LogoDIGINATION LOGO

Dulu Pedagang Kaki Lima, Kini Sukses Bisnis Online

Oleh Desy Yuliastuti Sabtu, 16 Juni 2018 | 04:42 WIB
Share
Sebelum mengenal jual beli online, Ghufron Al Aziz sempat bekerja sebagai pedagang kaki lima
Share

Sebelum mengenal jual beli online, Ghufron Al Aziz sempat bekerja sebagai pedagang kaki lima. Sebagai pedagang kaki lima, salah satu masalah terbesar yang pernah ia hadapi adalah seputar tempat berjualan.

Berulang kali Aziz harus berpindah tempat jualan karena digusur, bentrok dengan pedagang lain yang lebih dulu menempati lahan, dan diusir sana-sini. Ia menceritakan bahwa sistem yang berlaku di lapangan adalah apabila ada suatu lahan yang kosong maka yang menempatinya lebih dulu adalah orang yang “punya” lokasi tersebut.

Dari titik inilah Aziz sampai pada pemikiran “Ada ga sih jualan yang ga pakai rebut-rebutan lahan?”

Aziz pun berkenalan dengan jual beli online lewat kakaknya. Awalnya, pria 26 tahun ini mencoba berjualan online sambil berjualan sebagai pedagang kaki lima secara bersamaan.

Baca juga:
6 Tips Memulai Bisnis Online Sebagai Penghasilan Tambahan

-

Namun, ternyata hal ini kurang efektif karena ia menghadapi masalah keterbatasan waktu, tenaga, dan modal. Oleh karena itulah, sejak tahun 2014, ia fokus total berjualan online.

Jalannya berjualan online tidak serta-merta mudah. Ia pernah mendapat cacian dari tetangga karena dikira tidak kerja dan dipandang sebelah mata. Ia pun berpesan kalau mau fokus di jualan online harus siap mental.

Aziz mengenang bagaimana dulu ia selalu mengeluh tidak bisa kuliah dan tidak bisa meraih cita-cita, tetapi kini ia bangga sudah menjadi seorang pengusaha. Dari berjualan di toko online ROMUSHA miliknya inilah, ia berhasil memperbaiki kehidupan.

Dari bisnis online yang dijalaninya, Ia menemukan bahwa semua orang memiliki potensi yang sama untuk berkembang dan sukses dalam berwirausaha.

Baca juga:
Tanpa Smartphone, Pedagang Kue Subuh Bisa Jualan Online

  • Editor: Dikdik Taufik Hidayat
TAGS
LATEST ARTICLE

Kuliner Passionmu? Ikutan Ini, Nyok!

Permasalahan dalam Industri kuliner di Indonesia cukup rumit. Tapi, jangan khawatir! Yuk, tengok potensi dan peluangnya.

Senin, 22 April 2019 | 17:13 WIB

Masih Berharap Uang Tunai Dalam Dompet Konsumen?

Semakin praktis dan populernya layanan dompet digital sedikit-banyak akan mendorong konsumen untuk ganti dompet. Masih berharap ada uang tunai dalam dompet konsumen?

Jumat, 5 April 2019 | 10:47 WIB