LogoDIGINATION LOGO

Mendag Bawa Isu E-commerce ke Pertemuan Tingkat Menteri WTO

author Oleh Ana Fauziyah Rabu, 21 Maret 2018 | 13:54 WIB
Share
Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita yang hadir dalam pertemuan ini mewakili Indonesia sekaligus kelompok pertanian G33 membawa isu mengenai e-commerce dalam pertemuan informal antara menteri-menteri serta ketua delegasi dari 45 negara anggota WTO (World Trade Organization) yang berlangsung di New Delhi India selama tanggal 19-20 Maret 2018
Share

Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita yang hadir dalam pertemuan ini mewakili Indonesia sekaligus kelompok pertanian G33 membawa isu mengenai e-commerce dalam pertemuan informal antara menteri-menteri serta ketua delegasi dari 45 negara anggota WTO (World Trade Organization) yang berlangsung di New Delhi India selama tanggal 19-20 Maret 2018.

“Para menteri dan ketua delegasi yang hadir cukup terbuka dalam menyampaikan pendapatnya, namun tampaknya masih cukup lebar perbedaan yang ada. Saya sampaikan bahwa ada ‘trust deficit’ di antara kita yang harus segera diatasi,” ujar Enggar, dikutip dari siaran resmi (Rabu, 21/3).

Enggar menyampaikan bahwa sebagian besar negara berkembang bersikap terbuka untuk mulai membahas isu-isu baru seperti e-commerce, UMKM, fasilitasi investasi, dan pemberdayaan wanita dalam kegiatan ekonomi.

Mendag juga mengusulkan agar inisiatif-inisiatif baru di WTO terkait isu UMKM, fasilitasi investasi, e-commerce, dan pemberdayaan perempuan, harus disikapi secara terbuka oleh anggota-anggota WTO dan terbuka mendiskusikannya guna mendapatkan pemahaman mendalam sebelum dilanjutkan ke tingkat perundingan di masa yang akan datang.

Sebagai penutup, Menteri Perdagangan menyampaikan bahwa saat ini semakin penting untuk menunjukkan political will yang kuat untuk memperkokoh sistem perdagangan multilateral yang terbuka, inklusif, pasti, dan berdasarkan peraturan (rules-based) seraya terus memperkuat mekanisme penyelesaian sengketa WTO yang adil dan efektif.

“Praktis semua negara yang hadir menyampaikan kekhawatirannya bahwa tanpa WTO yang efektif menjalankan fungsinya sebagai wadah berunding, monitoring kepatuhan dan penyelesaian sengketa maka ancaman perang dagang akan semakin nyata dan tidak ada yang diuntungkan bila hal itu benar-benar terjadi,” pungkas Enggar.

  • Editor: Wicak Hidayat
TAGS
LATEST ARTICLE

Tips Hemat Naik Pesawat

berikut tips agar bisa lebih hemat naik pesawat domestik di Indonesia!

Selasa, 9 April 2024 | 11:39 WIB