LogoDIGINATION LOGO

Targetkan Unicorn Baru, Pemerintah Gaet Investor

author Oleh Sukindar Kamis, 26 April 2018 | 07:17 WIB
Share
Forum Pertemuan Investor asing se-Asia telah menyelenggarakan 7th Annual Indonesia Forum di Jakarta, tepatnya di Hotel Mandarin Oriental
Share

Forum Pertemuan Investor asing se-Asia telah menyelenggarakan 7th Annual Indonesia Forum di Jakarta, tepatnya di Hotel Mandarin Oriental.

Pertemuan ke-7 dari acara tahunan Annual Indonesia Forum ini terselenggara berkat dukungan The Next Indonesia Unicorn (Nexticorn) sebagai networking sponsornya.

Dalam acara yang dilangsungkan pada tanggal 25 Maret 2018 kemarin, Menteri Kominfo Rudiantara mengajak para investor global untuk segera melakukan pendanaan kepada industri digital di Indonesia.

Keempat unicorn, yang telah dilahirkan Indonesia saat ini, telah memiliki total kombinasi valuasi yang melampaui seluruh perusahan telekomunikasi seluler Indonesia.

Oleh karena itu, Rudiantara kembali meyakinkan bahwa perkembangan industri bidang digital berkembang sangat pesat dilihat dari sudut ekonomi makro hingga mikro.

“Apa yang telah terjadi di Indonesia? Dari perspektif ekonomi makro, ini waktunya bagi kalian untuk menginvestasikan pendanaan kalian di Indonesia khususnya di bidang digital. Kenapa? Kalau tidak, orang lain yang akan investasi,” ucap Rudiantara mengawali sambutannya.

Dalam data yang disampaikan oleh World Bank tahun 2017, Indonesia telah meraih peringkat ke-72 dimana 2 tahun sebelumnya Indonesia berada pada urutan ke-106.

Berbekal data tersebut, Rudiantara optimis dapat memunculkan Unicorn baru di Indonesia pada akhir tahun 2018.

“Adrenaline saya terpacu, maka dari itu saya terus berbicara bersama teman-teman dan ekosistem untuk mencari cara bagaimana mengembangkan segera bidang digital ini,” tambahnya.

Untuk menuju target tersebut, pemerintah membuat program Nexticorn, bagaimana negara bersama ekosistem, membantu dan membuat the next unicorn indonesia.

Program ini juga diprakarsai oleh Pemodal Ventura untuk Startup Indonesia (Amvesindo) dan Ernst and Young (EY) yang telah bekerjasama mengembangkan program Nexticorn. 

Untuk menjembatani pertemuan dengan investor global tersebut, pemerintah telah menemukan 200 startup yang saat ini telah melalui tahapan ignation, workshop, hack sprint, hingga bootcamp dari 10 kota besar Indonesia.

Dalam program Nexticorn ini, pemerintah telah bertemu dengan beberapa investor dari negara-negara tertentu seperti Jepang dan Amerika.

Dan akan dilanjutkan juga dengan 8 kali pertemuan lagi sebagai tindak lanjut program ini, yang akan dilakukan di Indonesia maupun di luar negeri.

Namun, untuk kick off program Nexticorn ini akan diadakan dalam waktu dekat, yaitu tanggal 8-10 Mei 2018 mendatang di Pulau Bali.

  • Editor: Wicak Hidayat
  • Sumber: Kominfo
TAGS
LATEST ARTICLE

Tips Hemat Naik Pesawat

berikut tips agar bisa lebih hemat naik pesawat domestik di Indonesia!

Selasa, 9 April 2024 | 11:39 WIB