LogoDIGINATION LOGO

5 Museum IPTEK terbaik di indonesia yang patut kamu kunjungi saat libur lebaran

author Oleh Dewi Shinta N Selasa, 18 April 2023 | 15:25 WIB
Share
Share

 

Banyak pilihan tempat wisata yang menjadi pilihan keluarga termasuk tempat-tempat viral yang seringkali di spill oleh Youtuber atau para TikTokers, namun di musim high season atau seperti libur lebaran saat ini lebih baik kamu lebih teliti lagi mencari tempat wisata. Karena tempat wisata yang viral cenderung ramai, sehingga kamu sulit menikmati liburanmu.

Salahsatu destinasi wisata yang tak kalah menarik yang bisa kamu kunjungi adalah museum Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Iptek). Selain menambah ilmu pengetahuan, kamu juga bisa menikmati pengalaman menarik yang berhubungan dengan science. 

Tenang saja, bagi kamu yang hobi foto, juga nggak bakal kehabisan objek, kamu bisa memotret komputer antik, atau foto di beberapa area bangunan museum yang estetik.

Nah berikut adalah 5 rekomendasi museum teknologi terbaik di Indonesia yang patut dikunjungi saat libur lebaran:

  1. Pusat Peragaan Iptek (Jakarta)

Museum teknologi ini berlokasi di ibukota Indonesia, tepatnya di Taman Mini Indonesia Indah. 

Saat berkunjung ke pusat peragaan Iptek nantinya kamu akan menemukan berbagai wahana dan alat peraga menarik. Setidaknya ada lebih dari 250 alat peraga yang bisa kamu gunakan mulai mengenai listrik, grafitasi dan magnet.

Menariknya lagi, Pusat Peragaan Iptek di lengkapi dengan Science Camp, Teropong Bintang, bahkan hingga informasi mengenai teori Dinosaurus.

Baca juga : 5 Aplikasi yang Harus di Download Ketika Mudik

  1. Mutiara Bangsa Science Center (Indramayu)

Rekomendasi museum Iptek terbaik lainnya yang bisa kamu kunjungi adalah Mutiara Bangsa Science Center yang berlokasi di Indramayu. 

Disana kamu bisa mengeksplorasi 48 macam Iptek mulai dari Hexagon, Jam Pasir, Sepeda Polygon, dan masih banyak lagi yang lainnya. Selain itu di sana kamu akan bisa menikmati bioskop yang mengusung konsep 4 dimensi. Untuk harga tiket masuk Mutiara Bangsa Science Center, kamu harus membauar sekitar Rp 35 ribuan perorang.

  1. Taman Pintar (Yogyakarta)

Taman Pintar merupakan salah satu destinasi wisata edukasi yang terbilang cukup populer. Lokasinya berada di Jl. Panembahan Senopati No.1-3, Ngupasan, Kec. Gondomanan, Kota Yogyakarta.

Berkunjung ke Taman Pintar memungkinkan kamu untuk bisa mempelajari berbagai ilmu science. Selain itu fasilitas edukasi yang ditawarkan juga cukup lengkap mulai dari Zona Pengelolaan Sampah, Science Theater, Kampung Kerajinan, Planetarium, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Baca juga : Tips Hemat Baterai iPhone Ketika Perjalanan Mudik

  1. Museum Technoform (Surabaya)

Terletak di Kedung Baruk, Rungkut, Kota Surabaya, museum ini memiliki koleksi alat-alat teknologi seperti komputer, peralatan elektronik, dan mesin-mesin industri yang dikembangkan di Indonesia. 

Museum ini juga memiliki pameran interaktif dan eksperimen sains yang cocok untuk anak-anak dan dewasa. Pameran di museum ini mencakup berbagai bidang sains dan teknologi, seperti fisika, biologi, dan teknologi informasi.

  1. Graha Teknologi Sriwijaya (Palembang)

Terdapat museum Iptek yang tidak kalah lengkap di banding yang lainnya. Berlokasi di Jalan Seniman Amri Yahya, Komplek Taman Budaya Jakabaring, Palembang, disana kamu akan disuguhkan setidaknya 134 buah alat peraga yang bisa di gunakan oleh semua pengunjung. 

Selain itu Graha Teknologi Sriwijaya juga memiliki alat berupa simulasi gelombang tsunami. Bahkan tidak jarang juga museum Iptek yang satu ini menyediakan berbagai event dan perlombaan seperti demo science, sanggar kerja, hingga lomba water rocket.

  • Editor: Dewi Shinta N
TAGS
LATEST ARTICLE

Tips Hemat Naik Pesawat

berikut tips agar bisa lebih hemat naik pesawat domestik di Indonesia!

Selasa, 9 April 2024 | 11:39 WIB