LogoDIGINATION LOGO

Fasilitasi Startup, Bekraf Gelar 'Get Funded'

Oleh Ana Fauziyah Kamis, 1 Maret 2018 | 06:54 WIB
Share
Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) mengadakan workshop Get Funded untuk memfasilitasi pengusaha rintisan (startup) maupun pelaku usaha ekonomi kreatif (ekraf) dalam meningkatkan kapasitas dengan tujuan mengakses pembiayaan nonperbankan
Share

Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) mengadakan workshop Get Funded untuk memfasilitasi pengusaha rintisan (startup) maupun pelaku usaha ekonomi kreatif (ekraf) dalam meningkatkan kapasitas dengan tujuan mengakses pembiayaan nonperbankan.

Get Funded merupakan pelatihan capacity building untuk demand side, yaitu startup dan pelaku usaha ekraf untuk meningkatkan kesiapan mereka mengakses permodalan dari sumber pembiayaan nonperbankan sesuai  fase usaha mereka.

Workshop tersebut diadakan di Batam hari ini (Kamis, 1/3) dan memfasilitasi lebih dari 150 startup maupun pelaku ekraf yang hadir untuk mengetahui sumber permodalan non perbankan sekaligus cara meraihnya.

Berdasarkan data BPS, 90% lebih startup maupun pelaku usaha ekraf menggunaan modal sendiri saat membangun usaha dan hanya 0,66 % modal dari venture capital yang mereka akses.

“Kontribusi ekraf pada PDB nasional naik dari tahun ke tahun. PDB ekraf tumbuh 4,95% tahun 2016. Di awal permasalahan usaha adalah modal sendiri. Pada pengembangan bisnis, permasalahannya adalah mengakses sumber pembiayaan,” ucap Direktur Akses Non Perbankan Bekraf, Syaifullah.

Dalam workshop tersebut, Bekraf menghadirkan Nalin Singh, pengarang buku Get Funded Now  sekaligus entrepreneur. Nalin menjelaskan hal apa saja yang perlu dipersiapkan startup maupun pelaku usaha ekraf untuk mendapatkan investasi.

Nalin menegaskan bahwa perilaku startup maupun pelaku usaha ekraf terhadap sumber pembiayaan permodalan nonperbankan, misalnya investor, sangat berpengaruh pada investasi. “Bagaimana anda mengharapkan investor mengambil resiko untuk menyalurkan pembiayaan kepada Anda? Anda harus menemukan jawabannya untuk mendapatkan investor,” ungkap Nalin.

  • Editor: Wicak Hidayat
LATEST ARTICLE

Mudahnya Berbisnis di Uni Eropa Lewat Estonia...

Era digital yang semakin terbuka tanpa memandang batas membuat peluang berbisnis juga ikut terbuka lebar. Salah satunya melalui program asal Estonia ini. Yuk, cari tahu lebih lengkap!

Selasa, 18 Juni 2019 | 08:15 WIB

Memata-matai Karyawan, Boleh Nggak Sih?

Penting mengetahui apa yang sebenarnya dilakukan tenaga kerja Anda, namun banyak karyawan menolak untuk dipantau. Tetapi jika pemantauan dilakukan dengan benar, karyawanlah yang mendapat manfaatnya

Sabtu, 15 Juni 2019 | 09:30 WIB