LogoDIGINATION LOGO

6 Prediksi Peluang Karir IT yang Menjanjikan di Tahun 2031 

author Oleh Dewi Shinta N Jumat, 10 Mei 2024 | 17:25 WIB
Share
Share

 

Bagi kamu yang baru lulus SMA, pasti kamu sedang mencari jurusan kuliah yang tepat buat karir kamu kedepannya, bukan? Prospek karir dan peluang kerja merupakan dua faktor utama yang harus kamu pertimbangkan ketika memilih jurusan. Oleh karena itu memilih jurusan yang sesuai, menjadi pondasi awal untuk karir masa depan yang sukses. 

Di era digital, karir dibidang teknologi informasi sangatlah dibutuhkan di segala sektor perusahaan. Penasaran dengan pekerjaan apa saja yang memiliki prospek cerah di tahun 2031? Yuk simak informasinya

Software Development

Posisi software developer menduduki peringkat teratas sebagai karir paling menjanjikan dalam beberapa tahun ke depan. Hasil riset US News mengungkapkan bahwa pekerjaan ini diproyeksi mengalami pertumbuhan sebesar 26% pada kurun waktu 2021 hingga 2031. Dalam sepuluh tahun ini, ada sekitar 270.600 ahli Software Development yang dibutuhkan di dunia kerja di seluruh bidang, termasuk non-teknologi seperti dalam bidang desain sistem komputer, manufaktur, hingga keuangan.

Untuk bisa menjadi software developer kamu bisa mengambil jurusan Ilmu Komputer, Teknologi Informasi, atau Pengembangan / Teknik Perangkat Lunak (Software Development / Software Engineering).

Baca juga: Bagaimana Membangun Bonding dengan Gen Z di Dunia Kerja?

Web Developer

Seorang web developer bertugas membuat dan menjaga keberlanjutan situs web, termasuk diantaranya memastikan website dapat berfungsi optimal serta memiliki tampilan visual yang menarik. Pekerjaan ini diproyeksi mengalami peningkatan sebesar 23% dalam kurun waktu antara 2021 hingga 2031.

Untuk bisa menjadi seorang web developer profesional, kamu bisa memulainya dengan mengambil jurusan ilmu komputer atau pemrograman. Selain itu, kamu perlu memiliki keahlian dalam menggunakan HTML dan bahasa pemrograman lainnya.

Machine Learning Engineer

Seiring dengan banyaknya AI yang dimanfaatkan untuk menunjang produktivitas manusia, peranan seorang Machine Learning Engineer diproyeksi juga akan semakin besar. Ini artinya, demand di dunia kerja juga akan semakin meningkat. Menurut Upwork, hingga tahun 2031 diproyeksikan bahwa demand pekerjaan sebagai seorang Machine Learning Engineer akan mengalami peningkatan hingga 21%.

Untuk menjadi seorang Machine Learning Engineer, kamu bisa mnegambil jurusan software development, ilmu komputer, ilmu data, atau bidang terkait diperlukan. Untuk mendukung peluang kamu di dunia kerja kamu bisa dukung dengan sertifikat kompetensi di bidang machine learning.

Baca juga: Peluang Besar Gen Z di balik Kedatangan Tim Cook Ke Indonesia

Data Scientist

Kemampuan mengumpulkan, membersihkan serta analisa data, seorang data scientist memiliki peran vital dalam membantu perusahaan mengambil keputusan strategis berdasarkan data-data yang ada. Oleh karena itu mengapa data scientist sangat berprospek untuk kamu yang sedang mencari peluang karir di bidan IT. Pertumbuhan pekerjaan ini diproyeksikan mencapai 35% hingga tahun 2031. 

Untuk menjadi seorang data scientist, kamu harus memiliki gelar minimal sarjana dalam bidang terkait seperti ilmu komputer, rekayasa perangkat lunak, atau data science, dengan beberapa sertifikat khusus di bidang data science.

Data Architect

Arsitek database bertanggung jawab mengelola dan mengorganisir sistem untuk menyimpan berbagai data. Mereka merancang dan menyusun database baru, termasuk integrasi dengan yang sudah ada. 

Untuk menjadi seorang data architect, kamu bisa mengambil jurusan teknologi informasi. Keterampilan dalam SQL sangat penting di pekerjaan ini. Peluangmu mendapat karir cemerlang di bidang ini akan semakin besar jika kamu mengambil studi lanjutan ke jenjang magister database management.

Cybersecurity Analyst

Seorang cybersecurity analisis bertugas melakukan evaluasi, perancangan, serta implementasi terkait keamanan komputer dan sistem di perusahaan. Cybersecurity analyst merupakan salah satu pekerjaan yang demand-nya mengalami pertumbuhan pesat dalam beberapa tahun ini termasuk pada tahun 2031 nanti.

Untuk bekerja sebagai seorang cybersecurity analyst, kamu perlu mengambil jurusan teknologi informasi. 

Sumber: 

https://www.hotcourses.co.id/study-abroad-info/careers-prospects/10-pekerjaan-top-di-masa-depan/#Software%20Developer 

  • Editor: Dewi Shinta N
TAGS
LATEST ARTICLE

Tips Hemat Naik Pesawat

berikut tips agar bisa lebih hemat naik pesawat domestik di Indonesia!

Selasa, 9 April 2024 | 11:39 WIB