LogoDIGINATION LOGO

Fasilitasi Startup, Bekraf Gelar 'Get Funded'

author Oleh Ana Fauziyah Kamis, 1 Maret 2018 | 06:54 WIB
Share
Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) mengadakan workshop Get Funded untuk memfasilitasi pengusaha rintisan (startup) maupun pelaku usaha ekonomi kreatif (ekraf) dalam meningkatkan kapasitas dengan tujuan mengakses pembiayaan nonperbankan
Share

Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) mengadakan workshop Get Funded untuk memfasilitasi pengusaha rintisan (startup) maupun pelaku usaha ekonomi kreatif (ekraf) dalam meningkatkan kapasitas dengan tujuan mengakses pembiayaan nonperbankan.

Get Funded merupakan pelatihan capacity building untuk demand side, yaitu startup dan pelaku usaha ekraf untuk meningkatkan kesiapan mereka mengakses permodalan dari sumber pembiayaan nonperbankan sesuai  fase usaha mereka.

Workshop tersebut diadakan di Batam hari ini (Kamis, 1/3) dan memfasilitasi lebih dari 150 startup maupun pelaku ekraf yang hadir untuk mengetahui sumber permodalan non perbankan sekaligus cara meraihnya.

Berdasarkan data BPS, 90% lebih startup maupun pelaku usaha ekraf menggunaan modal sendiri saat membangun usaha dan hanya 0,66 % modal dari venture capital yang mereka akses.

“Kontribusi ekraf pada PDB nasional naik dari tahun ke tahun. PDB ekraf tumbuh 4,95% tahun 2016. Di awal permasalahan usaha adalah modal sendiri. Pada pengembangan bisnis, permasalahannya adalah mengakses sumber pembiayaan,” ucap Direktur Akses Non Perbankan Bekraf, Syaifullah.

Dalam workshop tersebut, Bekraf menghadirkan Nalin Singh, pengarang buku Get Funded Now  sekaligus entrepreneur. Nalin menjelaskan hal apa saja yang perlu dipersiapkan startup maupun pelaku usaha ekraf untuk mendapatkan investasi.

Nalin menegaskan bahwa perilaku startup maupun pelaku usaha ekraf terhadap sumber pembiayaan permodalan nonperbankan, misalnya investor, sangat berpengaruh pada investasi. “Bagaimana anda mengharapkan investor mengambil resiko untuk menyalurkan pembiayaan kepada Anda? Anda harus menemukan jawabannya untuk mendapatkan investor,” ungkap Nalin.

  • Editor: Wicak Hidayat
LATEST ARTICLE

Tips Hemat Naik Pesawat

berikut tips agar bisa lebih hemat naik pesawat domestik di Indonesia!

Selasa, 9 April 2024 | 11:39 WIB