LogoDIGINATION LOGO

5 Langkah Memulai Usaha Menurut Ciputra

author Oleh Ana Fauziyah Senin, 26 Februari 2018 | 05:59 WIB
Share
Banyak orang ingin membangun usaha sendiri namun bingung harus memulai dari mana
Share

Banyak orang ingin membangun usaha sendiri namun bingung harus memulai dari mana. Kemauan untuk berwirausaha sebenarnya merupakan sebuah modal utama dalam membangun usaha, namun setelah memiliki kemauan, langkah selanjutnya apa?

Berikut adalah lima cara memulai usaha yang diajarkan oleh Lembaga Wirausaha Ciputra seperti disadur dari majalah Intisari Oktober 2014:

1. Tentukan ide usaha

Sesuaikan usaha yang akan dibuka dengan kemampuan, minat, atau bakat yang kita miliki, namun tanpa meninggalkan peluang pasar. Banyak pengusaha sukses karena memilih bidang yang mereka sukai dan menjalani bisnis dengan senang. Atau cari jenis usaha yang belum pernah ada sehingga terkesan unik dan menarik. Bisa juga usaha yang sudah ada di pasaran namun peluangnya cukup besar.

2. Ciptakan visi dan misi usaha

Sebuah usaha harus mempunyai visi yang jelas sehingga tujuan dan langkahnya terstruktur dengan baik untuk menunjang pengembangan usaha.

3. Bertindaklah

Sebaik apapun ide usaha kita, tidak akan pernah menjadi usaha sukses jika kita tidak segera bertindak. Mulailah usaha yang kita rencanakan dengan penuh keyakinan dan ketekunan. Kesuksesan mensyaratkan kerja keras dan ketekunan.

4. Selalu belajar dan lakukan pengamatan

Amati pengusaha sukss dari bidang yang sama dengan pilihan kita. Amati strategi manajemen mereka. Hal penting yang lain adalah perdalam pengetahun mengenai semua hal yang berhubunga dengan bisnis kita agar produk kita bisa lebih inovatif.

5. Hadapi hambatan dan kegagalan

Membangun sebuah usaha hingga sukses tidaklah mudah. Hampir selalu ada hambatan dan halangan. Sebaiknya kita selalu berpikiran positif terhadap segala hambatan, halangan, bahkan kegagalan. Hadapi hambatan yang ada karena akan menguatkan mental usaha dan menambah kemampuan dalam membangun usaha.

  • Editor: Wicak Hidayat
TAGS
LATEST ARTICLE

Tips Hemat Naik Pesawat

berikut tips agar bisa lebih hemat naik pesawat domestik di Indonesia!

Selasa, 9 April 2024 | 11:39 WIB