layanan jasa kurir yang mereka pilih. Sebanyak 38,3% merasa biasa saja dan sisanya hanya 0,9% yang merasa tidak puas.

Dari survei tersebut dapat disimpulkan bahwa jasa pengiriman favorit pilihan sebagian pembaca Digination.id adalah JNE. Sedangkan alasan terbesar konsumen saat memilih jasa kurir ketika berbelanja online adalah waktu pengiriman yang cepat. Uniknya, biaya pengiriman murah ternyata tidak menjadi alasan utama saat memilih jasa kurir. Hal ini ditujukan dengan fakta bahwa hanya 34,9% responden yang memilih biaya murah.

Kalau kamu pilih mana?

Baca juga: Inilah Jasa Pengiriman Termurah dan Tercepat di 2018

  • Editor: Dikdik Taufik Hidayat
TAGS
RECOMMENDATION
LATEST ARTICLE