LogoDIGINATION LOGO

Tips Hemat Membeli Oleh-oleh Saat Liburan 

author Oleh Dewi Shinta N Rabu, 26 April 2023 | 09:10 WIB
Share
Share

 

Membeli oleh-oleh telah menjadi tradisi orang Indonesia ketika pergi berlibur atau pulang mudik. Oleh sebab itu buah tangan atau oleh-oleh seperti hal wajib yang perlu dibawa ketika pulang. 

Lantas bagaimana agar kita bisa membeli oleh-oleh tanpa membuat bangkrut isi dompet kita? Secara, liburan tentu sudah mengeluarkan banyak uang, ditambah oleh-oleh yang tentu membuat pengeluaran kita semakin bertambah. Berikut adalah beberapa tips hemat membeli oleh-oleh:

Buat List Orang yang Ingin Kamu Belikan Oleh-oleh

Pertama buatlah daftar atau list orang yang ingin kamu bawakan oleh-oleh. Beli oleh-oleh dalam jumlah yang cukup untuk semua orang yang akan kamu berikan oleh-oleh tersebut. Hindari membeli terlalu banyak, sehingga kamu bisa menghemat uang.

Baca juga : Tips Hemat Biaya Ketika Mudik Menggunakan Mobil Pribadi

Tentukan Budget Sebelum Berbelanja

Sebelum membeli oleh-oleh, tetapkanlah budget yang akan digunakan untuk membeli oleh-oleh tersebut. Dengan menetapkan budget, kamu dapat menghindari pembelian impulsif dan memastikan bahwa kamu tidak mengeluarkan uang lebih dari yang direncanakan.

Cari Informasi Pusat Oleh-oleh yang Akan Dikunjungi

Cari informasi tentang tempat yang akan kamu kunjungi dan cari tahu jenis oleh-oleh yang biasa dibeli orang di daerah tersebut. Dengan mengetahui ragam oleh-oleh disana kamu dapat memilih oleh-oleh yang tepat dan menghindari pembelian yang tidak perlu. Jika perlu cari tempat oleh-oleh yang merupakan produsen produk tersebut, misalnya datang langsung ke pabrik Bakpia.

Bandingkan harga di beberapa tempat

Jangan membeli oleh-oleh dari tempat pertama yang kamu temui. Coba cari beberapa tempat yang menjual oleh-oleh yang sama dan bandingkan harganya. Dengan membandingkan harga, kamu dapat memilih tempat yang menawarkan harga yang lebih murah.

Baca juga : Ini yang Harus Kamu Siapkan untuk Bisnismu Sebelum Ditinggal Mudik

Hindari Membeli Oleh-oleh di Area Tempat Wisata 

Tempat wisata sering dijadikan peluang bagi para pedagang. Para pedagang biasanya menawarkan barang dan makanan khas yang bisa menjadi buah tangan ketika kamu belibur ke wilayah tersebut. Karena tidak perlu jauh-jauh mencari oleh-oleh, para pedagang tersebut sering kali mematok harga yang fantastis. Oleh sebab itu hindari membeli oleh-oleh di tempat wisata.

Hindari Membeli Oleh-oleh di Tempat Keberangkatan

Sama seperti di tempat wisata, membeli oleh-oleh di tempat keberangkatan seperti Stasiun, Terminal, Bandara atau Pelabuhan juga relatif mahal. Hal ini karena tempat keberangkatan menjadi opsi masyarakat untuk menemukan barang dan makanan untuk mereka bawa untuk sanak keluarga.

Pilih oleh-oleh yang praktis dan tahan lama

Pilihlah oleh-oleh yang praktis dan tahan lama, seperti makanan ringan atau souvenir kecil yang dapat mudah dibawa pulang. Selain itu, pastikan oleh-oleh tersebut juga tahan lama agar dapat bertahan saat dalam perjalanan.

Itu dia 7 tips hemat membeli oleh-oleh saat liburan. Namun membeli oleh-oleh adalah sebuah pilihan. Jangan memaksakan diri karena kebaikan tidak ditentukan hanya dari sekadar buah tangan. Ingat kebutuhan hidup masih banyak, jadi tentukan prioritasmu ya DigiFriends!

  • Editor: Dewi Shinta N
TAGS
LATEST ARTICLE