LogoDIGINATION LOGO

Cara Mengetahui Gambar dan Video Deepfake

author Oleh Dewi Shinta N Senin, 18 Desember 2023 | 17:37 WIB
Share
Share

Menjelang pemilu 2024, meme dan konten deepfake seringkali kita temukan di social media. Meski teknologi deepfake semakin baik, tapi itu tidaklah sesempurna yang kita pikirkan seperti hasil jepretan foto dari kamera. Lantas bagaimana mengenali gambar yang asli atau deepfake?

AI generatif seperti DALL-E 2 atau Midjourney dapat membuat fotorealistik yang luar biasa. Ini karena deepfake terbuat dari penggabungan kekuatan beberapa AI generatif yang dapat secara otomatis mengkloning orang dalam gambar dan video.

Kamu dapat menggunakan AI generatif untuk menggantinya dengan wajah atau tubuh seseorang yang mirip persis dengan aslinya, memproduksi suara, mengubah latar belakang dan sepenuhnya memalsukan foto dan video.

Disisi lain AI Generatif sangat menguntungkan di industri film, namun teknologi ini juga seringkali disalahgunakan. Oleh karena itu kita perlu secara cerdas memahami konten asli atau deepfake. Berikut cara mengenali deepfake:

Baca juga: Hati-hati Terkecoh Konten “Deepfake” Jelang Pemilu 2024

Lihatlah detailnya 

Meski hasil AI dianggap sempurna, tapi mereka memiliki ciri khas khusus yang meyakinkan kita jika ini bukanlah foto atau video nyata. Coba perhatikanlah secara detail ketika kamu tidak yakin dengan foto yang kamu lihat. 

Apakah kamu melihat ada benda yang tidak beraturan, seperti tangan atau cabang, di tempat yang salah? Lihatlah di mana sebuah objek melewati wajah, dan kamu mungkin melihat inkonsistensi di mana wajah asli masih sedikit terlihat. Contoh umum dari ini adalah dengan bulu mata mengintip melalui rambut seseorang.

Cari realistisnya

Foto dan video asli akan tampak lebih realistis, seperti warna bayangan, warna dan tekstur bangunan yang terlihat lebih jelas. Untuk memastikan foto dan video tersebut realistis, maka coba lah cek apakah warna, bayangan, dan latar belakangnya seimbang? Cari hal-hal yang mungkin tidak mungkin atau aneh, seperti bayangan tangan atau kaki yang menyatu dengan pohon, atau bahkan terlalu banyak jari.

Baca juga: Deepfake, Kemajuan Teknologi Sekaligus Ancaman Kredibilitas Global

Banyak dari detail-detail ini menghilang saat teknologi semakin canggih. Dan ini adalah efek yang tidak menguntungkan bagi banyak orang karena semakin mudah untuk membuat dan mendapatkan informasi yang salah dan deepfake yang tidak terdeteksi.

Namun dengan demikian, banyak perusahaan software juga sedang mengusahakan pembuatan perangkat lunak untuk proses otentikasi konten seperti deepfake. Sehingga kita dapat mengetahui apa yang nyata dan apa yang tidak seiring semakin canggihnya teknologi baru ini.

Sumber: 

https://www.sciencefocus.com/science/spot-deep-fake 

  • Editor: Dewi Shinta N
TAGS
LATEST ARTICLE

Tips Hemat Naik Pesawat

berikut tips agar bisa lebih hemat naik pesawat domestik di Indonesia!

Selasa, 9 April 2024 | 11:39 WIB