LogoDIGINATION LOGO

Hadapi Industri 4.0, Indonesia Bentuk Kelompok Kerja Nasional

Oleh Sukindar Selasa, 24 Juli 2018 | 10:05 WIB
Share
Seperti yang telah diulas pada beberapa artikel sebelumnya, sumber daya manusia atau SDM merupakan salah satu kunci dalam rangka menghadapi era Industri 4
Share

Seperti yang telah diulas pada beberapa artikel sebelumnya, sumber daya manusia atau SDM merupakan salah satu kunci dalam rangka menghadapi era Industri 4.0.

Dalam hal ini, pemerintah pun senantiasa berupaya melakukan peningkatan kualitas dan daya saing SDM agar lebih siap dan kompetitif.

Salah satunya langkah strategis yang dilakukan pemerintah dalam memacu SDM Indonesia adalah dengan membentuk kelompok kerja nasional yang memiliki tujuan untuk penguatan kapasitas para pemimpin Indonesia.

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto mengungkapkan, “Upaya tersebut diimplementasikan melalui Keputusan Presiden Nomor 17 Tahun 2018 tentang Kelompok Kerja Nasional Penguatan Kapasitas Pemimpin Indonesia Dalam Rangka Making Indonesia 4.0.”

Baca Juga:
Industri 4.0, Ini 5 Sektor Prioritasnya

Era digitalisasi telah menyita perhatian banyak pihak. Tidak hanya pelaku industri atau pihak swasta, namun juga oleh pemerintah, yang menurut Airlangga sangat penting bagi kemajuan negara dan bangsa Indonesia.

Airlangga memisalkannya dengan teknologi baru Internet of Things atau yang biasa disebut dengan IoT. Teknologi tersebut merupakan salah satu ciri dari era industri 4.0 yang dapat digunakan untuk meningkatkan efisiensi, produktivitas, dan kualitas.

Untuk itu, pemerintah membentuk Kelompok Kerja Nasional dengan beberapa tugas, termasuk menyelenggarakan pelatihan training of trainer guna mendukung workshop nasional peningkatan kapasitas kepemimpinan, serta melaksanakan workshop nasional guna meningkatkan talenta karakter kebangsaan dan kapasitas kepemimpinan dalam rangka Making Indonesia 4.0.

Selain itu, kelompok yang dibentuk ini juga bertugas untuk melaksanakan koordinasi dan kerja sama dengan Kementerian/Lembaga Pemerintahan Non Kementerian, Pemerintahan Daerah, dunia usaha, dunia industri, lembaga nirlaba bidang pendidikan, dan lembaga nirlaba lainnya.

  • Editor: Wicak Hidayat
  • Sumber: Kemenperin
TAGS
LATEST ARTICLE

Sst... Ini Dia Tren Artificial Intelligence Tahun 2019!

Perkembangan pesat teknologi artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan tidak dapat dibendung lagi. Teknologipun berhasil masuk ke dalam segala bidang kehidupan manusia termasuk dunia bisnis. Lalu bagaimana tren AI pada tahun 2019?

Rabu, 12 Desember 2018 | 08:15 WIB

Bosan Saat Delay? Mmm, 'Jualan', Nyok!

Menunggu waktu delay tentu membosankan dan menyebalkan. Daripada buang-buang waktu percuma, kamu bisa manfaatkan waktu ini untuk mempromosikan bisnis. Kenapa, nggak?

Selasa, 11 Desember 2018 | 16:15 WIB

Perluas Jaringan Bisnis Dengan 3 Tips Ini!

Berbisnis tidak bisa dilakukan sendiri, butuh rekan untuk berkolaborasi. Tapi, apa artinya kolaborasi tanpa jaringan pertemanan yang luas?

Selasa, 11 Desember 2018 | 11:15 WIB

6 Cara Hadapi "Toxic Boss"

Punya bos yang gak enak tentu akan berpengaruh pada produktivitas dan kualitas kerja. Jangan buru-buru resign, pelajari dulu 6 hal ini

Senin, 10 Desember 2018 | 11:15 WIB

Nih, Peluang Investasi Baru: eSport!

Industri eSport menjadi sorotan para investor karena menjanjikan keuntungan yang besar dalam beberapa tahun investasi. Namun sebelum memulai investasimu di dunia eSport kamu harus mengetahui 4 hal ini.

Jumat, 7 Desember 2018 | 16:15 WIB

Aplikasi yang Bikin ODHA Tak Terkucilkan

Data tahun 2017 menunjukkan bahwa ada 36,9 juta orang hidup dengan HIV/AIDS. Stigma, diskriminasi dan kurangnya pengetahuan tentang penyakit ini semakin memperparah keadaan

Rabu, 5 Desember 2018 | 12:19 WIB