LogoDIGINATION LOGO

Ingin Kerja di Bidang Data? Lakukan 5 Hal Ini Tanpa Harus Kuliah IT

author Oleh Dewi Shinta N Kamis, 11 Januari 2024 | 11:50 WIB
Share
Share

 

Upskill dan reskilling di era digital, menjadi bekal dalam membantu berkarir dan prospek pekerjaan yang cemerlang di masa depan. Bahkan seiring berjalannya waktu, latar belakang pendidikan tidak menjadi masalah, penentu profesi apa yang akan kamu kerjakan. Pertumbuhan pesat dalam bidang teknologi dan informasi telah membuka peluang karir yang besar, terutama di bidang data. 

Banyak orang yang beranggapan bahwa untuk sukses di dunia data, perlu memiliki gelar kuliah di bidang Teknologi Informasi (IT) atau ilmu terkait. Namun, kenyataannya sudah banyak langkah-langkah yang dapat diambil tanpa harus melalui pendidikan formal IT. Berdasarkan World Economic Forum hingga tahun 2025, bekerja di bidang data merupakan profesi yang cukup menjanjikan hal ini karena selaras dengan penggunaan Data yang kian meningkat sehingga membutuhkan praktisi data profesional yang ahli untuk membantu mengolah data tersebut. 

Dilansir dari DQLab.id ada 5 hal yang dapat kamu lakukan untuk memasuki bidang data tanpa harus berkuliah di IT. Yuk, simak penjelasannya berikut ini

Pelajari Dasar-dasar Statistik dan Matematika

Langkah awal yang paling mendasar dan pasti adalah memiliki pemahaman dasar tentang statistik dan matematika dalam analisis data. Dengan memiliki fundamental yang kuat, maka akan berpengaruh pada hasil analisis pada proyek yang dikerjakan. 

Banyak konsep di bidang data yang melibatkan statistik untuk mengambil keputusan yang informatif, salah satu konsep yang umum digunakan praktisi data untuk mengukur kemungkinan terjadi suatu peristiwa (prediksi) atau suatu karakteristik menjadi benar. 

Baca juga: Roadmap Belajar Data Science Otodidak untuk Siap Berkarir

Sehingga, kedua ilmu tersebut sangat penting dan wajib untuk dipelajari di bidang data. Adapun beberapa rekomendasi konsep yang bisa kamu pelajari yaitu analisis regresi, kalkulus, metode statistika dan probabilitas, linear algebra, dan pengujian hipotesis. Sumber belajar daring seperti Coursera dapat membantu kamu memperdalam pengetahuan ini.

Kuasai Alat Analisis Data

Selain fundamental, kamu perlu memahami alat-alat yang digunakan dalam analisis data. Diantaranya bahasa pemrograman seperti Python, R, SQL menjadi tools penting yang perlu dikuasai oleh calon talenta data yang ingin berkarir di industri. 

Untuk menguasai bahasa pemrograman, tidak harus menggunakan semuanya. Kamu bisa memilih bahasa pemrograman yang mudah kamu pahami dan bisa menggunakannya dengan tekun agar bisa diaplikasikan kedalam real case atau project data. Banyak sumber daya online gratis ataupun berbayar seperti DQLab.id menyediakan materi yang mampu membantu menguasai skill pemrograman yang diperlukan.

Bangun Portofolio Proyek Data

Seperti yang kita ketahui, perusahaan akan cenderung memilih calon yang dapat menunjukkan kemampuan praktis mereka melalui proyek-proyek yang telah mereka selesaikan. Sehingga, penting untuk teman-teman dengan mulai mengerjakan proyek data baik dari proyek kecil seperti menganalisis data sederhana menggunakan data open source atau melakukan pembuatan visualisasi data menggunakan tools di Ms. Excel atau bahkan Tableau sekalipun. 

Hal ini, akan memberikan bukti konkret tentang keterampilan kamu terhadap bidang data kepada calon perekrut. Setelah menyelesaikan proyek data, pastikan kalian showcase dengan mengunggahnya ke beberapa platform seperti LinkedIn ataupun Github. Berikan deskripsi dengan detail serta lampirkan bukti pengerjaannya baik melalui gambar, PDF, ataupun dashboard interaktif/slides.

Networking

Langkah selanjutnya adalah mulailah bergabung dengan komunitas online dan offline di bidang data. LinkedIn, meetup, dan forum-forum yang tersedia di kanal media online adalah tempat yang baik untuk membangun jaringan dengan profesional data lainnya. Misalnya seperti mengikuti seminar offline, lalu melakukan pertukaran informasi atau pun ikut terlibat dalam diskusi yang dapat membantu kamu mendapatkan wawasan serta kesempatan peluang pekerjaan.

Baca juga: Bootcamp Data Analyst dari DQLab, Cocok untuk Pemula

Ikuti Kursus dan Sertifikasi

Adapun solusi tepat agar kamu bisa memperdalam pembelajaran Data Science, salah satunya dengan mengikuti kursus Data Science. Melalui kursus Data Science, akan mendapatkan roadmap pembelajaran Data Science dan pengalaman belajar secara mendalam bersama mentor praktisi data profesional yang ahli di industri dan mendapat sertifikat yang dapat meningkatkan kredibilitas di mata perekrut.

Dengan mengambil langkah-langkah ini, dapat membangun fondasi kuat untuk memasuki bidang data tanpa harus memiliki gelar formal bidang IT. Sedang mencari kursus Data Science dari 0? DQLab merupakan kursus online Data Science yang memberikan sejumlah program belajar melalui LiveClass untuk pemula sekalipun dan berkesempatan berkarir sebagai praktisi data di industri. Informasi lebih lanjut seputar belajar Data Science dan program LiveClass di laman https://dqlab.id/live-class

  • Editor: Dewi Shinta N
TAGS
LATEST ARTICLE

Tips Hemat Naik Pesawat

berikut tips agar bisa lebih hemat naik pesawat domestik di Indonesia!

Selasa, 9 April 2024 | 11:39 WIB